PENINGKATAN MANAJEMEN USAHA OLAHAN BELIMBING BERBASIS DIGITAL MARKETING PADA UMKM RASADEWA INDONESIA DEPOK

Sunarti Sunarti, Dewi Ayu Nur Wulandari, Taat Kuspriyono, Mohamad Ardana, Ghufran Faishal Yusuf, Syafina Anwar, Amandasyifa Syam

Abstract


Abstract. The initial idea for the UMKM business, Rasadewa Indonesia Depok, saw the potential for starfruit to be used as a souvenir typical of the city of Depok. There are no processed food/beverage products made from star fruit and the starfruit icon typical of Depok city, which must be preserved and maintained, and rich in vitamin B. The types of processed products are dodol, juice, syrup, chips, jam, jam pie, chili sauce and tengteng, various variants, sizes and flavors. The problem with partners is that the reach of the marketing network is not wide, partners market their products conventionally by opening displays at home, consigning to shops, participating in exhibitions/bazaars, lack of knowledge to develop their business and not optimally mastering limited digital marketing/optimization of social media. The aim of the activity is to utilize science and technology to empower the community to improve the management of starfruit processing businesses for the creation of community welfare. The solution is to create a digital marketing website https://rasadewa.id/, and develop business management. The method used is learning by doing, starting with direct observation of the field, monitoring and evaluating the results of the training that has been carried out. The stages of implementation are analyzing the situation and conditions of field surveys, collecting data and classifying problems, discussing with partners, socializing partnerships, preparing for transfer of appropriate technology by creating a digital marketing website, providing guidelines for using the website, training, simulation and website assistance, business management, as well as monitoring, evaluating and continuing community service activities.

 

Abstrak. Ide awal usaha UMKM Rasadewa Indonesia Depok melihat potensi buah belimbing dijadikan oleh-oleh khas kota Depok, belum ada olahan produk makanan/minuman berbahan buah belimbing dan belimbing icon khas kota Depok harus dilestarikan dan dipertahankan, serta kaya akan vitamin B. Jenis olahannya dodol, jus, sirup, keripik, selai, pie selai, sambel dan tengteng, berbagai variansi, ukuran dan rasa. Permasalahan mitra jangkauan jaringan pemasaran belum luas, mitra memasarkan produknya secara konvensional dengan membuka display di rumah, konsinyasi ke toko-toko, mengikuti pameran/bazar, minim pengetahuan untuk mengembangkan usahanya dan belum maksimal menguasai limited digital marketing/optimasi media sosial. Tujuan kegiatan memanfaatkan IPTEK pemberdayaan masyarakat peningkatan manajemen usaha olahan buah belimbing demi terciptanya kesejahteraan masyarakat.Solusinya membuat website digital marketing https://rasadewa.id/,dan pengembangan manajemen usaha. Metode yang digunakan learning by doing, diawali peninjauan langsung kelapangan, monitoring dan evaluasi dari hasil pelatihan yang sudah terlaksana. Tahapan pelaksanaannya adalah analisa situasi dan kondisi survei kelapangan, pengumpulan data dan klasifikasi permasalahan, berdiskusi dengan mitra, sosialisasi kemitran, persiapan transfer teknologi tepat guna dengan membuat website digital marketing, menyediakan panduan penggunaan website, pelatihan, simulasi dan pendampingan websitenya, manajemen usaha, serta adanya monitoring, evaluasi dan keberlanjutan kegiatan pengabdian.

 

Keywords


SMEs; Digital Marketing; Processed Carambola; UMKM; Olahan Belimbing

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), 88–92. https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3981

Chandra, S., & Andrew, R. (2019). Peran Media Sosial Dalam Strategi Komunikasi Pemasaran Di Sebuah Perguruan Tinggi Swasta Di Jakarta Barat. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 521. https://doi.org/10.24912/jmieb.v2i2.2980

Hidayati, N., Pungkasanti, P. T., & Wakhidah, N. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing Umkm Di Kecamatan Tembalang Semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 119. https://doi.org/10.33633/ja.v3i3.129

Khairunnisa, C. M. (2022). Pemasaran Digital sebagai Strategi Pemasaran: Conceptual Paper. Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 5, 98–102. http://jurnal.stiekma.ac.id/index.php/JAMIN/article/view/109%0Ahttp://jurnal.stiekma.ac.id/index.php/JAMIN/article/viewFile/109/92

Maharani, D., Helmiah, F., & Rahmadani, N. (2021). Penyuluhan Manfaat Menggunakan Internet dan Website Pada Masa Pandemi Covid-19. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v1i1.130

Manuharani, Ayu, Kencanawati, & Narti. (2022). Perbandingan Efektivitas Digital Marketing Dengan Konvensional Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk UMKM (Studi Kasus: Kuta Metelu Herbal). Repository Politeknik Negeri Bali, 1–10. https://repository.pnb.ac.id

Putra, R. T., Salsabila, N. E. S., Al Azhar, M. A. M., & Adhinata, F. D. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Internet Di Media Sosial. Liquidity, 2(1), 80–86. https://repository.pnb.ac.id

Rahayu Pancaningsih, Shalli Habiibika Baaq, Risqa Nurul Latifah, Ananda Nur Wahit, Mellyza Dwi Handayu, Erlin Rahmawati, Vanya Divka Putri Maharani, Monica Farissa Zain, & Aris Prio Agus Santoso. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Penjualan Produk Kecantikan Pada Online Shop Kumara Store Di Sukoharjo. Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen Dan E-Commerce, 1(4), 134–148. https://doi.org/10.30640/digital.v1i4.408

Ratna Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25

Rauf, R., Susila, I., Priyono, K. D., Farmasi, F., Surakarta, U. M., Utara, S., Timur, S., Selatan, S., & Barat, S. (2017). Pengembangan Produk Olahan Berbasis Belimbing Manis (Averhoa carambola L.) Di Agrowisata Kebun Belimbing Ngringinrejo Kecamatan Kalitidu Bojonegoro. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin & Call Pappers Unisbank Ke-3, 317–323.

Sodiq, F., & Mahmudi, A. A. (2022). Penerapan Teknologi Informasi Untuk Pemberdayaan Tim Penggerak PKK Desa Waru Rembang. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 165–176. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.12041

Sulchan, Alfi, A., Utami, Dyah Panuntun, Windani, & Isna. (2019). Persepsi Petani Terhadap Risiko Budidaya Belimbing. Surya Agritama, 8, 27–38.

Sunarti, S. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Wisata Kuliner Di Wilayah Kota Depok Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal Eksplora Informatika, 9(2), 105–110. https://doi.org/10.30864/eksplora.v9i2.323

Sunarti, S., Rachmawati, S., & Handayanna, F. (2019). Peningkatan Pendapatan Ukm Pada Hacord Gallery Dengan Aplikasi Web Marketplace E-Commerce. Jurnal Terapan Abdimas, 4(2), 166. https://doi.org/10.25273/jta.v4i2.4840

Veranita, M., Syahidin, Y., & Gunardi, G. (2018). Mengembangkan Ukm Melalui Pelatihan Internet Marketing Di Kecamatan Lengkong Kota Bandung. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 1(1), 41–48. https://doi.org/10.31092/kuat.v1i1.461

Widiastuti, C. T., Universari, N., & N.S.S, R. L. P. (2023). Pemberdayaan Melalui Edukasi Kewirausahaan Dan Pembukuan Keuangan Bagi UKM Gerai Kopimi Kelurahan Mlatiharjo Semarang. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.34312/ljpmt.v2i1.17071


Article Metrics

Abstract has been read : 184 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jta.v8i2.17310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Terapan Abdimas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Terapan Abdimas by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View Jurnal Terapan Abdimas Stats