PENGGUNAAN METODE BERMAIN ALAT MANIPULATIF DALAM MENINGKATKAN MINAT MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA SISWA KELOMPOK B TK ISLAM AR RIDLO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Mudji Astuti

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui manfaat penggunaan alat bermain manipulatif dalam meningkatkan minat mengenal konsep bilangan siswa kelompok B tk Ar Ridlo  Kota Madiun. Metode bermain alat manipulatif adalah bermain yang melibatkan koordinasi tangan-mata dan keterampilan motorik. Anak-anak membutuhkan kesempatan untuk bekerja pada keterampilan halus yang melibatkan sedikit kontrol lebih dan arah. Bermain manipulatif mengembangkan rasa koordinasi, menantang jari kecil mereka untuk mengikuti garis atau menggunakan alat-alat mereka benar. 

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Masing-masing siklus meliputi kegiatan (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Validitas data yang digunakan adalah trilinguasi peneliti dan trilinguasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Indikator penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini adalah minat mengenal konsep bilangan pada siswa kelompok B dengan menggunakan metode bermain alat manipulatif. Penelitian ini berlangsung 2 (dua) siklus , hasil penelitian siklus I, rata-rata 68% anak dapat menghitung benda 1-10, naik menjadi 88% pada siklus II, terdapat 64% anak yang dapat menjumlahkan benda 1-10 pada siklus I, dan naik menjadi 84% pada siklus II

Keywords


Alat Manipulatif, Konsep Bilangan

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 739 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jcare.v4i2.959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)



Jurnal Care published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
PE has ISSN: 2355-2034 (printed) & ISSN: 2527-9513 (online)

Creative Commons License
Jurnal Care by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats