PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUCAPAN BAHASA INGGRIS BAGI GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI KECAMATAN ASEMBAGUS KABUPATEN SITUBONDO
DOI:
https://doi.org/10.25273/jta.v5i1.4441Keywords:
pronunciation, english, early childhood education, english for young learners, pelafalan, bahasa inggris, pendidikan anak usia diniAbstract
Abstract. This activity resolved one of the problems faced by Early Childhood Education (PAUD) teachers in Asembagus, the inability of PAUD teachers to pronounce English vocabulary taught to their students. For this reason, the English for Young Learners training focused primarily on checking and improving English pronunciation of PAUD teachers was held. This program lasted one month with three stages: preparation, training and evaluation. The purpose of the preparation stage was to establish communication with the partner, RA Munawarus Sholeh Mojosari, Asembagus. Second, the training stage took place over four days comprised of basic English vocabulary, EYL (English for Young Learners) learning media, learning methods, pronunciation, and technology utilization. The last was the evaluation stage where the organizers measured and reflected on the success of the project. Outputs generated from this activity were: (1) Increasing basic English vocabulary of PAUD teachers that was usually taught to the students; (2) Proper pronunciation of some basic English vocabulary of PAUD teachers; (3) Improved PAUD teacher skills in teaching English to early childhood learners; (4) Improved PAUD teacher skills in using a dictionary application to check the pronunciation of English words; and (5) Increasing Motivation of PAUD teachers in developing English language skills.
Abstrak. Kegiatan ini menyelesaikan salah satu permasalahan yang dihadapi oleh guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Asembagus yaitu minimnya kemampuan guru PAUD dalam hal pelafalan kosa kata Bahasa Inggris untuk diajarkan pada anak didik mereka. Untuk itu, pelatihan pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak usia dini (English for Young Learners) yang difokuskan terutama pada pengecekan dan perbaikan pelafalan kosa kata Bahasa Inggris yang dimiliki oleh guru PAUD dilakukan. Program ini dilaksanakan selama sebulan dengan tiga tahap, yaitu tahap persiapan, pelatihan, dan evaluasi. Tahap persiapan dilakukan untuk menjalin komunikasi dengan pihak mitra, yaitu RA. Munawarus Sholeh Mojosari, Asembagus. Kedua, tahap pelatihan yang dilakukan selama empat hari dengan pemberian materi berupa kosa kata dasar Bahasa Inggris, media pembelajaran EYL (English for Young Learners), metode pembelajaran, pelafalan (pronunciation), dan pemanfaatan teknologi. Yang terakhir yaitu evaluasi. Luaran yang dihasilkan dari kegiatan ini adalah: (1) Bertambahnya kosa kata dasar Bahasa Inggris guru PAUD yang biasa diajarkan pada anak didik; (2) Pelafalan beberapa kosa kata dasar Bahasa Inggris guru PAUD yang benar; (3) Keterampilan guru PAUD dalam mengajarkan bahasa Inggris kepada anak usia dini; (4) Keterampilan guru PAUD dalam menggunakan aplikasi kamus dalam mengecek pengucapan kata-kata Bahasa Inggris; dan (5) Motivasi guru PAUD dalam mengembangkan keterampilan bahasa Inggris yang meningkat.
Downloads
References
Aprilyanti, D.S. (2015). Mengembangkan Kemampuan Bahasa Inggris Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Modifikatif. Jurnal Pendidikan. Online. http://kd-cibiru.upi.edu/jurnal [diakses pada 7 Juni 2017]
Ashmore, K. (2012). Pronounciation Activities. Online. http://learnenglishkids.British council.org [diakses pada 11 Juni 2017]
English First. (2016). Kunci Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini - EF Blog. Retrieved December 19, 2019, from https://www.ef.co.id/englishfirst/efblog/educational-advice/tips-orang-tua/kunci-belajar-bahasa-inggris-untuk-anak-usia-dini/
Khairani, A. I. (2016). Pendidikan Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini (Politeknik Negeri Medan). Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/448
Pemerintah Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. , (2003).
Purnamasari, L. (2015). JEPANG TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG SKRIPSI Diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Prodi Pendidikan Bahasa Jepang oleh Laila Purnamasari Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Neg (Universitas Negeri Semarang). Retrieved from http://lib.unnes.ac.id/21517/1/2302410055-s.pdf
Sohnata Hutauruk, B. (2015). Children First Language Acquisition At Age 1-3 Years Old In Balata. IOSR Journal Of Humanities And Social Science Chomsky Bolinger, 20(8), 2279–2845. https://doi.org/10.9790/0837-20855157
Sophya, I. V. (2013). Melalui Lagu Pada Anak Usia Dini. Thufula, 1(1), 1–21.
Sophya, I. V. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2(2), 251–268. https://doi.org/10.21043/thufula.v2i2.4639
UNICEF Indonesia. Oktober (2012). Ringkasan Kajian. Online. https://www.unicef.org/ indonesia/id [diakses pada 27 April 2017]
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by Jurnal Terapan Abdimas Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to Jurnal Terapan Abdimas.
Jurnal Terapan Abdimas has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Jurnal Terapan Abdimas by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â
Â