PELATIHAN MODEL EVALUASI PENILAIAN UNJUK KERJA BERBASIS NUMERASI BAGI GURU MATEMATIKA SMP MUHAMMADIYAH 1 KARTASURA

Authors

  • Sumardi Sumardi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Adi Nurcahyo Universitas Muhammadiyah Surakarta http://orcid.org/0000-0003-4269-4736
  • Muhamad Toyib Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Kartika Rukmi Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.25273/jta.v8i1.13916

Keywords:

assessment, appraisal, numeration, evaluasi, unjuk kerja, numerasi

Abstract

Abstract. Performance appraisal is an assessment that asks students to do an actual task that applies the required knowledge and skills. Performance appraisal is not only designed as an activity but also designed to achieve the expected competencies. So that in making a performance instrument it must contain several things: 1) authentic and interesting, and involve students in the situation; 2) allows individual assessment; and 3) contain clear instructions. The purpose of the training activity is to provide insight and knowledge as well as experience for mathematics teachers at SMP Muhammadiyah 1 Kartasura to compile numeration-based performance assessment questions. The method used uses a participatory method with the stages of analyzing partner problems regarding the needs of the materials used in the training, preparation of activities related to the materials and their needs, implementation of activities in the form of delivering performance assessment materials, collecting projects from the results of questions compiled by the teacher, and evaluation of activities based on the training activities carried out. The results of the training activities are math questions that use numeration-based performance assessments compiled by math teachers at SMP Muhammadiyah 1 Kartasura. As many as 5 teachers understand the preparation of performance appraisal. In addition, as many as 4 teachers will also apply performance assessment in the learning carried out. The conclusions from the training activities include that the activities run smoothly and in an orderly manner and the teachers gain insight and additional knowledge about the preparation of performance assessment questions based on mathematical literacy or numeracy..

 

 

Abstrak. Penilaian unjuk kerja merupakan suatu penilaian yang meminta siswa untuk melakukan suatu tugas yang sesungguhnya yang mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan. Penilaian unjuk kerja tidak hanya dirancang sebagai suatu kegiatan saja, tetapi juga didesain untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sehingga dalam membuat instrumen unjuk kerja harus memuat beberapa hal: 1) autentik dan menarik, serta melibatkan siswa kedalam situasi tersebut; 2) memungkinkan penilaian individu; dan 3) memuat petunjuk yang jelas. Tujuan dari kegiatan pelatihan yaitu memberikan wawasan dan pengetahuan sekaligus pengalaman bagi guru-guru matematika SMP Muhammadiyah 1 Kartasura untuk menyusun soal-soal penilaian unjuk kerja berbasis numerasi. Metode yang digunakan menggunakan metode partisipatif dengan tahapan menganalisis permasalahan mitra mengenai kebutuhan materi yang digunakan dalam pelatihan, persiapan kegiatan berkaitan dengan materi dan kebutuhannya, pelaksanaan kegiatan yang berupa penyampaian materi penilaian unjuk kerja, pengumpulan proyek dari hasil soal-soal yang disusun oleh guru, dan evaluasi kegiatan berdasarkan kegiatan pelatihan yang dilakukan. Hasil dari kegiatan pelatihan yaitu soal-soal matematika yang menggunakan penilaian unjuk kerja dengan berbasis numerasi yang disusun oleh guru-guru matematika SMP Muhammadiyah 1 Kartasura. Sebanyak 5 orang guru memahami penyusunan penilaian unjuk kerja. Selain itu, sebanyak 4 guru juga akan menerapkan penilaian unjuk kerja dalam pembelajaran yang dilakukan. Kesimpulan dari kegiatan pelatihan diantaranya kegiatan berlangsung lancar dan tertib serta guru-guru mendapatkan wawasan serta tambahan ilmu pengetahuan tentang penyusunan soal penilaian unjuk kerja berbasis literasi matematika atau numerasi.


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas. (2006). Permendiknas No 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah (p. 139).

Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 157. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i2.3325

Nurcahyo, A., Ishartono, N. Waluyo, M, Sutama, Sari F. I. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Augmented Reality(AR) dengan Software Paint 3D bagi Guru Matematika SMP. Jurnal Terapan Abdimas, 7(2), 154-161. http://doi.org/10.25273/jta.v7i2.11772

Rafiq, M., Husni, S., & Yelli, R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Powerpoint & iSpring Suite pada Materi Perbandingan di Kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Matematika, 1–9. https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2117

Rati, D., Suryanef, S., & Montessori, M. (2019). Pelaksaan Penilaian Formatif Dalam Pembelajaran PPKn Di SMP N 2 Lengayang. Journal of Civic Education, 2(1), 106–115. https://doi.org/10.24036/jce.v2i1.106

Retnawati, H. (2016). Hambatan Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Dalam Menerapkan Kurikulum Baru. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 390–403. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7694

Rusman. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Rajagrafindo Persada.

Sari, V., & Yusuf, M. J. (2019). Deskripsi Kesulitan Menerapkan Penilaian Unjuk Kerja Pada Spek Pemahaman Guru Matematika. 1, 105–112.

Setiawan, D. F. (2018). Prosedur Evaluasi Dalam Pembelajaran (N. F. Subekti (ed.)). Deepublish.

Sumardi, Sutama, & Sri Sutarni. (2016). Pengembangan Model Evaluasi Autentik dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Lesson Study di SMP Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah. Tahun Ke-1.

Sutama. (2011). Pengelolaan Pembelajaran Matematika Berbasis Aptitude Treatment Interaction. Sidang Senat Terbuka UMS, 28.

Yudha, R. P., Masrukan, & Djunaidi. (2014). Pengembangan Instrumen Asesmen Otentik Unjuk Kerja Materi Bangun Ruang Di Sekolah Dasar. Journal of Educational Research and Evaluation, 3(2), 62–67. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere/article/view/4397

Downloads

Published

2023-01-30

Issue

Section

Articles