PENDAMPINGAN PEMBUATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN BERKONTEKS BUDAYA MATERI GEOMETRI DI KOTA PAGARALAM

Authors

  • Lisnani Lisnani Universitas Sriwijaya
  • Ratu Ilma Indra Putri Universitas Sriwijaya
  • Zulkardi Zulkardi Universitas Sriwijaya
  • Elika Kurniadi Universitas Sriwijaya
  • Dewi Rawani Universitas Sriwijaya
  • Tria Gustiningsih Universitas Sriwijaya
  • Malalina Malalina Universitas Sriwijaya
  • Rini Herlina Universitas Sriwijaya
  • Chika Rahayu Universitas Sriwijaya
  • Arika Sari Universitas Sriwijaya
  • Delia Septimiranti Universitas Sriwijaya
  • Rita Inderawati Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.25273/jta.v7i2.11366

Keywords:

Integrated Community Service, Learning Implementation Plan, Freedom of Learning, Cultural Context, Pengabdian kepada Masyarakat Terintegrasi, Aktivitas Pembelajaran, Merdeka Belajar, Konteks Budaya

Abstract

Abstract. Integrated Community Service (PKM) is a form of service that accommodates a series of activities as a whole. Assistance in making RPP independent learning in a cultural context on geometry material for teachers of SMP, SMA and SMK in Pagar Alam. The purpose of this service activity is to assist teachers in designing learning activities the use of cultural contexts, especially on geometry material. The participants of the integrated PKM activity consisted of 49 people but at the time of mentoring it was only attended by 28 participants. The service activity was carried out for 2 days, on October 5-6, 2021. The methods used during this mentoring activity were the method of presentation, discussion, interactive question and answer, and recitation. The data collection technique used a questionnaire/questionnaire given through a google form consisting of an activity evaluation questionnaire and a participant satisfaction questionnaire for all integrated PKM activities. The results of this service activity showed that 73.48% of the participants had understood the material presented by the resource person. In addition, participants stated that this activity was useful for them, especially in making learning activitis independent in learning to use certain contexts.

 

Abstrak. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang terintegrasi merupakan sebuah bentuk pengabdian yang mengakomodir serangkaian kegiatan secara keseluruhan. Pendampingan pembuatan RPP merdeka belajar berkonteks budaya pada materi geometri bagi guru SMP, SMA dan SMK di Pagar Alam. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah membantu guru dalam merancang aktivitas pmebelajaran merdeka belajar yang sesuai melalui penggunaan konteks budaya terutama pada materi geometri. Peserta kegiatan PKM terintegrasi terdiri dari 49 orang tapi pada saat pendampingan hanya dihadiri oleh 28 orang peserta. Kegiatan pengabdian dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 5-6 Oktober 2021. Metode yang digunakan selama kegiatan pendampingan ini adalah metode presentasi, diskusi, tanya jawab interaktif, dan resitasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/ kuesioner yang diberikan melalui google form yang terdiri dari angket evaluasi kegiatan dan angket kepuasan peserta terhadapa seluruh kegiatan PKM terintegrasi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa adalah 73,48% peserta telah memahami materi yang disampaikan oleh narasumber. Di samping itu, peserta menyatakan bahwa kegiatan ini bermanfaat bagi mereka terutama dalam membuat aktivitas pembelajaran merdeka belajar menggunakan konteks tertentu.

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ratu Ilma Indra Putri, Universitas Sriwijaya

Doctoral Mathematics Education Department

Zulkardi Zulkardi, Universitas Sriwijaya

Doctoral Mathematics Education Department

Malalina Malalina, Universitas Sriwijaya

Universitas Sriwijaya Palembang

References

Arnidha, Y., & Istiani, A. (2018). Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Guru Sekolah Dasar di Kecamatam Negerikaton Kabupaten Pesawaran Propinsi Lampung. International Journal of Community Service Learning, 2(1), 16-21.

Casmudi, Sugianto, Pratama, R.A., Yuliani, T., & Retnowaty. (2021). Pendampingan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berbasis WEB Learning KAHOOT. J-Abdipamas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 67-74.

Evitasari, A.D., & Utaminingtyas, S. (2021). Pendampingan Penyusunan RPP “Satu Halaman†Bagi Guru Sekolah Dasar. Intan Cendekia (Jurnal Pengabdian Masyarakat), 2(1), 1-14.

Fridayanthi, P.D., Puspawati, G.A.M., Sukendra, I.K., (2020). Program Kemitraan Masyarakat RPP Berbasis STEM dan Publikasi Jurnal Ilmiah Guru SMAN 3 Denpasar pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal PKM. Widya Mahadi, 1(1), 22-34.

Kemendikbud. 2019. Surat Edaran No.14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. (online) https://www.dapodik.co.id Accesed on 10th March 2020

Mawardi, Wahyudi, Kristin, F., Airlanda, G. S. (2021). Pendampingan Penyusunan RPP Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Guru SD. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 143 – 153.

Ndiung, S., & Menggo, S. (2021). Pelatihan Penyusunan RPP Merdeka Belajar Bagi Guru SDN Ules Kabupaten Manggarai Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 15-22

Rindarti, E. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Mengembangkan RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 Melalui Pendampingan Berkelanjutan. JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 9(1), 59-74.

Ruhaliah, Sudaryat, Isnendes, R., & Hendrayana, D. (2020). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran “Merdeka Belajar†Bagi Guru Bahasa Sunda di Kota Sukabumi. DIMASATRA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 42-55

Sapo, A., Anas, M., & Tahang, L. (2020). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran IPA Berbasis Levels of Inquiry untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Materi Usaha dan Pesawat Sederhana Tingkat SMP/MTs. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(1), 35- 45

Siagian, R. (2020). Peningkatan Kemampuan Menyusun RPP Merdeka Belajar Melalui Pembinaan Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Inspiratif, 6(3), 60-70.

Susanti, D., Septiana, V.W., Ekawati, R. (2021). PKM pada Guru SD Muhammadiyah Kota Padang tentang RPP & Model Pembelajaran Selama Pandemi COVID19. Menara Pengabdian, 1(1), 19-26.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Retrieved from www.jdih.kemenkeu.go.id. Accesed on 16th March 2020.

Yayuk, E., & Prastiyowati, S. (2019). Pendampingan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013. International Journal of Community Service Learning, 3(4), 222-232.

Downloads

Published

2022-06-28

Issue

Section

Articles