MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PERLOMBAAN DI KELOMPOK B TK PERWANIDA KOTA MADIUN TAHUN PELAJARAN 2011/2012
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v4i2.966Keywords:
Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan PerlombaanAbstract
Keberhasilan pendidikan anak usia dini merupakan landasan bagi keberhasilan pendidkan pada  jenjang berikutnya. Usia dini merupakan “usia emas†bagi seseorang, artinya bila seseorang pada masa itu mendapat pendidikan yang tepat, maka ia memperoleh kesiapan belajar yang baik yang merupakan salah satu kunci utama bagi keberhasilan belajarnya pada jenjang berikutnya
Kondisi yang dianjurkan para pakar pendidikan untuk melejitkan kecerdasan logis-matematis adalah menjadikan anak mencintai matematika. Mencintai matematika bagi anak-anak  dengan pendekatan permainan  matematika sesuai  dengan tujuan kurikulum  pendidikan matematika TK/RA.
Untuk meningkatkan kemampuan anak mengenal konsep bilangan dan lambangnya, maka peneliti mencoba menggunakan strategi pembelajaran melalui kegiatan perlombaan. Hal ini dapat menarik minat dan semangat belajar anak  mengenal konsep bilangan dan lambangnya. Setiap konsep bilangan dan lambangnya yang dipelajari, disertai gambar yang menarik lalu menyampaikan atau mengenalkannnya  kepada anak. Anak menjadi terkesan dan bersemangat  dalam belajar. Dengan demikian, anak mudah mengingat setiap konsep bilangan dan lambangnya yang dipelajari. Diharapkan setelah semua konsep bilangan dan lambangnya dikenal, memudahkan anak untuk menghitung pada  waktu yang akan datang. Perlombaan
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak mengenal konsep bilangan melalui perlombaan pada kelompok B di TK Perwanida Josenan Kota Madiun.
Dari hasil penelitian yang dilakukan Saat pra siklus. Presentase anak yang sudah dapat menghitung benda 1-10 sebesar 60% meningkat pada siklus I sebesar 68%. Presentase anak yang sudah dapat menjumlah benda 1-10 pada pra siklus sebesar 52% meningkat pada siklus II sebesar 64%. Presentase anak yang sudah dapat menghitung benda 1-10 pada siklus I sebesar 68% meningkat pada siklus II sebesar 88%. Presentase anak yang sudah dapat menjumlah benda 1-10 pada siklus I sebesar 64% meningkat pada siklus II sebesar 84%. Hal ini dapat dikatakan berhasil.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.