PENDAMPINGAN PEMBUATAN KONTEN PROMOSI MEDIA DIGITAL BAGI GURU TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 18 KOTA MADIUN

Authors

  • Rakhma Widya Dharojah Universitas Muhammadiyah Madiun
  • Latutik Mukhlisin Universitas Muhammadiyah Madiun
  • Novia Prisi Risky Amelia Universitas Muhammadiyah Madiun
  • Sidiq Setyawan Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.25273/jta.v10i1.20861

Keywords:

Social media, content, promotion, instagram, PAUD

Abstract

Abstract. Playgroups (KB) and Kindergartens (TK) are one of the early childhood education units carried out by providing educational stimuli to help physical and mental growth and development so that children have readiness to enter further education. TK ABA 18 Madiun City is an early childhood education unit owned by the Muhammadiyah Association. In line with the development of the school, promotion is considered necessary to strengthen the school's branding. The community service undertaken by the Muhammadiyah Madiun University team this time focuses on creating social media content. Social media, especially Instagram, is a means of publication used by TK ABA 18 Madiun City. The obstacle in the publication process carried out by TK ABA 18 is the lack of manpower and limitations in managing information that will be published through social media. This service uses a descriptive method, to be able to explore what deep information is needed by the partners. The results of community service that can be seen are an increase in the ability of teachers to manage social media both content creation and Instagram display upgrades. At the beginning of the observation team there were only 7 posts, currently it has reached 35. The increase in the number of followers also occurred from the beginning of only 72 to 191. and the most important thing is the active involvement of the school committee in content management.

 

Abstrak. Kelompok Bermain (KB) maupun Taman kanak – kanak (TK) merupakan salah satu satuan Pendidikan anak usia dini yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. TK ABA 18 Kota Madiun merupakan satuan Pendidikan anak usia dini yang dimiliki oleh Persyarikatan Muhammadiyah. Sejalan dengan berkembangnya sekolah, maka promosi dirasa perlu dilakukan agar branding sekolah lebih kuat. Pengabdian kepada Masyarakat yang di lakukan oleh Tim Universitas Muhammadiyah Madiun kali ini berfokus pada pembuatan konten media sosial. Media sosial khususnya Instagram menjadi sarana publikasi yang digunakan oleh TK ABA 18 Kota Madiun. Hal yang menjadi kendala pada proses publikasi yang di lakukan oleh pihak TK ABA 18 adalah minimnya tenaga dan keterbatasan dalam pengelolaan informasi yang akan di publikasikan lewat media sosial. Pengadian ini menggunakan metode deskriptif, untuk dapat menggali informasi yang dalam apa saja yang dibutuhkan oleh pihak mitra. Hasil pengabdian Masyarakat yang bisa terlihat adalah peningkatan kemampuan guru dalam mengelola media sosial baik pembuatan konten maupun upgrade tampilan Instagram. Pada awal tim observasi hanya terdapat 7 postingan, saat ini sudah mencapai 35. Peningkatan jumlah pengikut juga terjadi dari awal hanya 72 menjadi 191.dan yang paling penting adalah adanya keterlibatan aktif komite sekolah dalam pengelolaan konten.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Braniwati, M., & Bangsawan, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Yogyakarta (Vol. 2, Issue 2).

Nurmalasari, P., & Novianita, R. (2023a). Pemanfaatan Instagram SMK Sejahtera Sebagai Media Promosi Sekolah (Vol. 4). https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jpr.v4i2.2718

Nurmalasari, P., & Novianita, R. (2023b). Pemanfaatan Instagram SMK Sejahtera Sebagai Media Promosi Sekolah (Vol. 4)

Rahmayanie, Mukhlasin dkk, Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Alternatif Pengembangan Strategi Promosi Konveksi BUMDes, Buletin KKN Pendidikan, Vol. 4, No. 2, Desember 2022, hal 123-133.

Subiyanto, Valiant, Pemanfaatan Media Instagram Sebagai Media Promosi Penjualan di Masa Pandemi Covid-19, Studi Kasus pada akun @hollace,id, IKON Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Persada Indonesia, Vol. XXVII No.3 Desember 2022.

Fauziah, F., Lukiyana, L., Wijayanto, H., Pangestu,A. R., Hidayat, Z. S., & Hidayat, A. S.(2022). Pemulihan Korban Gempa Cianjur Melalui Program Rumah Belajar Anak DiDesa Cibulakan Kabupaten Cianjur JawaBarat. Pandawa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Fauziah., Lukiyana., Muhammad Junaidi Kamaruddin., Diansyah., Amelia Nur Fatika.,Dwi Rachmawati dan Ayu Widyastuti (2023). Implementasi Pemanfaatan Media Sosial Dalam Membangun Kreatifitas Melalui Konten Pemberitaan Di Suku Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kota Administrasi Jakarta Utara. Midang: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1, No. 2, Juni 2023: 48 – 51

Hanadian Nurhayati-Wolff. (2024) .Penetrasi jejaring sosial terkemuka di Indonesia per Q3 2024.https://www-statista-com.translate.goog/statistics/284437/indonesia-social-network penetration/?_x. 29 Februari 2024 (online)

Braniwati, M., & Bangsawan, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Yogyakarta (Vol. 2, Issue 2).

Nurmalasari, P., & Novianita, R. (2023a). Pemanfaatan Instagram SMK Sejahtera Sebagai Media Promosi Sekolah (Vol. 4). https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jpr.v4i2.2718

Nurmalasari, P., & Novianita, R. (2023b). Pemanfaatan Instagram SMK Sejahtera Sebagai Media Promosi Sekolah (Vol. 4).

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 2022. Identitas sekolah TK ABA 18. https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/3D81F1CD963CB5B07F22. 27 Februari 2023 (online)

Soendari, T. (2010). Metode Penelitian Deskriptif. Universitas Pendidikan Indonesia, 25. https://www.academia.edu/26183294/Penelitian_Deskriptif_ppt_Compatibility_Mode_?bulkDownload=thisPapertopRelated-sameAuthorcitingThiscitedByThissecondOrderCitations&from =cover_page

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Tekhnologi. (2024) Jumlah Data Satuan Pendidikan(Paud) Per Kota Madiun. https://referensi.data.kemdikbud.go.id/pendidikan/paud/056200/2. 29 Februari 2024 (online)

Torres, R., & Sidorova, A. (2019). Reconceptualizing information quality as effective use in the context of business intelligence and analytics penjualan hasil industri rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. Pemasaran Strategik: mengupas pemasaran strategik, branding strategy, customer satisfaction, strategi kompetitif, hingga e-marketing. Yogyakarta: Andi, 2017.

Downloads

Published

2025-01-15

Issue

Section

Articles