Sarana dan prasarana PJOK pada Sekolah Menengah Pertama se-Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen

Sandi Ilmi Risky, Anugrah Nur Warthadi, Nurhidayat Nurhidayat

Abstract


Tujuan dari penelitian ini diantaranya yaitu untuk mengetahui ketersediaan, tingkat kesesuaian serta mengetahui status kepemilikan dari sarana dan prasarana di SMP Negeri Se-Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Hasil dari analisis data mengenai ketersediaan sarana dan prasarana dapat disimpulkan bahwa di SMP N 1 Sidoharjo sebanyak 324 dengan kondisi baik sejumlah 285. Sedangkan sarana prasarana yang kondisinya buruk sebanyak 39 dan memerlukan perbaikan maupun pembaruan agar dapat digunakan dengan maksimal. Ketersediaan sarana prasarana pada SMP N 2 Sidoharjo totalnya berjumlah 146, jumlah ini lebih sedikit dibandingkan dengan SMP N 1 Sidoharjo. Sarana prasarana yang dalam kondisi baik berjumlah 120 sedangkan sebanyak 26 kondisinya buruk. Status kepemilikan dari semua sarana dan prasarana dari SMPN 1 Sidoharjo sebanyak 324 dan SMPN 2 Sidoharjo sebanyak 146 merupakan kepemilikan pribadi sekolah dan bukan sistem sewa. Sedangkan untuk tingkat kesesuaian dari sarana prasarana SMP N 1 Sidoharjo mencapai 86,36% yang berarti masuk pada kategori Baik. Sedangkan tingkat kesesuaian dari sarana prasarana SMP N 2 Sidoharjo mencapai angka 72,72% yang artinya masuk pada kategori Baik.


Keywords


Ketersediaan, Kesesuaian, Status Kepemilikan, Sarana, Prasarana.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006a). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2006b). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatakan Praktik. Alfabeta.

Arman. (2014). Survei Sarana Prasarana Olahraga dengan Efektivitas Pembelajaran Penjasorkes SMP Negeri Kecamatan Dampal Selatan Kabupaten Tolitoli. E-Journal Tadulako Physical Education, Health And Recreation, 2(6), 1–15.

Bangun, S. Y. (2012). Analisis Tujuan Materi Pelajaran dan Metode Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Cerdas Sifa Pendidikan, 1(1), 1–10.

Cahyati, N. N., & Hariyanto, E. (2019). Survei Sarana dan Prasarana dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Pasuruan. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(2), 111–120.

Doni, I. M., Wahjoedi, H., & Semarayasa, I. K. (2020). Surve Sarana dan Prasarana PJOK SMP Se-Kecamatan Tegallalang-Gianyar. Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, 8(2), 75–80.

Febrianto, E., Mutaqim, N. S., & Atmaja, N. M. K. (2022). Survei Sarana dan Prasarana Pembelajaran PJOK SMP Se-Kecamatan Pinoh Selatan. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 9(1), 20–40.

Hardianti, I. (2011). Survei Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA Negeri Se-Kabupaten Kudus Tahun Ajaran 2010/2011. UNNES.

Harsono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Jasmine.

Jais, S. (2021). Survei Sarana dan Prasarana Pendiidkan Jasmani di Sekolah SMP Negeri se-Kecamatan Bua Kabupaten Luwu. Universitas Muhammadiyah Palopo.

Komarudin, & Subekti, B. H. (2021). Tingkat Kepuasan Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Pjok Daring Level of Student Satisfaction Towards Characteristic Learning. Jambura Health and Sport Journal, 3(1), 16–23.

Lengkana, A. S., & Sofa, N. S. N. (2017). Kebijakan Pendidikan Jasmani dalam Pendidikan. Jurnal Olahraga, 3(1), 1–12.

Lestari, L. K. G. A. D., Parwata, I. G. L. A., & Dartini, N. P. D. S. (2020). Keterserdiaan Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pjok Tingkat SMP Se-Kecamatan Pupu. Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, 8(3), 124–132.

Mahardika, W. A. (2009). Studi Keadaan Sarana dan Prasarana Penunjang Aktifitas Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten Tahun 2009. Universitas Sebelas Maret.

Mahendra, A. (2004). Azas dan Falsafah Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdikbud.

Melyza, A., & Agus, R. M. (2021). Siswa Terhadap Proses Penerapan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Pandemi Covid-19 Di Sma Negeri 1 Padang Cermin. Journal of Physical Education (JouPE), 2(1), 8–16.

Muhammad, A. (1993). Strategi Penelitian Pendidikan.

Prasetya, R. P. E., & Sudarso. (2019). Survei Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA Negeri Se-Kabupaten Trenggalek. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(2), 157–160.

Pratama, A. C., & Kuntjoro, B. F. T. (2018). Survei Sarana Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Menengah Pertama dan Sederajat. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 6(3), 561–564.

Pratama, D. Y., & Wisnu, H. (2019). SURVEI SARANA PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SD NEGERI SE-GUGUS 1 DI KECAMATAN WONOAYU KABUPATEN SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(3), 499–502.

Ristyanto, W. (2017). Survei Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Sekolah Menengah Kejuruan Se-Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul. Universitas Negeri Yogyakarta.

Soepartono. (2000). Sarana dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sudibyo, N. A., & Nugroho, R. A. (2020). Survei Sarana dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Pringsewu Tahun 2019. Journal of Physical Education (JouPE), 1(1), 18–24.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&d dan Penelitian Pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan.

Suherman, A. (2000). Dasar-Dasar Penjaskes. Jakarta: Depdiknas.

Suwito, M. (2010). Survei Sarana Prasarana Pembelajaran Penjas SD Se-Kecamatan Mijen Kota Semarang. UNNES.


Article Metrics

Abstract has been read : 150 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jpos.v5i2.16396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.