PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL (GOOGLE MEET) SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN DAN KUALITAS PENYELENGGARAAN SEKOLAH DI SDN I SUKOREJO SARADAN MADIUN

Authors

  • Erawan Kurniadi Unversitas PGRI Madiun
  • Tantri Mayasari Unversitas PGRI Madiun
  • Jeffry Handhika Unversitas PGRI Madiun
  • Farida Huriawati Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/jta.v8i1.13817

Keywords:

training, Google Meet, learning, pelatihan, pembelajaran

Abstract

Abstract. SDN I Sukorejo has done online learning but is still limited to using the WhatsApp application program. On the other hand, the free Google Meet application program allows active interaction between teachers and students that SDN has never used I Sukorejo teachers. This happens because these teachers have never practised/trained. Therefore, the lecturer of the UNIPMA physics education study program conducted training on the use of Google Meet for the teachers of SDN I Sukorejo for learning purposes and brave meetings. This Google Meet utnnnnnnnnn training is to support learning and improve the quality of school administration. After the training, the teachers of SDN I Sukorejo are ready to carry out lessons and meetings using Google Meet. Teachers are assisted by KKN students for two weeks, To ensure the success of the training. The impact of the training results will be measured at the following collaboration forum.

 

Abstrak. SDN I Sukorejo telah melaksanakan pembelajaran daring, namun masih terbatas memanfaatkan program aplikasi WhatsApp. Program aplikasi gratis Google Meet yang memungkinkan terjadinya interaksi aktif antara guru dengan siswa belum pernah digunakan oleh guru SDN I Sukorejo. Ini terjadi karena guru-guru tersebut belum pernah berlatih/dilatih. Oleh karena itu, dosen program studi pendidikan fisika UNIPMA melakukan pelatihan pemanfaatan Google Meet pada guru-guru SDN I Sukorejo untuk keperluan pembelajaran dan pertemuan daring. Pelatihan pemanfaatan Google Meet ini ditujukan sebagai penunjang pembelajaran dan peningkatan kualitas penyelenggaraan sekolah. Setelah pelatihan, guru-guru SDN I Sukorejo telah siap melaksanakan pembelajaran maupun pertemuan daring menggunakan Google Meet. Untuk menjamin keberhasilan pelatihan, guru-guru didampingi oleh mahasiswa KKN selama 2 minggu. Dampak dari hasil pelatihan akan diukur pada forum kerjasama berikutnya.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Tantri Mayasari, Unversitas PGRI Madiun

SCOPUS Author ID: ID 57200986502 Google Scholar: Profil GS SINTA Author Profile: ID 6002402

References

Ajismanto, F. (2021). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE MEET SEBAGAI PENUNJANG KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR BAGI GURU SEKOLAH DASAR NEGERI 170 PALEMBANG. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 6.

Al-Maroof, R. S., Salloum, S. A., Hassanien, A. E., & Shaalan, K. (2020). Fear from COVID-19 and technology adoption: The impact of Google Meet during Coronavirus pandemic. Interactive Learning Environments, 1–16. https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1830121

Amri, M. I. U., Bahtiar, R. S., & Pratiwi, D. E. (n.d.). ‘Dampak Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Anak Sekolah Dasar pada Situasi Pandemi Covid-19.’ 10.

Anggianita, S., Yusnira, Y., & Rizal, M. S. (2020). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan. Journal of Education Research, 1(2), 177–182. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.18

Dewi, W. A. F. (2020). DAMPAK COVID-19 TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR. 2(1), 7.

Jamilah, J. (2020). Guru profesional di era new normal: Review peluang dan tantangan dalam pembelajaran daring. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10(2), 238. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7494

Koehler, M. J., & Mishra, P. (n.d.). What Is Technological Pedagogical Content Knowledge? 11.

Mahbub, Moh. A. (2021). Optimalisasi penggunaan Learning Management System (LMS) dalam pembelajaran virtual untuk guru di lingkungan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Jember. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(1), 107–116. https://doi.org/10.20414/transformasi.v17i1.3055

Maulida, D., Ibrahim, M., Thamrin, M., & Akhwani, A. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring melalui Grup Whatsapp pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3334–3341. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1335

Octafian, D. T., Putri, M. P., & Andriani, E. (2021). Penggunaan Aplikasi Google Meet Sebagai Pendukung Kegiatan Mengajar Saat Menghadapi Pandemi Covid-19 Bagi Guru SD N 149 Palembang. 5, 7.

Rosenberg, J. M., & Koehler, M. J. (2015). Context and Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): A Systematic Review. Journal of Research on Technology in Education, 47(3), 186–210. https://doi.org/10.1080/15391523.2015.1052663

Thesalonika, E., Sitohang, S., Roulina, C. V., Purba, N. A., Sitanggang, S., Sihombing, B., & Simanjuntak, M. (2021). SOSIALISASI PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE MEET BAGI GURU-GURU SD NEGERI 091396 HUTA BAYU PANE KABUPATEN SIMALUNGUN. 1, 6.

Downloads

Published

2022-12-09

Issue

Section

Articles