Penerapan Model Pjbl untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 8 Subtema 4 pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Aminatus Sa’adah, Sujoko Sujoko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efektivitas model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 8 subtema 4 di kelas III Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan observasi dan refleksi sebagai alat pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PjBL memberikan dampak positif dalam pembelajaran, dengan siswa menjadi lebih aktif, termotivasi, dan terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus pertama ke siklus kedua menunjukkan bahwa PjBL adalah model pembelajaran yang efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran. Hambatan-hambatan yang ditemukan pada siklus pertama berhasil diatasi pada siklus kedua melalui refleksi dan perbaikan. Kesimpulannya, PjBL dapat dijadikan pilihan yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan relevan. Upaya terus menerus dalam mengimplementasikan PjBL secara baik dan terarah dapat membawa perubahan positif dalam dunia pendidikan.


Keywords


Model Pembelajaran PjBL, Hasil Belajar, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Billy, G., Sutrisna, B., Wayansujana, I., & Ganing, N. N. (2019). Model Project Based Learning Berlandaskan Tri Hita Karana Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Adat dan Budaya, 1(2). 86-87.

Efrimal, F., Kurnia, N., & Wasidi. (n.d.). (2017). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kecermatan dan Kreasi Seni Rupa (Studi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Seluma). Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2), 55-58.

Hakim, A. (2020). Teori Pendidikan Seumur Hidup dan Pendidikan Untuk Semua. Jurnal Teori Pendidikan 1(2). 62.

Marzuki, K., & Natsir, N. (n.d.). (2021). Model Project Based Learning dalam Setting Pembelajaran Daring pada Pebelajar Orang Dewasa (Studi pada Program Kesetaraan Satuan Pendidikan Nonformal). 1956-1958.

Mayangsari, S. N. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa dengan Project Based Learning (PjBL). Jurnal Ilmiah. 19(2). 34-35.

Desi, B. B., & Sholeh H. (n.d). (2022) Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4(6). 7912.

Rahman, S. (n.d.). (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. 297-298.

Tampubolon, R. A., Sumarni, W., & Utomo, U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3125–3133.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1291

Antara, G. B., Suka Arsa, I. P., & Adiarta, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X BB2. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 8(2). 56-57.

Widayati, A. (n.d.). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia.8(1).


Article Metrics

Abstract has been read : 131 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/.v2i1.17525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aminatus Sa’adah, Sujoko Sujoko

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Riset Pendidikan (JRP) published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.

Adress: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.