PERMAINAN POLI DANA UNTUK MENUMBUHKAN KECERDASAN FINANSIAL PADA ANAK USIA DINI

Nik Amah, Novita Erliana Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan permainan POLI DANA (Monopoli Kecerdasan Finansial) untuk menumbuhkan kecerdasan finansial pada anak usia dini. Selain itu juga untuk mengetahui kualitas atau kelayakan permainan POLI DANA. Desain penelitian menggunakan desain penelitian dan pengembangan.

Pengembangan permainan menggunakan 5 tahap yaitu concept (konsep pengembangan), design (perancangan), material collecting (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan/ perakitan), testing (uji coba/ penilaian). Uji coba penelitian dan pengembangan terbagi ke dalam uji coba kelompok kecil yang melibatkan 5 orang peserta didik dan 2 guru pada PAUD Amanah Ponorogo sebagai subyek uji coba. Sedangkan uji coba kelompok kelompok besar melibatkan 10 orang peserta didik dan 4 guru pada PAUD Amanah Ponorogo sebagai subyek uji coba.Teknik pengumpulan data menggunakan  angket untuk memperoleh data kuantitatif berupa data penilaian dari subyek uji coba. Selain itu juga menggunakan wawancara dan observasi untuk mendapatkan data kualitatif tentang saran, kritik untuk perbaikan permainan.  Penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) permainan POLI DANA untuk menumbuhkan kecerdasan finansial pada anak usia dini berhasil dikembangkan melalui beberapa tahap, yaitu concept (konsep pengembangan), design (perancangan), material collecting (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan media), testing (uji coba atau penilaian); 2) hasil uji coba kelompok kecil maupun uji coba kelompok besar menunjukkan penilaian terhadap produk permainan POLI DANA termasuk dalam kategori “sangat baik”. Dengan demikian, permainan POLI DANA yang dikembangkan dianggap layak diterapkan pada anak usia dini sebagai salah satu permainan edukatif untuk menumbuhkan kecerdasan finansial.


Keywords


permainan poli dana, kecerdasan finansial, anak usia dini

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 1313 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jcare.v4i2.957

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)



Jurnal Care published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
PE has ISSN: 2355-2034 (printed) & ISSN: 2527-9513 (online)

Creative Commons License
Jurnal Care by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats