APAKAH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING MAMPU MELATIHKAN KETERAMPILAN ABAD 21?

Tantri Mayasari, Asep Kadarohman, Dadi Rusdiana, Ida Kaniawati

Abstract


Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin pesat, peran pendidikan menjadi sangat penting dalam mempersiapkan peserta didik agar memiliki keterampilan abad 21. Salah satu upaya untuk menjawab tantangan ini dengan merubah peran guru dari dari penyedia dan peyampai informasi menjadi fasilitator untuk berbagi informasi dan pengetahuan serta melatihkan kemampuan memecahkan masalah kepada peserta didik. Pembelajaran konstruktivisme menjadi salah satu alternatif dalam melatihkan keterampilan abad 21. Model pembelajaran project based learning dan problem based learning menjadi model yang paling poluler pada pendekatan konstruktivisme. Namun, masih banyak para pendidik yang mengalami kebingungan dalam membedakan dan mengoperasikan  kedua model pembelajaran ini. Oleh karena itu, artikel ini mengulas persamaan dan perbedaan antara project based learning dan problem based learning, serta menjawab apakah kedua model pembelajaran tersebut mampu melatihkan keterampilan abad 21.


Keywords


Problem Based Learning; Project Base Learning; Keterampilan

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 39157 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.








Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) Indexed by :

 

Office:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
Lt 2 Office Physics Education
email : jpfk@unipma.ac.id


Copyright Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFKISSN 2442-8868 (printed) , ISSN  2442-904X (online)
real
time web analyticsView My Stat