PERLUASAN AREAL PEMASARAN MINUMAN INSTAN VITEPLUS PRODUKSI UD MAJU JAYA SUMENEP

Authors

  • Ismawati Ismawati Universitas Wiraraja
  • Aryo Wibisono Universitas Wiraraja
  • Ratih Yuniastri Universitas Wiraraja

DOI:

https://doi.org/10.25273/jta.v6i2.7961

Keywords:

market area, instant drink, expantion, areal pemasaran, minuman instan, perluasan

Abstract

Abstract. Partners in PKM activities is UD Maju Jaya with the product soursop leaf instans drink  called viteplus. Viteplus is a instan drink from powder product made from sugar which is formulated with soursop leaf exstract and traditional herbal ingredients. In  running a business, partners have been able to increase production capacity. Increasing production capacity also needs to be supported by increased marketing so that businesses can continue to run and be profitable. Through PKM activities, the team provides assistance to partners in solving problems faced, namely increasing marketing. Marketing increase is measured based on the product marketing area. Activities carried out as an effort to provide solutions to partners, namely training, mentoring and monitoring. The results of PKM activities indicate an increase in the product marketing area of> 50%, where before the activity the product was only marketed in 3 districts and after PKM activities increased the marketing area to 5 districts, namely Gapura, Sumenep City District, Bluto, Ganding and Guluk - Guluk.

 

Abstrak. Mitra dalam kegiatan PKM adalah UD Maju Jaya denga n produk minuman instan daun sirsak dengan nama produk viteplus. Viteplus merupakan produk yang minuman dalam bentuk bubuk yang terbuat dari gula pasir yang diformulasi dengan sari daun sirsak dan bahan jamu tradisional. Dalam menjalankan usaha, mitra telah mampu mennigkatkan kapasitas produksi. Peningkatan kapasitas produksi perlu didukung juga oleh peningkatan pemasaran agar usaha dapat terus berjalan dan profitable. Melalui kegiatan PKM tim melakukan pendampingan terhadap mitra dalam menyelesaikan permsalahan yang dihadapi yaitu peningkatan pemasaran. Peningkatan peasaran diukur  berdasarkan areal pemasaran produk. Kegiatan yang dilakukan sebagai upaya memberikan solusi terhadap mitra yaitu pelatihan, pendampingan dan monitoring. Hasil kegiatan PKM menunjukkan adanya peningkatan areal pemasaran produk >50%, dimana sebelum kegiatan produk hanya dipasarkan di 3 kecamatan dan setelah kegiatan PKM meningkat areal pemasarannya menjadi 5 kecamatan antara lain Gapura, Kecamatan Kota Sumenep, Bluto, Ganding dan Guluk – Guluk.

 

 

Author Biographies

Ismawati Ismawati, Universitas Wiraraja

Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian

Aryo Wibisono, Universitas Wiraraja

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi

Ratih Yuniastri, Universitas Wiraraja

Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian

References

Ariani, & Utomo, M. N. (2017). Kajian strategi pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (umkm) di kota tarakan. Organisasi Dan Manajemen, 13(2), 99–118.

Gunartin. (2017). Penguatan Umkm Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Hafni, R., & Rozali, A. (2017). Analisis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (umkm) terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia. Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 15(2), 77–96. Retrieved from http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/ekawan/article/view/1034/pdf_58

Ismawati, I., Destryana, R. A., & Wibisono, A. (2019). PELATIHAN TEKNOLOGI PENGEMASAN TABLET EFFERVESCENT, (September), 289–298.

Ismawati, Wibisono, A., & Yuniastri, R. (2020). Seminar Nasional Karya Pengabdian Penerapan Teknologi Dalam Peningkatan Kapasitas Produksi UMKM UD Maju Jaya Sumenep. In Seminar Nasional Karya Pengabdian Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Mataram (pp. 1–7).

Kartawan, K., Rinandiyana, L., & Kurniawan, D. (2016). Pengembangan Usaha Melalui Peningkatan Kemampuan Bersaing Produk Umkm Dalam Memasuki Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 21(2), 178694. https://doi.org/10.35760/eb.

Mulyono, D. C., & Roniardian, Y. (2018). Penguatan Peran Warga Masyarakat dalam Perencanaan , Penganggaran , dan Evaluasi Hasil Pembangunan Desa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat - Indonesion Nournal of Community Engangement, 4(1), 109–118.

Sucipta, I. N., Suriasih, K., & Kenacana, P. K. . (2017). Pengemasan, Kajian Aman, Yang Efisien, Efektif D A N Efesien. Udayana University Press. Retrieved from http://penerbit.unud.ac.id

Zahidi, M. S., Prakoso, H. A., & Agustino, H. (2020). Pendampingan Petani Muda Kopi Robusta Dalam Upaya Meningkatkan Eksistensi Petani Kopi Di Desa Amadanom, Kecamatan Dampit …. Jurnal Terapan …, 125–133. Retrieved from http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JTA/article/view/5174

Downloads

Published

2021-07-16

Issue

Section

Articles