PELATIHAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN SAINTIFIK TERINTEGRASI NILAI KARAKTER BAGI GURU SEKOLAH DASAR

Authors

  • Setyo Eko Atmojo Universitas PGRI Yogyakarta
  • Beny Dwi Lukitoaji Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.25273/jta.v4i1.3824

Keywords:

learning tool, scientific approach, character value, perangkat pembelajaran, pendekatan saintifik, nilai karakter

Abstract

Abstract. The purpose of this activity is to overcome the difficulties of teachers in planning and implementing learning with scientific approach and character value. The method of this activity is in the form of training, then the participants are guided to apply the training results in the process of developing learning tools with scientific approach integrated character value. This training is held 8 times, it is intended that the participants are able to develop and implement scientifically-oriented learning tools that integrate character values correctly. The training results show the average pretest score of 45.72. The score indicates that the participants' knowledge of the scientific approach and the value of the character are still low and the need for training in the preparation of learning tools with a scientific approach that integrates the character values. The average postes result is 78,54. While the average percentage increase in the score from pretest to postes of 32.81%. It shows that the increase of score from pretes to postes has fulfilled the training target that is > 25%. The average of the result of the assessment of learning device product of scientific approach and integrated character value equal to 76,18 which have fulfilled the training target that is > 70.

Keywords: learning tool, scientific approach, character value

 

Abstrak. Tujuan kegiatan ini adalah mengatasi kesulitan guru dalam merencanakan dan mengimplementasikan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan nilai karakter. Metode kegiatan ini adalah berupa pelatihan, selanjutnya peserta dibimbing untuk menerapkan hasil pelatihan dalam proses menyusun perangkat pembelajaran berpendekatan saintifik terintegrasi nilai karakter. Pelatihan ini dilaksanakan sebanyak 8 kali, hal ini dimaksudkan agar peserta mampu menyusun dan mengimplementasikan perangkat pembelajaran berpendekatan saintifik terintegrasi nilai karakter dengan benar. Hasil pelatihan menunjukkan rata-rata skor pretes sebesar 45,72. Skor tersebut menunjukkan bahwa pngetahuan peserta tentang pendekatan saintifik dan nilai nilai karakter masih rendah dan perlu adanya pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang mengintegrasikan nilai karakter. Hasil rata-rata postes yaitu sebesar 78,54. Sedangkan rata rata persentase peningkatan skor dari pretes ke postes sebesar 32,81%.  Hal tersebut menunjukkan bahwa peningkatan skor dari pretes ke postes sudah memenuhi target pelatihan yaitu > 25%. Rata rata hasil penilaian produk perangkat pembelajaran berpendekatan saintifik dan terintegrasi nilai karakter sebesar sebesar 76,18 yang sudah memenuhi target pelatihan yaitu >70.

Kata kunci : perangkat pembelajaran, pendekatan saintifik, nilai karakter

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Setyo Eko Atmojo, Universitas PGRI Yogyakarta

Program Studi PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Beny Dwi Lukitoaji, Universitas PGRI Yogyakarta

Program Studi PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Adisusilo, Sutarjo, J.R. 2011. Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter. Yokyakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Khusniati, M. (2012). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2).

Kurniawati, W., & Atmojo, S. E. (2017). Pembelajaran Sains Bermuatan Karakter Ilmiah Dengan Alat Peraga Barang Bekas Dan Asesmen Kinerja. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1).

Marjan, J., Arnyana, I. B. P., Si, M., Setiawan, I. G. A. N., & Si, M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi Dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA. Mu allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(1).

Rahmita, Y. G. (2013). Penerapan pendekatan scientific dalam pembelajaran matematika SMP kelas VII materi bilangan (pecahan). In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Ricahyono, S., & Arifin, S. (2016). Pelatihan Penyusunan Kegiatan Pembelajaran Paikem Inovatif Berbasis 101 Metode Guna Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Mgmp Madrasah Tsanawiah Se-Kabupaten Madiun. Jurnal Terapan Abdimas, 1(1), 43-48.

Setiyaningsih, W., Maimunah, M., & Siregar, S. N. (2018). Penerapan Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X IPA. 2 SMA Negeri 1 Ujungbatu. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-10.

Suastika, I. K. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Bilangan Berbasis Tematik Saintifik. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(1), 24-32.

Zuchdi, D. (2010). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi Dalam Pembelajaran Bidang Studi Di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan, 1(3).

Downloads

Published

2019-01-31

Issue

Section

Articles