PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN DALAM MENUMBUHKAN RASA PERCAYA DIRI MELALUI LATIHAN DASAR KEPEMIPINAN DAN PUBLIC SPEAKING BAGI PENGURUS OSIS SMAN 3 TAMBUN SELATAN, BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.25273/jta.v8i1.14263Keywords:
Leadership, Intra-School Student Organization, Public Speaking, Kepemimpinan, Organisasi Siswa Intra SekolahAbstract
Abstract. The purpose of the PKM activity is to provide training and knowledge/insights about growing self-confidence with public speaking techniques and basic leadership training for OSIS management members at SMAN 3 Tambun Selatan, Bekasi. The reason the team provides PKM in the form of training and mentoring to partners, where partners experience several problems, namely many of the OSIS management members do not yet have a leadership spirit, especially in organizing and their self-confidence is still lacking when speaking in public. The offer is to provide training to partners for 2 days with the implementation method, namely the preparation stage, implementation stage, and evaluation stage. The three stages were carried out starting from Wednesday – Friday, June 15 – June 17, 2022 in the SMAN 3 Tambun Selatan hall and attended by 30 participants. The presence of an enthusiastic attitude from the participants is one of the targets of the activity. In addition, the results of the PKM are the increased ability of the participants to speak in public and the increased knowledge of participants about organization.
Â
Abstrak. Tujuan kegiatan PKM adalah memberikan pelatihan dan ilmu/wawasan mengenai menumbuhkan kepercayaan diri dengan teknik public speaking dan latihan dasar kepemimpinan bagi anggota pengurus OSIS SMAN 3 Tambun Selatan, Bekasi. Alasan tim memberikan PKM dalam bentuk pelatihan dan pendampingan kepada mitra, dimana mitra mengalami beberapa permsalahan yakni banyak dari anggota pengurus OSIS yang belum memiliki jiwa kepemimpinan khususnya dalam beroganisasi dan rasa percaya diri yang dimiliki masih kurang apabila berbicara di depan umum.Untuk itu, solusi yang ditawarkan yakni memberikan pelatihan kepada mitra selama 2 hari dengan metode pelaksanaan yakni tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan, dan tahapan evaluasi. Ketiga tahapan tersebut dilaksanakan mulai dari hari Rabu – Jumat, 15 Juni – 17 Juni 2022 di Aula SMAN 3 Tambun Selatan dan diikuti oleh 30 orang peserta. Adanya sikap antusias dari peserta merupakan salah satu dari target kegaiatan selain itu, hasil dari PKM yakni meningkatnya kemampuan dari peserta untuk berbicara di depan umum dan meningkatnya pengetahuan peserta mengenai keorganisasian.
Downloads
References
Aprianti, R. (2014). Pelaksanaan Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Sebagai Wahana Membentuk Jiwa Kepemimpinan Siswa (Studi Kasus di OSIS SMKN 1 Yogyakarta Periode 2012-2013). Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(2), 127–140.
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa.
Didi Sartika, H. K. (2020). Pelatihan Public Speakingpada Perangkat Desa Tansaran Bidin Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah Aceh. Jurnal Abdidas, 1(3), 149–156.
Fitriani, E., & Suyanto, T. (2015). Kompetensi Kepemimpinan Siswa Pasca Mengikuti Program Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa Di Smk Negeri 12 Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 3(3), 1354–1368.
Girsang, L. R. M. (2018). ‘PUBLIC SPEAKING’ SEBAGAI BAGIAN DARI KOMUNIKASI EFEKTIF (KEGIATAN PKM di SMA KRISTOFORUS 2, JAKARTA BARAT). Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 2(2), 81–85. https://doi.org/10.30813/jpk.v2i2.1359
Hayati, A. D. N., Haq, A., & Santoso, K. (2020). Pembentukan Karakter Kepemimpinan Siswa Melalui Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di MTs Negeri Batu. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 5(9), 41–47.
Kemdikbud. (2019). Standar Nasional Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. http://smk.kemdikbud.go.id/konten/4125/standar-nasional-pendidikan-smk-dan%02mak
Kristanto, R., Sudarwanto, S., & Kurniawati, W. (2020). Public Speaking serta Teknik Ice Breaking dan MC Sebagai Upaya Pengajaran yang Menarik. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 127–132. https://doi.org/10.31334/jks.v2i2.734
Meidikayanti, W., & Wahyuni, C. U. (2017). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kualitas Hidup Diabetes Melitus Tipe 2 Di Puskesmas Pademawu. Jurnal Berkala Epidemiologi, 5(2), 240–252. https://doi.org/10.20473/jbe.v5i2.2017.240-252
Nurudin. (2013). Pengantar Komunikasi Massa. Grafindo Persada.
Putri, A. J., & Arsil, A. (2020). Analisis Pencapaian Keterampilan Komunikasi Pada Proses Pembelajaran. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(2), 154–161. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd/article/view/3438
Reka, W., Burhanuddin, B., & Sunandar, A. (2020). Pembinaan Potensi Kepemimpinan Siswa Melalui Layanan Ekstrakurikuler. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(3), 199–207. https://doi.org/10.17977/um027v3i32020p199
Stellarosa, Y., & Ikhsano, A. (2021). Pengembangan Keterampilan Komunikasi Melalui Pelatihan Komunikasi Efektif di Sekolah Menengah Kejuruan. Journal of Servite, 3(1), 19. https://doi.org/10.37535/102003120212
Takwil, M. (2020). Model Program Pengembangan Diri dalam Mengembangkan Potensi Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Peterongan Jombang. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 10(2), 149–168. https://doi.org/10.54180/elbanat.2020.10.2.149-168
Toni, I. A., & Mediatati, N. (2019). PERANAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMK NEGERI 2 SALATIGA Indra. Satya Widya, XXXV, 54–61.
Tumanggor, S. (2020). Upaya Pengembangan Diri Siswa melalui Layanan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas di Provinsi Banten. Indonesian Journal of Educational Counseling, 4(1), 75–84. https://doi.org/10.30653/001.202041.114
Yin, R. K., & Djauzi Mudzakir, M. (2002). Studi Kasus: Desain & Metode (Ed. rev). PT Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by Jurnal Terapan Abdimas Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to Jurnal Terapan Abdimas.
Jurnal Terapan Abdimas has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Jurnal Terapan Abdimas by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â
Â