HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI

Mochammad A. Tomtom

Abstract


Kajian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan bahasa anak usia dini. Hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan khususnya pengembangan kemampuan bahasa anak usia dini. Hal ini dilakukan karena ketidakmerataan kemampuan komunikasi anak usia dini yang notabene berpengaruh terhadap ketercapaian tujuan pendidikan di lembaga pendidikan anak usia dini. Permasalahan lain yang melatarbelakangi kajian ini adalah rendahnya kesadaran masyarakat dalam mendukung perkembangan peserta didik. Orang tua peserta didik cenderung ‘pasrah’ kepada guru-guru di Satuan Pendidikan dalam hal perkembangan peserta didik. Selain itu, orang tua peserta didik juga memberikan tekanan kepada peserta didik untuk giat belajar agar dapat berprestasi. Hal ini berakibat buruk pada perkembangan peserta didik yang notabene juga berpengaruh pada proses pembelajaran di Satuan Pendidikan. Berdasarkan permasalahan-permasalahan di tersebut, dilakukan kajian ini untuk menguraikan hubungan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan bahasa anak usia dini.


Keywords


pola asuh, perkembangan bahasa

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 5740 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jcare.v4i2.958

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)



Jurnal Care published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
PE has ISSN: 2355-2034 (printed) & ISSN: 2527-9513 (online)

Creative Commons License
Jurnal Care by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats