PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGGUNAAN MEDIA CABRI GEOMETRI 2D UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMA ALKHAIRAAT TOBELO
DOI:
https://doi.org/10.25273/jta.v9i1.16831Keywords:
cabri geometry 2D, transformation geometry, learning enhancement, cabri geometri 2D, geometri transformasi, peningkatan pembelajaranAbstract
Abstract. Most students still face difficulties related to the use of mathematics learning media. The learning media they have studied so far have not been able to answer the problems they face. It is necessary to provide training and assistance through cabri media that can overcome problems. Based on these problems, the purpose of this activity is a) to find out student learning outcomes in solving mathematical problems using cabri geometry 2D media, b) to find out the attitudes and skills of students in using Cabri Geometry 2D media. The participants in this training and mentoring were 22 Al-Khairat Tobelo High School students. The results of this activity were the students' abilities before applying cabri geometry 2D media, there was 1 student who obtained less qualifications or in the 4.54% category and 21 students obtained failed qualifications or in the 95.45% category. While the ability of students after applying cabri geometry media, there were 3 students obtaining satisfactory qualifications or 13.64% and 19 students obtaining good qualifications or 86.36%. Based on the results of the interviews, information was obtained that the majority of students had good behavior towards learning using cabri geometry media with an average percentage of 60.79.
Â
Abstrak. Sebagian besar siswa masih menghadapi kesulitan terkait dengan pemanfaatan media pembelajaran matematika. Media pembelajaran yang mereka pelajari selama ini belum mampu menjawab permasalahan yang mereka hadapi. Perlu dilakukan pelatihan dan pendampingan melalui media cabri yang dapat memecahkan permasalahan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan dari kegiatan ini adalah a) untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam memecahkan masalah matematika menggunakan media cabri geometri 2D, b) untuk mengetahui sikap dan keterampilan siswa dalam menggunakan media cabri geometri 2D. Peserta pelatihan dan pendampingan ini adalah siswa SMA Al-Khairat Tobelo berjumlah 22 orang. Hasil kegiatan ini adalah kemampuan siswa sebelum diterapkan media cabri geometri 2D, terdapat 1 siswa yang memperoleh kualifikasi kurang atau dalam kategori 4,54% dan 21 siswa memperoleh kualifikasi gagal atau dalam kategori 95,45%. Sedangkan kemampuan siswa setelah diterapkan media cabri geometri, terdapat 3 siswa memperoleh kualifikasi memuaskan atau 13,64% dan 19 siswa memperoleh kualifikasi baik atau 86,36%. Berdasarkan hasil wawancara diperoleh informasi bahwa sebagian besar siswa mempunyai perilaku yang baik terhadap pembelajaran dengan menggunakan media cabri geometri dengan rata-rata persentase sebesar 60,79.
Kata Kunci: cabri geometri 2D, geometri transformasi, peningkatan pembelajaran
Downloads
References
Abdullah, N. H. (2013). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Teams-Assisted Individualization (TAI). Tesis pada PPs. UPI Bandung.
Adjie, N., & Maulana. (2006). Pemecahan Masalah Matematika. Bandung : UPI Press.
Budiman, H. (2011). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Program Cabri 3D. Tesis pada PPs. UPI Bandung.
Habsyi, R., & Nur, I. M. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Melalui Model Pembelajaran Problem solving dengan Jigsaw. Jurnal Pendidikan MIPA, 11(2), 47–53. https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.475
Habsyi, R, R., Saleh, R.R. M., & Nur, I.M. (2023). Proses Berpikir Kreatif Siswa Berkepribadian Adversity Quotient dalam Menyelesaikan Masalah Open-Ended Ditinjau dari Teori Pemrosesan Informasi. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(3), 851–862. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1175
Krismiati, A. (2009). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif Geometri Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Program Cabri Geometry II. Tesis pada PPs UPI Bandung .
Nur, I. M. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Guided Teachingberbasis Soft Skills. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 30–38. https://doi.org/10.23969/pjme.v4i2.2507
Nur, I. M. (2016). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script. BIORMATIKA, 3(2), 1–9.
Nur, I. M. (2016). Pemanfaatan Program Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 10–19. https://doi.org/10.33387/dpi.v5i1.236
Nur, I. M., & Sari, P. S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Guided Teaching Berbasis Soft Skills. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(4), 1012–1022. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.724
Sanjaya, H. W. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana, Prenada Media Group.
Sari, P. S. (2014). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self Regulation Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Program Cabri Geometry Ii Pada Model Pembelajaran Tutorial. Tesis: Sekolah Pascasarjana. UPI Bandung.
Sari, P. S. (2014). Pendekatan Scientific Berbasis ICT Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Matematika. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 3(1), 9–18.
Sari, D.P., Muhammad, H.H., Nur, I.M., & Saleh RRM. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Pada Materi Transformasi Geometri Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Information, Communication and Technology. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 21(8), 661-672
Sutopo, A. H. (2012). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Tilaar, H. A. R. (2012). Kaleidoskop Pendidikan Nasional. PT Kompas Media Nusantara.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by Jurnal Terapan Abdimas Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to Jurnal Terapan Abdimas.
Jurnal Terapan Abdimas has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Jurnal Terapan Abdimas by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â
Â