PELATIHAN TES MASUK UNIVERSITAS DAN PERSIAPAN LAMARAN KERJA BAGI SISWA SMA

Authors

  • Ira Irzawati Universitas Katolik Musi Charitas
  • Yustien Supartinah Universitas Katolik Musi Charitas
  • Lisnani Lisnani Universitas Katolik Musi Charitas
  • Anastasia Ronauli Hasibuan Universitas Katolik Musi Charitas

DOI:

https://doi.org/10.25273/jta.v7i2.10960

Keywords:

Application letter, Job interview, TOEFL, TPA, Training, Pelatihan, Surat lamaran kerja, Wawancara kerja

Abstract

Abstract. After graduating from school, students are able to study at the university or start working. However, those that are eager to continue their study to the next level generally encounter difficulty in handling TPA or TOEFL questions as a requirement of admission. Meanwhile, those that are willing to start working find it hard to write an English application letter and anticipate job interview questions. This community service aims to assist the twelfth grader in preparing themselves for studying to the higher level or pursue their career by providing TPA, TOEFL, application letter writing, and job interview training. The training was conveyed through the online presentation, question and answer, and drills. The results showed that the students had positive responses towards the training. The students believed that the training brought benefits and helped them to gain a better understanding and knowledge on the discussed topics. Therefore, the students are more motivated to make a maximum preparation to study at the expected university or pursue a dream work.

 

Abstrak. Setelah lulus dari SMA, siswa dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi atau langsung terjun ke dunia kerja. Namun, siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke universitas umumnya mengalami kendala dalam menjawab soal-soal TPA dan TOEFL yang merupakan tes yang dijadikan sebagai salah satu syarat masuk di beberapa perguruan tinggi. Hal yang sama juga dialami oleh para siswa yang ingin melamar pekerjaan, para siswa mengalami kendala untuk menulis surat lamaran kerja dan mengikuti wawancara kerja. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu siswa kelas XI mempersiapkan diri untuk belajar di perguruan tinggi atau berkecimpung di dunia kerja dengan memberikan pelatihan TPA, TOEFL, penulisan surat lamaran kerja dan wawancara kerja. Pelatihan tersebut diberikan melalui presentasi, tanya jawab, dan latihan online. Hasil kuisioner menunjukkan bahwa para peserta pelatihan memberikan respon positif terhadap kegiatan pelatihan yang diadakan. Para peserta berpendapat bahwa kegiatan pelatihan ini bermanfaat dan memberikan mereka pemahaman dan pengetahuan mengenai topik yang dibahas sehingga mereka lebih bersemangat untuk mempersiapkan diri dengan baik agar dapat belajar atau bekerja di tempat yang diinginkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ira Irzawati, Universitas Katolik Musi Charitas

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Yustien Supartinah, Universitas Katolik Musi Charitas

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Lisnani Lisnani, Universitas Katolik Musi Charitas

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Anastasia Ronauli Hasibuan, Universitas Katolik Musi Charitas

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

References

Azir, I., D., A. (2019). English for jobseekers: Pelatihan keterampilan berbahasa Inggris untuk anak muda pencari kerja di Rumah Siap Kerja Jakarta. Jurnal Surya Masyarakat. 2(1), 20-28.

Azwar, S. (2008). The quality of the Tes Potensi Akademik (TPA). Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 2(12), 231-250.

Bekti, R., D., Jatipaningrum, M., T., Kartiko, & Suryowati. (2018). Peningkatan potensi siswa melalui pelatihan test potensi akademik (TPA). Jurnal Abdimas PHB, 1(2), 98- 104.

Hadi, V, D. 2013. Persiapan Diri Menghadapi TOEFL. Yogyakarta: ANDI.

Herman, M., Seli, S., & Ramdani, D. (2013). Kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan pada siswa SMK Cinta Bumi Khatulistiwa Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1(6), 1-18.

Herwandar, R., Safyono, D., A., & Haryono, P., Y. (2012). Evaluasi program matrikulasi “TOEFL†mahasiswa universitas Al Azhar Indonesia 2010/2011. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Humaniora, 1(3), 179-188.

Juliana, & Amaniarsih, D., S. (2020). Peningkatan pengetahuan dan pemahaman siswa SMA Nurul Hasanah terhadap tes berbahasa Inggris TOEFL. Jurnal SOLMA, 9(1), 143-155.

Rachmawati, D., L., & Fibriyani, V. (2018). Hubungan antara prestasi mahasiswa dan kemampuan berbahasa Inggris dengan lama studi. Jurnal Varian, 1(2), 70-81.

Susilo, G., & Nur’aini, T., A. (2018). Pengaruh Tes Potensi Akademik siswa terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matermatika, 4(1), 21-28.

Utami, S., S., & Pirmansyah, B. (2018). Peningkatan skor test Bahasa Inggris (TOEFL) melalui pelatihan secara intensif. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 6(2), 36-40.

Zahara, S., R., Muliaman, A., & Alvina, S. (2022). Penguatan kompetensi melalui pelatihan tes potensi akademik dalam menghadapi revolusi era 4.0 pada masa new normal. Jurnal Vokasi, 6(1), 47-52

Downloads

Published

2022-06-23

Issue

Section

Articles