PELATIHAN WEBSITE E-COMMERCE UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN BUDIDAYA AGLONEMA PADA HEND'Z FLORIST AGLONEMA SAWANGAN DEPOK

Authors

  • Sunarti Sunarti Universitas Bina Sarana Informatika http://orcid.org/0000-0001-8899-8458
  • Dewi Ayu Nur Wulandari Universitas Bina Sarana Informatika
  • Taat Kuspriyono Universitas Bina Sarana Informatika
  • Alsa Diva Salvana Universitas Bina Sarana Informatika
  • Navira Aura Nisa Universitas Bina Sarana Informatika
  • Syafina Anwar Universitas Bina Sarana Informatika
  • Syalysia Luna Fatiha Universitas Bina Sarana Informatika
  • Winda Rahmawati Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.25273/jta.v7i2.13098

Keywords:

e-commerce, aglonema, mentoring, learning by doing, pendampingan

Abstract

Abstract. Aglonema is an ornamental plant that currently has a lot of fans. Aglonema has economic value. There are so many aglonemas in Hend'z Florist Aglonema Sawangan Depok. There are problems faced by Hend'z Florist Aglonema in his cultivation in marketing using only social media such as youtube and conventional word of mouth. Answering the problems of the service team making information technology based on e-commerce websites. The purpose of this activity is to utilize science and technology (IPTEK) for aglonema cultivation business strategy for the creation of welfare based on e-commerce websites. The stages of implementing this service are carried out by providing socialization, training, mentoring, evaluation, simulation, monitoring, and sustainability. The method used is learning by doing, for this method begins with a direct field review to monitor and evaluate the results of the training that has been carried out. The mentoring process in this service includes socialization, training, evaluation, simulation, monitoring, and evaluation. From the results of the assistance carried out by partners, they were able to apply the use of technology by 88%, helping to increase knowledge and skills in the field of digital marketing by 85% and being able to increase the partners' income. To ensure the success of the implementation of community service, the evaluation stage will be carried out at each stage of program development.

 

Abstrak. Aglonema merupakan tanaman hias saat ini banyak sekali peminatnya. Aglonema memiliki value ekonomis. Banyak sekali aglonema ada pada Hend'z Florist Aglonema Sawangan Depok. Ada permasalahan yang dihadapi Hend'z Florist Aglonema pada budidayanya dalam pemasaran hanya menggunakan media sosial seperti youtube dan konvensiaonal dari mulut ke mulut. Menjawab permasalahan tim pengabdi membuat teknologi informasi berbasis website e-commerce. Tujuan kegiatan ini memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) untuk strategi bisnis budidaya aglonema demi terciptanya kesejahteraan berbasis website e-commerce. Tahapan-tahapan terlaksananya pengabdian ini dilakukan dengan pemberian sosialisasi, pelatihan, pendampingan, evaluasi, simulasi, monitoring dan berkelanjutan. Metode yang digunakan ialah learning by doing, untuk metode ini diawali peninjauan langsung kelapangan hingga monitoring dan evaluasi dari hasil pelatihan yang sudah terlaksana. Proses pendampingan dalam pengabdian ini seperti sosialisasi, pelatihan, evaluasi, simulasi, monitoring dan evaluasi. Dari hasil pendampingan yang dilakukan mitra mampu menerapkan penggunaan teknologi sebesar 88%, membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dibidang digital marketing sebesar 85% dan dapat menaikkan pendapatan mitra tersebut. Untuk memastikan keberhasilan pelaksanaan pengabdian masyarakat, maka tahapan evaluasi akan dilakukan pada setiap tahap pengembangan program.

    

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sunarti Sunarti, Universitas Bina Sarana Informatika

Program Studi Sistem Informasi Kampus Kota Bogor, Fakultas Teknik dan Informatika

Dewi Ayu Nur Wulandari, Universitas Bina Sarana Informatika

Program Studi Sistem Informasi Kampus Kota Bogor, Fakultas Teknik dan Informatika

Taat Kuspriyono, Universitas Bina Sarana Informatika

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Alsa Diva Salvana, Universitas Bina Sarana Informatika

Program Studi Sistem Informasi Kampus Kota Bogor, Fakultas Teknik dan Informatika

Navira Aura Nisa, Universitas Bina Sarana Informatika

Program Studi Sistem Informasi Kampus Kota Bogor, Fakultas Teknik dan Informatika

Syafina Anwar, Universitas Bina Sarana Informatika

Program Studi Sistem Informasi Kampus Kota Bogor, Fakultas Teknik dan Informatika

Syalysia Luna Fatiha, Universitas Bina Sarana Informatika

Program Studi Sistem Informasi Kampus Kota Bogor, Fakultas Teknik dan Informatika

Winda Rahmawati, Universitas Bina Sarana Informatika

Program Studi Sistem Informasi Kampus Kota Bogor, Fakultas Teknik dan Informatika

References

Akbar, A. (2021). Penggunaan dan Nilai Ekonomi dari Tanaman Aglaonema sp. di Kalangan Pedagang Tanaman Hias Sekitar Cengkareng dan Pulo Gadun. Jurnal Bios Logos, 11(2), 122–128.

Asnahwati. (2021). Prospek bisnis tanaman hias di masa pandemi COVID-19 (Studi Kasus pada Alhuda Bussiness Community Pekanbaru). Eko Dan Bisnis (Riau Economics and Business Review), 12(3), 307–313.

ES, Y. R., Farida, N., Agustina, R., Ahmad, J., & Rizki, S. (2021). Pendampingan Kegiatan E-Commerce Pada Petani Aglaonema di Pekalongan Lampung Timur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 2(2), 147–156. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v2i2.44

Fasykur, F., & Setyawan, M. B. (2019). Penerapan Smart E-Commerce Guna Pengembangan Produk Lokal Desa Tahunan Kecamatan Tegalombo Pacitan. Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 24. https://doi.org/10.24269/adi.v3i1.1484

Herawatie, D., & Wuryanto, E. (2017). Sistem pendukung keputusan pemilihan mahasiswa berprestasi menggunakan metode. Journal of Information Systems Engineering And Business Intelligence, 3(2), 92–100.

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebriyanto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844

Nurani, N., Eni Widhajati, Eni minarni, & Mukhamad Eldon. (2021). Pelatihan Pemasaran Melalui Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Di PLUT KUMKM Tulungagung. Janita : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 45–52. https://doi.org/10.36563/pengabdian.v1i1.260

Santoso, Kifti, W. M., & Rahayu, E. (2020). E-Commerce Business To Consumers Sarana. Community Development Journal, 1(2), 147–150.

Sunarti, S., Rachmawati, S., & Handayanna, F. (2019). Peningkatan Pendapatan Ukm Pada Hacord Gallery Dengan Aplikasi Web Marketplace E-Commerce. Jurnal Terapan Abdimas, 4(2), 166. https://doi.org/10.25273/jta.v4i2.4840

Wahidin, A. J., Pattiasina, T., Akbar, D. D., Budiyono, P., Informasi, S. T., Komputer, F. I., Bina, U., Informatika, S., Informasi, S. S., Komputer, F. I., Bina, U., Informatika, S., & Pusat, K. J. (2021). Pelatihan E-Commerce dan Membuat Toko Online Pada Asrama Yatim dan Dhuafa Al Alif 165. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasional, 1(1), 38–45.

Wijaya Kesuma Dewi, S., & Hernawan, Y. (2019). Pelatihan Pengembangan Strategi Pemasaran Kopi Palasari Melalui Pembuatan Video Kreatif di Kampung Wisata Edukasi Kopi Palasari Bandung. JURNAL ABDIMAS BSI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 105–116. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas 116

Downloads

Published

2022-07-28

Issue

Section

Articles