PELATIHAN PENINGKATAN KUALITAS EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS INFORMATION DAN COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) UNTUK PENGAJAR BAHASA ARAB

Authors

  • Moh. Fery Fauzi Universitas Muhammadiyah Malang
  • Ahmad Fatoni Universitas Muhammadiyah Malang
  • Irma Anindiati UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.25273/jta.v5i2.5620

Keywords:

Instructional Assessment, ICT, Arabic Language Learning, Evaluasi Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstract

Abstract. Information and communication technology (ICT) have an important role in teaching and learning activities, especially in learning assessment. Instructional assessment is one of a series of learning activities aimed at correcting, controlling the extent to which learning objectives have been achieved. Instructional assessment can be done with the help of computers and the internet so that the management of learning outcomes becomes easier, faster, and real time. The technology that can be used in the assessment process is such as edmodo, google quiz, hot potatoes, quiz creator. But in reality, most learning activities that teachers use are still conventional. That is due to the lack of knowledge and mastery of teachers on the use of information and communication technology, especially in instructional assessment. Therefore, there is a need for training on the use of ICT-based Instructional assessment to improve teachers’ competency. The approach method used assistance that includes socialization, workshops, training, hands-on practice, and evaluation. The results obtained state that evaluation of learning is very important for a program and purpose, both educational, learning, or training programs.

Abstrak. Teknologi informasi dan komunikasi memiliki peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar terutama dalam evaluasi pembelajaran. evaluasi pembelajaran merupakan salah satu rangkaian dalam kegiatan pembelajaran yang bertujuan untuk mengoresksi, mengontrol sejauh mana tujuan pembelajaran telah dicapai.  Evaluasi pembelajaran dapat dilakukan dengan bantuan komputer serta internet sehingga pengelolaan hasil belajar pun menjadi lebih mudah, cepat dan real time. Adapun teknologi yang dapat digunakan dalam proses evaluasi tersebut seperti edmodo, google quiz, hot potatoes, quiz creator. Akan tetapi realitanya, kebanyakan kegiatan pembelajaran yang digunakan guru sekarang masih konvensional. Hal itu disebabkan minimnya pengetahuan dan penguasaan guru terhadap pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi terutama dalam evaluasi pembelajaran. Oleh sebab itu perlu adanya pelatihan pemanfaatan evaluasi pembelajaran berbasis ICT meningkatkan kompetensi guru. Metode pendekatan yang digunakan adalah pendampingan yang meliputi sosialisasi, workshop, pelatihan, praktik langsung, dan evaluasi. Hasil yang didapatkan menyatakan bahwa evaluasi pembelajaran sangat penting untuk suatu program dan tujuan, baik program pendidikan, pembelajaran, atau pun pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, I., Astuti, D., & Nugraha, A. M. (2018). Pengembangan Pembelajaran E-Learning Dengan Web Log. 3, 165–169. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jta.v3i2.2806

APJII. (2015). Profil Pengguna Internet Indonesia 2014. Jakarta: : Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.

Arifin, Z. (2014). Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur) (keenam). Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Buhun, M. F., & Purwadi, Agus, M. F. F. (2019). The Influence of Teams Games Tournament ( TGT ) toward Students ’ Interest in Arabic Language Learning ةطسوتلما ةسردلماب عباسلا Ùصلل ةبلطلا لويم ي٠ةيقر٠لا باعللأا ةيجهنم ت ناكو . Ù‰ طسولا ÙŠ س يولاوس ناولاوÙÙƒ يجناب ةيموكحلا ةيملاسلإ ا متو . ةنابتسلاا رشن. 2, 135–148. https://doi.org/10.222.19/jiz.v2i2.9986

Djiwandono, S. (2011). Tes Bahasa: Pegangan bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: Indeks.

Fauzi, M. F., & Anindiati, I. (2019). تطوير اللغز الرقمي لمادة التطبيق الصرÙÙŠ 1 على الهات٠المحمول كالتدربات الإضاÙية خارج الÙصل الدراسي. XXV(1), 129–140. https://doi.org/https://doi:org/10.15408/bat.v25i1.11

Fuqon, M. R. & M. F. F. (2019). The Values of Educational Character in the Arabic Temples of Qasidah Burdah by Imam Bushiri. 2(2019), 67–76. https://doi.org/10.22219/jiz.v2i1.8327

Ibrahim, H. (1987). Al-Ittijaahaat Al-Mu’asirah fi Tadris Al-Lughah Al-Arabiyah wa Al-Lughah Al-Hayyah Al-Ukhraa li Ghairi An-Natiqiina biha. Kairo: Karya Ilmiah yang tidak dipublikasikan.

Mulyani, Y. S., Wibisono, T., Alawiyah, T., & Warnilah, A. I. (2019). Pelatihan Komputer Dasar Untuk Mendukung Proses Kegiatan Belajar Mengajar (Kbm) Bagi Guru-Guru Ra/Tpq/Dta Al-Ishlaah Kota Tasikmalaya. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 234–240. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.5768

Rahayu, E. E., & Listiyadi, A. (2014). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technologies (ICT) pada Materi Mengelola Dokumen Transaksi. Jurnal Pendidikan Akutansi, 2(2), 1–7.

Sartika, D., Saluza, I., & Amelia, M. (2017). Pelatihan Pembuatan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa Di Smp Negeri 29 Palembang. 1(2), 96–100.

Setemen, K. (2010). Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Online. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3), 207–214. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.124

Setia Asih, D. A., Okyranida, I. Y., & Aqil, D. I. (2019). Meningkatkan Minat Belajar Fisika Smp Dan Smk Nusa Bhakti Sawangan Depok Melalui Teknologi Media Robotik. Jurnal Terapan Abdimas, 4(2), 113. https://doi.org/10.25273/jta.v4i2.4797

Sutiyah. (2013). Upaya Guru Sejarah Dalam Menyiasati. 23(1).

Tundjungsari, V., & Suhaeri, S. (2018). Pelatihan Pembuatan Blog untuk Pengembangan Media Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian Dan Penerapan IPTEK), 2(1), 15. https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2018.v2i1.225

Downloads

Published

2020-07-31

Issue

Section

Articles