PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BIDANG PENGEMBANGAN KOGNITIF PEMBAHASAN MENGENAL KONSEP SAINS BAGI SISWA TK DHARMA WANITA DESA DUWET KECAMATAN PAKEL KABUPATEN TULUNGAGUNG SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2006/2007 MELALUI MOTIVASI DAN KREATIVITAS GURU
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v2i1.858Keywords:
Peningkatan Prestasi Belajar, Motivasi dan Kreativitas Guru yang TinggiAbstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan: (1.) Mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa. (2.)  Mengetahui pengaruh metode pembelajaran kooperatif model gotong royong bagi prestasi belajar siswa. Hipotesis dalam penelitian ini jika guru menerapkan dengan motivasi dan kreativitas guru yang tinggi maka hasil belajar sains siswa akan mengalami peningkatan.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara dan tes. Analisis data keberhasilan tes awal 39,38%, tes siklus I 61,89% dan tes siklus II 91,25%. Aktivitas guru dalam pembelajaran awal 70,83%, siklus I 70,83% dan siklus II 87,50%. Aktivitas siswa dalam pembelajaran dari awal 55,00% siklus I 72,50% dan siklus II 96,25%. Angket respon siswa dari awal 1,20, siklus I 1,28 dan siklus II 1,77 dari uraian di atas dapat disimpulkan adanya peningkatan dan respon siswa tergolong positif.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta Rineksa Cipta
Hadi, Sutrisno. 1982. Metodologi Research, Jilid 1. Yogyakarta: YP. Fak. Psikologi UGM
Margono, S. 1996. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineksa Cipta
Nur, Muhammad. 1996. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.
Downloads
Published
Issue
Section
License

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.