PENERAPAN BAHASA INGGRIS TERINTEGRASI DENGAN PEMBELAJARAN DI TPQ AL-MATAAB DESA TEMBOKREJO – MUNCAR – BANYUWANGI

Roudlotun Nurul Laili, Muhammad Nashir

Abstract


Abstract. As one of world languages, English is broadly used in many aspects such as science, business, technology, and education. Thus, English is highly necessary to be introduced as soon as possible to the students in order to compete in the globalization era. The purpo se of this community service activity is to integrate the English material in the curriculum of TPQ (Al -Qur’an Learning Center), so the students can know earlier ab o u t English as a global language. This activity was conducted at TPQ Al -Mataab - Tembokrejo – Muncar – Banyuwangi in which the classes were divided into two, they are class A (students aged 7 -10) and class B (students aged 11-14). The methods used were drilling, flashcard, and songs in training and giving Basic English materials to the students. Some steps in performing this activity were preparation, conducting pre test t o find out the initial of students’ English ability, training and teaching, and giving posttest to know the progress o f the activity. The mean score result of class A showed the enhancement from 43.89 in pre test to 62.41 in posttest . While in class B the pre test result was 61.4 and in posttest increase into 71.6. It indicated that students are eager and excited in learning English and it is feasible and potential to be integrate d in TPQ curriculum.

Key Words: English, TPQ (Taman Pendidikan Al -Qur’an), Learning

 

Abstrak. Sebagai salah satu bahasa dunia, bahasa Inggris digunakan secara luas dalam banyak aspek sep ert i ilmu pengetahuan, bisnis, teknologi, dan pendidikan. Sehingga bahasa Inggris sangat diperlukan untuk diperkenalkan sesegera mungkin kepada para siswa agar dapat bersaing di era globalisa si. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengintegrasikan materi bahasa Inggris dalam kurikulum TPQ, sehingga santri dapat mengenal Bahasa Inggris lebih awal sebagai bahasa global. Kegiatan ini dilakukan di TPQ Al-Mataab - Tembokrejo - Muncar - Banyuwangi yang mana kelas di TPQ dibagi menjadi dua, yaitu kelas A (santri berusia 7-10 tahun) dan kelas B (santri berusia 11-14 tahun). Metode yang digunakan adalah drilling, flashcard, dan lagu dalam memberikan pelatihan dan materi Bahasa Inggris Dasar kepada santri. Beberapa langkah dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah persiapan, melakukan pretest untuk mengetahui kemampuan awal bahasa Inggris santri, memberikan pelatihan dan pengajaran, dan memberikan posttest unt u k mengetahui kemajuan hasil kegiatan. Hasil nilai rata -rata kelas A meningkat dari 43.89 pada pretest menjadi 62.41 pada posttest. Sedangkan di kelas B hasil pretest 61.4 dan pada posttest meningkat menjadi 71.6. Ini menunjukkan bahwa santri sangat bersemangat dalam belajar bahasa Inggris dan hal ini sangat bagus dan layak untuk diintegrasikan dengan kurikulum di TPQ.

Kata Kunci: Bahasa Inggris, TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an), Pembelajaran


Keywords


English; TPQ (Taman Pendidikan Al -Qur’an); Learning; Bahasa Inggris; TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an); Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Astuningtias, K. I., & Appulembang, O. D. (2017). Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IX Materi Statistika di SMP Kristen Rantepao . JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 1 (1), 53 – 59.

Crystal, D. (2003). English as a Global Language. New York: Cambridge University Press.

Hotimah, E. (2010). Penggunaan Media Flashcard dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas II MI Ar-Rochman Samarang Garut . Jurnal Pendidikan 04 (01).

Joesoef, S. (1992). Konsep Dasar Pendidikan Non Formal. Jakarta: Bumi Aksara

Rixon, S. (1999). Young Learners of English: Some Research Perspectives. London: Longman

Rokhmah, K., Suryandari, K. C., & Wahyudi. (2014). Penggunaan Metode Sing a Song dalam Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas IV SDN Tegalsari. Kalam Cendekia 5 (1.1), 36-41.

Susilowati, E., Santoso, S., & Hamidi, N. (2013). Penggunaan Metode Pembelajaran Drill Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi UNS 1(3), 1 – 10.


Article Metrics

Abstract has been read : 3386 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jta.v4i1.3804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Terapan Abdimas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Terapan Abdimas by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View Jurnal Terapan Abdimas Stats