Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan Masalah Fisika
Abstract
Kemampuan berpikir tingkat tinggi memiliki peranan penting dalam membentuk karakter kreatif dan kritis seseorang dalam menyelesaikan permasalahan fisika. Kemampuan berpikir tingkat tinggi pada umumnya didukung oleh kualitas pemahaman konsep seseorang, dalam artian kualitas pemahaman seseorang terhadap suatu konsep sinergi dengan kualitas kemampuan berpikir tingkat tingginya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan kausalitas antara pemahaman konsep dengan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pemecahan masalah fisika berdasarkan data penelitian yang telah dilakukan di kelas X IPA 2 SMAN 4 Jember. Data pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif diperoleh melalui pre-test dan post-test menggunakan tes objektif dan uraian. Data hasil penelitian tersebut dianalisis menggunakan analisis regresi linier dan dijelaskan secara deskriptif berdasarkan n-gain pada masing-masing indikator pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif. Kajian tentang hubungan kausalitas antara pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif menunjukkan bahwa keduanya memiliki pengaruh yang saling konstruktif dalam menghasilkan penyelesaian yang komprehensif dari suatu permasalahan fisika.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arends, R. I. (2012). Learning to Teach: Ninth Edition. USA: The McGraw-Hill Companies
Ennis, R. H. (1995). Critical Thinking. Illionis: Prentice Hall
Guilford, J. P. (1967). The Nature of Human Intelligence. New York: McGraw-Hill
Johnson, S. (2010). Where Good Ideas Come From. New York: Riverhead books
Kao, G. Y.-M., Lin, S. S. J., & Sun, C.-T. (2008). Breaking Concept Boundaries to Enhance Creative Potential: Using Integrated Concept Maps for Conceptual Self-Awareness. Elsevier: Computer & Education 51, 1718-1728
Kim, K. (2007). The Two Torrance Creativity Test: The Torrance Test of Creative Thinking and Thinking Creatively in Action and Movement. In Ai-Girl Tan (Ed). Creativity A Handbook for Teacher, 117-141. Singapore: World Scientific Publishing Co. Pte. Ltd
Krathwohl, D. R. & Anderson, L. W. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Obejctives. New York: Longman
McGregor, D. (2007). Thinking; Developing Learning. A Guide to Thinking Skills in Education. McGrawHill: Open University Press
Munandar, Utami (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Susanto, H. A. (2011). Pemahaman Pemecahan Masalah Pembuktian Sebagai Sarana Berpikir Kreatif. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 189-196. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Trianggono, M. M. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendekatan Konsep untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA. (Tesis, Universitas Negeri Surabaya)
Wulandari, Anis Elyana. (2016). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemahaman Konsep terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ekuivalen Vol 24 No. 2
Article Metrics
Abstract has been read : 5599 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jpfk.v3i1.874
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Universitas PGRI Madiun
Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
Lt 2 Office Physics Education
email : jpfk@unipma.ac.id
Copyright Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) ISSN 2442-8868 (printed) , ISSN 2442-904X (online)
JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN KEILMUAN by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPFK/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.