WORKSHOP AKUNTANSI SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH (SKPD) UNTUK SISWA JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 GODEAN
DOI:
https://doi.org/10.25273/jta.v8i2.14580Keywords:
SKPD accounting, Vocational School, workshop, akuntansi SKPD, Sekolah Menengah KejuruanAbstract
Abstract. SMK need to cooperate with the Dunia Usaha/Dunia Industri (DUDI) and universities to produce high quality graduates. One of such Cooperation is held guest teachers at school. Politeknik YKPN held community service activities as a guest teacher that conducts accounting workshop for Regional Work Units (SKPD) for students of SMK Negeri 1 Godean Yogyakarta which attended by 106 class XII students majoring in accounting on October, 25-28 2021. The workshop activities include work on pre-test and post-test quizzes, discuss and deepening the theory and SKPD accounting practice. The results of the workshop activities shows that there was an increase between post-test scores compared to pre-test scores. we can conclude that workshop activities increase the skill and students knowledge in field of SKPD accounting. The workshop activities also well received by the workshop participants in terms of simplicity understanding the workshop material, advantage of the workshop material and how the guest lecture presented the workshop material.
Â
Abstrak. SMK perlu bekerjasama dengan Dunia Usaha/Dunia Industri (DUDI) dan perguruan tinggi agar mampu menghasilkan lulusan yang memiliki mutu tinggi. Salah satu bentuk kerjasama tersebut adalah mendatangkan guru tamu ke sekolah. Politeknik YKPN melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yaitu bertindak sebagai guru tamu yang melaksanakan workshop akuntansi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk siswa SMK Negeri 1 Godean Yogyakarta yang diikuti oleh 106 siswa kelas XII jurusan akuntansi pada tanggal 25-28 Oktober 2021. Kegiatan workshop meliputi pengerjaan kuis pre tes dan pos tes, pendalaman materi dan diskusi serta praktik pencatatan akuntansi SKPD. Hasil kegiatan workshop menunjukkan bahwa terdapat kenaikan nilai pos tes dibandingkan nilai pre tes. Hal ini mengandung makna bahwa kegiatan workshop dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan siswa di bidang akuntansi SKPD. Kegiatan workshop juga dipersepsikan baik oleh para siswa peserta workshop ditinjau dari kemudahan memahami materi workshop, kemanfaatan materi workshop serta cara narasumber menyampaikan materi workshop.
Â
Downloads
References
Dirjendikdasmen. (2018). Perdirjendikdasmen Nomor 464 Tahun 2018 tentang KI/KD C1, C2, C3 untuk SMK/MAK. 021.
Firdaus. (2018). Manfaat Guru Tamu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas Xi Teknik Sepeda Motor Smk Yptn Bangkinang Kota. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 205. https://doi.org/10.31004/jpt.v2i2.668
Jati, B. P., Murwani, A. S., & Darmawan, Y. (2021). Praktikum Akuntansi Satuan Kerja Perangkat Daerah (Berbasis Akrual). Akademi Akuntansi YKPN.
Muslim, S., Soeparjo, D., Ismayati, E., Joko, & Santosa, A. B. (2017). Supervisor Industri Sebagai Guru Tamu di SMK. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
Sagala, S. (2014). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga kependidikan: pemberdayaan guru, tenaga kependidikan, dan masyarakat dalam manajemen sekolah. Alfabeta.
Sari, V. F., Afriyenti, M., Arza, F. I., & Setiawan, M. A. (2018). Improving Vocational Teachers’ Readiness in Teaching New Subject “Accounting Practice of the Institution and Local Government Agencies.†64, 36–42. https://doi.org/10.2991/piceeba2-18.2019.5
Sari, V. F., Afriyenti, M., Arza, F. I., & Setiawan, M. A. (2019). Pelatihan Penyusunan Jobsheet Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga/ Instansi Pemerintahan Bagi Tim Mgmp Akuntansi Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Kuat : Keuangan dan Akuntansi Terapan, 1, 15–20. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31092/kuat.v1i1.457
Sari, V. F., Pebriyani, D., & Afriyenti, M. (2020). Pemantapan Materi Akuntansi Desa Sebagai Upaya Persiapan Guru Smk Mengajar Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Desa. Jurnal Kuat : Keuangan dan Akuntansi Terapan, 2(2), 64–70.
Setiawan, M. A., Pebriyani, D., Handayani, D. F., & Sari, V. F. (2019). PKM Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Dalam Rangka Meningkatkan Kompetensi Pedagogik dan Profesionalisme Tim MGMP Akuntansi Kota Padang: Bentuk Persiapan Guru Milenial Dalam Mata Pelajaran Pratikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerint. Wahana Riset Akuntansi, 7(2), 1505–1512. https://doi.org/10.24036/wra.v7i2.107175
Tanang, H., & Abu, B. (2014). Teacher Professionalism and Professional Development Practices in South Sulawesi, Indonesia. Journal of Curriculum and Teaching, 3(2), 25–42. https://doi.org/10.5430/jct.v3n2p25
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by Jurnal Terapan Abdimas Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to Jurnal Terapan Abdimas.
Jurnal Terapan Abdimas has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Jurnal Terapan Abdimas by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â
Â