PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BIDANG PENGEMBANGAN KOGNITIF PEMBAHASAN MENGENAL KONSEP SAINS BAGI SISWA TK DHARMA WANITA DESA DUWET KECAMATAN PAKEL KABUPATEN TULUNGAGUNG SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2006/2007 MELALUI MOTIVASI DAN KREATIVITAS GURU

Authors

  • Minarsih Minarsih TK DWP DUWET TULUNGAGUNG
  • Isna Alfi IKIP PGRI MADIUN

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v2i1.858

Keywords:

Peningkatan Prestasi Belajar, Motivasi dan Kreativitas Guru yang Tinggi

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan: (1.) Mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa. (2.)  Mengetahui pengaruh metode pembelajaran kooperatif model gotong royong bagi prestasi belajar siswa. Hipotesis dalam penelitian ini  jika guru menerapkan dengan motivasi dan kreativitas guru yang tinggi maka hasil belajar sains siswa akan mengalami peningkatan.

Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara dan tes. Analisis data keberhasilan tes awal 39,38%, tes siklus I 61,89% dan tes siklus II 91,25%. Aktivitas guru dalam pembelajaran awal 70,83%, siklus I 70,83% dan siklus II 87,50%. Aktivitas siswa dalam pembelajaran dari awal 55,00% siklus I 72,50% dan siklus II 96,25%. Angket respon siswa dari awal 1,20, siklus I 1,28 dan siklus II 1,77 dari uraian di atas dapat disimpulkan adanya peningkatan dan respon siswa tergolong positif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta Rineksa Cipta

Hadi, Sutrisno. 1982. Metodologi Research, Jilid 1. Yogyakarta: YP. Fak. Psikologi UGM

Margono, S. 1996. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineksa Cipta

Nur, Muhammad. 1996. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.

Downloads

Published

2017-01-09

Issue

Section

Articles