PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PESISIR DI DESA KWANYAR BARAT, BANGKALAN, MADURA: PERSPEKTIF KEBERLANJUTAN LINGKUNGAN, KESEHATAN, DAN EKONOMI DIGITAL

Authors

  • Noven Suprayogi Program Studi Ekonomi Islam, Departemen Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga
  • Bayu Arie Fianto Program Studi Ekonomi Islam, Departemen Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga
  • Annisa Rahma Febriyanti Program Studi Ekonomi Islam, Departemen Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga
  • Puji Sucia Sukmaningrum Program Studi Ekonomi Islam, Departemen Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga
  • Dian Filianti Program Studi Ekonomi Islam, Departemen Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga
  • Ida Wijayanti Program Studi Ekonomi Islam, Departemen Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.25273/jta.v10i1.20012

Keywords:

Digital Marketing, Halal Sertification, Medical Checkup, Coast Cleaning, Fisherman MSMEs

Abstract

Abstract. West Kwanyar Village, Bangkalan Madura, is a village where the majority of the population are fishermen and have businesses. The problems faced by the fishermen's MSMEs are traditional marketing and low value of selling product. In addition, Kwanyar village has an environmental problem in the form of waste on the coast of the beach. The objectives of the Community Service activities are to empower the fishermen's business community through digital marketing and assistance with Halal certification, increase health awareness through medical checkups, and maintain environmental sustainability through beach cleaning. Based on these objectives, the Objective and Key Result method with outputs in each program is used for this activity. Community Service activities were carried out on May 23 and 24, 2024. The results show that fisherman business actor have been able to operate digital marketing applications and have Shopee accounts to market products online. In addition, all business actors have also successfully obtained a Business Identification Number and have applied for Halal Self Declare certification. Then, after cleaning the coastal environment of the beach, the beach looks cleaner and there are additional waste facilities which are donations from Universitas Airlangga and Universiti Utara Malaysia.

 

Abstrak. Desa Kwanyar Barat, Kabupaten Bangkalan Madura merupakan desa yang penduduknya mayoritas nelayan dan memiliki usaha. Permasalahan yang dihadapi oleh para UMKM nelayan adalah pemasaran yang masih bersifat tradisional dan rendahnya nilai jual produk. Selain itu, desa Kwanyar memiliki permasalahan lingkungan berupa sampah yang ada di pesisir Pantai. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat adalah melakukan pemberdayaan pelaku usaha nelayan melalui digital marketing dan pendampingan sertifikasi halal, meningkatkan kesadaran akan kesehatan melalui medical checkup, serta menjaga keberlanjutan lingkungan melalui bersih bersih pantai. Berdasarkan tujuan tersebut, program pengabdian masyarakat dilaksanakan menggunakan metode Objective and Key Result dengan output di masing-masing program. Kegiatan Pengabdian Masyarakat dilakukan pada tanggal 23 dan 24 Mei 2024. Hasil menunjukkan bahwa pelaku usaha telah mampu untuk mengoperasikan aplikasi digital marketing sekaligus memiliki akun Shopee untuk memasarkan produk secara online. Selain itu, seluruh pelaku usaha juga telah berhasil memiliki Nomor Induk Berusaha dan telah mengajukan untuk sertifikasi Halal Self Declare. Kemudian setelah dilakukan pembersihan pada lingkungan pesisir Pantai, terlihat Pantai menjadi lebih bersih dan terdapat tambahan fasilitas sampah yang merupakan sedekah dari Universitas Airlangga dan Universiti Utara Malaysia.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arianto, M. F. (2020). Potential of coastal areas in Indonesia. Journal of Geography, 10(1), 204-215

Atmanti, H., & Purwanti, E. Y. (2021). Dampak Sampah Pada Hasil Tangkapan Nelayan (Studi Kasus Nelayan Jaring Arad Pantai Pengaradan, Banten). Rampai Online Workshop: Penulisan Ilmiah Populer Bidang Sosial, Ekonomi Dan Pendidikan. https://doc-pak.undip.ac.id/id/eprint/24680/1/Dampak Sampah Di Pantai Pengaradan Banten %28Bagian Book Chapter 2021%29.pdf

Fitriyani, A., Nasco, M. Z., & Deandra Sirait, P. H. (2024). PROBLEMATIKA KEWAJIBAN SERTIFIKASI HALAL BAGI USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH BERDASARKAN TEORI GUSTAV RADBRUCH. Jurnal BATAVIA Buletin Aksi Visi Penelitian Sosial Humaniora, 1(2), 96–103.

Lubis, Y. A. (2014). Study of the Economic Activities of Harbor Coastal Communities. JPPUMA: UMA Journal of Governance and Political Social Sciences, 2(2), 133-140.

Musnaini, M., Suherman, S., Wijoyo, H., & Irjus, I. (2020). Digital Marketing. Pena Persada. http://www.karyailmiah.trisakti.ac.id/uploads/kilmiah/dosen/2_E-BOOK_DIGITAL_MARKETING.pdf#page=7

Rainanto, B. H. (2019). ANALISIS PERMASALAHAN YANG DIHADAPI OLEH PELAKU USAHA MIKRO AGAR BERKEMBANG MENJADI USAHA KECIL (SCALLING UP) PADA UMKM DI 14 KECAMATAN DI KABUPATEN BOGOR. JIMKES: Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 7(1), 201–210.

Saefulloh, D., Sutaji, D. S., Novianti, S., Widiyanti, R., Putri Utomo, S. R. S., & Chendraningrum, D. (2020). Bimbingan Teknis Kewirausahaan dan Pembuatan Rencana Usaha Jasa Wisata Curug Panganten Kabupaten Bandung Barat. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat), 4(2), 107. https://doi.org/10.36339/je.v4i2.325

Stacey, N., Gibson, E., Loneragan, N. R., Warren, C., Wiryawan, B., Adhuri, D., & Fitriana, R. (2019). Enhancing coastal livelihoods in Indonesia: an evaluation of recent initiatives on gender, women and sustainable livelihoods in small-scale fisheries. Maritime Studies, 18(3), 359–371. https://doi.org/10.1007/s40152-019-00142-5

Wahyuddin, Y. A., Hidayat, R. M., & Verdiansyah, T. R. (2022). Strategi Kebijakan Blue Economy Indonesia Dalam Mendukung Pembangunan Berkelanjutan Sriwijaya Journal of International Relations, 2(2), 70–87.

Warto, W., & Samsuri, S. (2020). Sertifikasi Halal dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 98. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2803

Downloads

Published

2024-12-10

Issue

Section

Articles