PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH SMA PERJUANGAN DEPOK

Authors

DOI:

https://doi.org/10.25273/jta.v6i1.7570

Keywords:

Pelatihan, Penelitian Tindakan Kelas, Karya Tulis Imiah, Training, Classroom Action Research, Scientific Writing

Abstract

Abstract. One of the requirements that must be met is to improve the quality of education by creating professional teachers. Based on the results of observations made from 9 (nine) teachers, only 1 (one) teacher has the ability to compile CAR, while 8 (eight) people do not have the ability to compile CAR. This is due to the lack of teachers getting information about the technique of preparing the CAR and the teachers are not accustomed to compiling research, so that the teachers are less able to prepare CAR In this regard, it is necessary to make efforts to improve the ability of teachers in preparing CAR. The purpose of this community service activity is to increase teacher professionalism through classroom action research and writing of environmental scientific papers at SMA Perjuangan Terpadu. The method of activities carried out in this community service is training / counseling, guidance and mentoring which is integrated in classroom action research workshops (PTK). The form of activities to be carried out is training in the form of: designing and implementing models, methods, media, and learning approaches as outlined in the classroom action research proposal; implementation of classroom action research; interpreting implementation results through classroom action research reports; and writing scientific papers. The outputs that will be produced in this activity include: classroom action research proposals, classroom action research reports, and journals published by the teacher. All participants will be accompanied and guided in the process of making proposals, reports, and copying articles in accredited or not accredited national journals.

 

Abstrak. Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan menciptakan guru yang professional. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan  dari 9 (sembilan) orang guru, hanya 1 (satu) orang guru memiliki kemampuan menyusun PTK, sedangkan 8 (delapan) orang belum memiliki kemampuan menyusun PTK. Hal ini disebabkan kurangnya guru mendapatkan informasi tentang teknik penyusunan PTK dan guru tidak terbiasa menyusun penelitian, sehingga para guru kurang mampu dalam menyusun PTK. Berkaitan dengan hal tersebut, maka perlu adanya upaya untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun PTK. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ialah untuk meningkatkan profesionalitas guru melalui penelitian tindakan kelas dan penulisan karya ilmiah lingkungan SMA Perjuangan Terpadu. Metode kegiatan yang dilakukan pada pengabdian kepada masyarakat ini adalah pelatihan/penyuluhan, pembimbingan dan pendampingan yang terintegrasi dalam kegiatan workshop penelitian tindakan kelas (PTK).Bentuk kegiatan yang akan dilakukan yaitu pelatihan berupa: perancangan dan penerapan model, metode, media, maupun pendekatan pembelajaran yang dituangkan dalam proposal penelitian tindakan kelas; pelaksanaan penelitian tindakan kelas; menginterpretasikan hasil pelaksanaan melalui laporan penelitian tindakan kelas; dan penulisan karya ilmiah.Luaran yang akan dihasilkan pada kegiatan ini antara lain: proposal penelitian tindakan kelas, laporan penelitian tindakan kelas, dan jurnal yang dipublikasikan oleh guru. Seluruh peserta akan didampingi dan dibimbing dalam proses pembuatan proposal, laporan, hingga mensumbit artikel pada jurnal nasional yang terakreditasi atau tidak terakreditasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Abdul Karim, Universitas Indraprasta PGRI

Pendidikan Matematika

Huri Suhendri, Universitas Indraprasta PGRI

Pendidikan Matematika

Arfatin Nurrahmah, Universitas Indraprasta PGRI

Pendidikan Matematika

References

Gazali, N., Cendra, R., Apriani, L., Sawira, I., & Riau, U. I. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru. Community Education Engagement Journal, 1(1), 8–14. https://journal.uir.ac.id/index.php/ecej/article/view/3669/2032

Jana, P. (2018). Pembinaan Olimpiade Matematika Kelas VA CI SD Negeri Ungaran I Yogyakarta. J-Dinamika, 2(2), 125–128. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v2i2.527

Jayanta, I. N. L., Rati, N. W., Diputra, K. S., & Wibawa, I. M. C. (2017). Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru Sd. Jurnal Widya Laksana, 6(1), 1410–4369. blob:http://ppm.ejournal.id/e3ffc5cc-fd35-41a0-adeb-659e31888b35

Marlena, N., Dwijayanti, R., Patrikha, F. D., & Parjono, P. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (Kti) Bagi Guru Sma Swasta Di Sidoarjo. Jurnal ABDI, 2(2), 45. https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p45-50

Mulia, D. S., & Suwarno. (2016). PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di SD Negeri Kalisube, Banyumas. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan, IX(2), 11. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/khazanah/article/view/1062/983

Somatanaya, A. A. G., Herawati, L., & Wahyuningsih, S. (2017). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) Bagi Peningkatan Karier Guru-Guru Sekolah Dasar Kota Tasikmalaya. Jurnal Pengabdian Siliwangi, 3(1), 169–175. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jps/article/view/218/176

Sunendiari, S., Yanti, T. S., Iswani, A., & Suliadi. (2014). Pelatihan penelitian tindakan kelas bagi guru-guru sma di wilayah bandung dalam upaya meningkatkan kompetensi guru. Prosiding SNaPP2014 Sains, Teknologi, Dan Kesehatan, 7–14. http://proceeding.unisba.ac.id/index.php/sains_teknologi/article/view/530

Widayati, W., Martono, B., & Mardiana, N. (2018). Model Diskusi pada Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Jurnal Ilmiah : FONEMA, 1(2), 138–151.

Wiganda, S. (2014). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru Se-Jakarta Timur. Sarwahita, 11(1), 1. https://doi.org/10.21009/sarwahita.111.01

Downloads

Published

2021-01-31

Issue

Section

Articles