PENERAPAN APLIKASI POINT OF SALES UNTUK MENDUKUNG PROSES BISNIS PELAKU USAHA PERTANIAN PT. AGRO INDO RAYA DESA GLAGAHAGUNG

Authors

  • Eka Mistiko Rini Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Dianni Yusuf Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Masetya Mukti Politeknik Negeri Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.25273/jta.v8i2.14442

Keywords:

Poin Of Sale, penjualan bibit tanaman, terkomputerisasi

Abstract

Abstract. One of the business strategies that need to be implemented is to change the conventional system to be computerized. The goal is to make it easier to manage transactions, finances, and stock. PT. Agro Indo Raya is one of the business actors that focuses on selling plant seeds, namely porang, areca nut, sunflower, and organic liquid fertilizer. The business system that is run is cooperation in fulfilling the needs of plant seeds up to the purchase of crops (contract system), or only selling plant seeds (break sales). This business system is implemented so that farmers can continue to work even though they do not have much business capital, so they choose a contract system. Consumers who have been partners with PT. Agro Indo Raya are local farmers in the Banyuwangi Regency as well as farmers from outside the area. The problems that have been experienced by partners are the management of transactions, products and stock and finances. The solution offered through this service activity is the creation of a Point of Sale (POS) application to make it easier for PT. Agro Indo Raya in managing transaction, stock, and financial data to create technology-based business processes. The stages of service carried out are field observations to find out problems with partners, making POS applications, implementing applications for partners, mentoring and training on how POS applications work, evaluating and monitoring activitie.

 

Abstrak Salah satu strategi bisnis yang perlu diterapkan, dengan mengubah sistem konvensional menjadi terkomputerisasi. Tujuannya adalah kemudahan pengelolaan transaksi, keuangan, stok dan laporan. PT. Agro Indo Raya adalah salah satu pelaku usaha yang fokus pada penjualan bibit tanaman yaitu porang, pinang, bunga matahari, dan pupuk cair organik. Sistem bisnis yang dijalankan adalah kerjasama dalam pemenuhan kebutuhan bibit tanaman sampai dengan pembelian hasil panen (sistem kontrak), atau hanya penjualan bibit tanaman saja (jual putus). Sistem bisnis ini dilakukan agar petani dapat terus bekerja walau modal usaha yang dimiliki tidak banyak sehingga memilih sistem kontrak. Konsumen yang selama ini telah menjadi mitra PT. Agro Indo Raya adalah petani lokal di wilayah Kabupaten Banyuwangi maupun petani dari luar daerah. Permasalahan yang selama ini dialami oleh mitra adalah pengelolaan transaksi, produk dan stok dan keuangan. Solusi yang ditawarkan melalui kegiatan pengabdian ini yaitu pembuatan aplikasi Point of Sale (POS) dalam mengelola data transaksi, stok dan keuangan dengan tujuan untuk memudahkan pegawai dalam melakukan pencatatan data penjualan serta manajer bisa melihat laporan penjualan secara real-time. Tahapan pengabdian yang dilakukan adalah observasi lapang untuk mengetahui permasalahan di mitra, pembuatan aplikasi POS, implementasi aplikasi ke mitra, pendampingan dan pelatihan cara kerja aplikasi POS, evaluasi dan monitoring kegiatan.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Eka Mistiko Rini, Politeknik Negeri Banyuwangi

Jurusan Teknik Informatika

Dianni Yusuf, Politeknik Negeri Banyuwangi

Jurusan Teknik Informatika

References

Abdullah, T. d. (2016). Manajemen Pemasaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Abdulloh, R. (2017). Membuat Aplikasi Point of Sale dengan Laravel dan AJAX. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Dinda Sekar Puspitarini, R. N. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common | Volume 3 Nomor 1, 71-80.

Gilang Pamungkas, H. Y. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Android Pos (Point Of Sale) Kafe Untuk Kasir Portable Dan Bluetooth Printer. Jurnal Sains dan Teknologi, 199-208.

ISO/IEC, 2. (2011). Systems and software Quality Requirements and Evaluation (SQuaRE) — System and software quality models. ISO.org.

Pertanian, B. L. (n.d.). Balitbangtan Observasi Tanaman Porang. Balitbangtan Observasi Tanaman Porang, pp. https://www.litbang.pertanian.go.id/info-teknologi/3859/.

Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketingterhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Ibeka Volume 11 Nomor 2, 46 -53.

Siagian, S. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ke-24. Jakarta: Bumi Aksara.

Silvester Dian Handy Permana, F. (2015). Analisa Dan Perancangan Aplikasi Point Of Sale (POS) Untuk Mendukung Manajemen Hubungan Pelanggan. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, [S.l.], v. 2, n. 1, p, 20-28.

Downloads

Published

2023-03-30

Issue

Section

Articles