PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM BINAAN YAYASAN CINTA BACA INDONESIA

Authors

  • Lulu Setiawati Universitas Matana
  • M. Rachman Mulyandi Universitas Matana
  • Gabriella Mayrene Universitas Matana

DOI:

https://doi.org/10.25273/jta.v7i2.12710

Keywords:

Sosial media, UMKM, Instagram, Media Social, SME

Abstract

Abstract. The advancement of digital technology could help the entrepreneurs to sell their business online. However, it still becomes a challenge for them who don’t have the ability to use the digital technology in boosting their businesses. The lack of this ability was an issue for the founders of Small, Medium Business enterprises under the supervision of Cinta Baca Foundation. The purpose for this community service was to give a workshop how to use media social for SME’s at Lampung and West Java, in  particular  using Instagram as promotion platform to sell their products. The workshop was conducted online using zoom platform. The participants for the workshop mostly ladies who have their businesses in tapis and snacks’ products.  The result from pre-test shown that 97,9% of business owners know and use media social to communicate and 72,3% known about digital marketing, but only 10% from the total respondents has used the platform to promote their products. They didn’t know how to use the platform. This first workshop helped them to have more understanding how to optimize the usage of media social, especially Instagram to promote their products. The result from post-test after the workshop shown that 100% or all the participants had understood the concept of digital marketing and the role of Instagram to promote their products. The participants are hoping that there will be more applied trainings to train them how to use the platform.

 

 

Abstrak. Perkembangan teknologi digital dapat membantu para pelaku UMKM untuk menjual bisnis secara online. Namun hal tersebut masih menjadi tantangan bagi para pelaku usaha kecil dan menengah yang belum semua memiliki kemampuan untuk dapat memanfaatkan teknologi digital yang ada dalam melakukan bisnisnya. Hal tersebut menjadi permasalahan bagi para pelaku UMKM yang menjadi binaan dari Yayasan Cinta Baca Indonesia.  Tujuan  dari  pengabdian  kepada  masyarakat ini  adalah  untuk membantu  memberikan  pelatihan  bagi  para  pelaku  UMKM  di  Lampung  dan Jawa  Barat  untuk memanfaatkan sosial media, terutama instagram sebagai salah alat promosi produk yang mereka jual. Pelaksanaan pelatihan dilakukan secara daring dengan menggunakan media zoom. Pada saat pelatihan para peserta sebagian besar adalah para ibu pengerajin tapis di Lampung dan pembuat makanan ringan di Jawa Barat. Pre-test yang dilakukan sebelum pelatihan awal menunjukkan bahwa para pelaku UMKM tersebut 97,9% telah mengenal dan menggunakan media komunikasi yang ada di platform sosial media dan 72,3% mengetahui tentang digital marketing, namun hanya 10% dari total responden yang telah menggunakannya  untuk  menjual  produk  yang mereka  hasilkan. Hal tersebut dikarenakan  mereka  tidak mengetahui bagaimana cara menggunakannya. Pelatihan awal yang diberikan sangat membantu mereka untuk dapat lebih memiliki pemahaman bagaimana mengoptimalkan penggunaan sosial media terutama instagram di dalam memasarkan produk mereka. Hasil Post-test setelah pelatihan menunjukkan 100% atau keseluruhan peserta telah memahami konsep tentang pemasaran digital dan peran instagram untuk mempromosikan produk mereka. Para pelaku UMKM yang hadir berharap agar ada pelatihan lanjutan yang lebih mengarah ke praktek langsung dalam menggunakan aplikasi.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Lulu Setiawati, Universitas Matana

Manajemen, Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Ilmu Sosial 

M. Rachman Mulyandi, Universitas Matana

Manajemen, Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Ilmu Sosial 

Gabriella Mayrene, Universitas Matana

Manajemen, Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Ilmu Sosial 

References

Dwijayanti, A., & Pramesti, P. (2021). Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19. IKRAITH-ABDIMAS, 4(2), 68-73.

Hadilawati, W. L. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi & Ekonomika, 10(1), 89-98.

Hapsoro, B.B., Palupiningdyah, & Slamet, A. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang. ABDIMAS, 23(2), 117-120.

Jannatin, R., M., Wardhana, W., Haryanto, R., & Pebriyanto, A. (2020), Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Impact: Implementation and Action, 2(2), 1-12

Sulistiyani, E., S. E. (2021). Model Peran Komitmen Afektif Dalam Meningkatkan Kinerja Dosen. Prosiding Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 246-257.

Subakri. (2022). Dimensi Kompetensi dan Produktivitas Tenaga Pendidik dalam Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. Jurnal Qolamuna, 7(2), 213-228.

Julianto, V. (2018). Faktor-Faktor Penghambat Meningkatnya Kemampuan Publikasi di Program Studi Psikologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Psikologi Integratif, 6(2), 131-140.

Suryana, S. (2018). Peran Perguruan Tinggi Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Pendidikan Islam Rabbani, 368-379.

Suprayogi, B., S.E., M.Si., & Razak, A., S.E., MM. (2019). Implementasi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Pendapatan Pelaku UMKM Pamokolan Ciamis. Jurnal Produktif, 3(2), 254-261.

Sulaksono, J., & Zakaria, N. (2020), Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41-48.

Sunardi, N., Sarwani, E., Nurzaman AM., Pranoto, & Hasmanto, R.B. (2020). Peran Digital Marketing dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan UKM yang Berdampak pada Kesejahteraan Masyarakat di Kab. Purwakata di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1), 58-67.

Downloads

Published

2022-07-11

Issue

Section

Articles