STRATEGI GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 PAUD (STUDI KASUS DI TK ANNUR II MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA)

Milda Wiranti, Novi Cynthia Yusnita, Nur Saadah, Istiningsih Istiningsih, Mohamad Agung Rokhimawan

Abstract


Abstract Strategy is an important thing that is one of the determinants of success in realizing the 2013 curriculum as expected. Therefore, researchers conducted a case study conducted at TK Annur II Yogyakarta. This research aims to identify and describe the strategies used by teachers in the implementation of the 2013 Curriculum at TK Annur II Yogyakarta. This research is a qualitative descriptive study with a case study research design. Data collection techniques used in the form of observation of students, interviews with teachers and principals, and documentation. Based on the results of data analysis, several findings related to the teacher's strategy in implementing the 2013 Curriculum were: a) the teacher had a discussion in the process of preparing the RPPH; b) the teacher prepares the RPPH through the appropriate steps; c) the teacher carries out detailed learning; d) the teacher as a facilitator; e) the teacher provides character education; f) the teacher guides the child in learning in accordance with a scientific approach; g) the teacher chooses and uses various methods, media, and learning resources, h) the teacher makes authentic assessments; i) the teacher chooses and uses various assessment techniques; and j) the teacher provides learning development.

Abstrak Strategi merupakan hal penting yang menjadi salah satu penentu keberhasilan dalam mewujudkan kurikulum 2013 sebagaimana yang diharapkan. Oleh karena itu, peneliti melaksanakan studi kasus yang dilaksanakan di TK Annur II Yogyakarta.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi yang digunakan guru dalam implementasi Kurikulum 2013 di TK Annur II Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpukan data yang digunakan berupa observasi terhadap siswa, wawancara kepada guru dan kepala sekolah, serta dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh beberapa temuan terkait strategi guru dalam implementasi Kurikulum 2013, yaitu: a) guru melakukan diskusi dalam proses penyusunan RPPH; b) guru menyusun RPPH melalui langkah-langkah yang sesuai; c) guru melaksanakan pembelajaran secara rinci; d) guru sebagai fasilitator; e) guru memberikan pendidikan karakter; f) guru membimbing anak dalam belajar sesuai dengan pendekatan saintifik; g) guru memilih dan menggunakan metode, media, dan sumber belajar yang bervariasi, h) guru melakukan penilaian otentik; i) guru memilih dan menggunakan teknik penilaian yang bervariasi; dan j) guru memberikan pengembangan pembelajaran. 


Keywords


strategy of teacher; implementation; curriculum 2013; strategi guru; implementasi; kurikulum 2013

Full Text:

PDF

References


Andriyanto, Tri. (2017). Peran Guru

dalam Implementasi Kurikulum

Studi Kasus pada TK Mentari

Kec. Abung Selatan Kab. Lampung

Utara. Jurnal Elementary 3 (1)

Alawiyah, Faridah. (2013). Peran Guru

Dalam Kurikulum 2013. Jurnal

Aspirasi 4 (1).

Ardianingsih, Febrita, Siti Mahmudah,

Edy Rianto. (2017). Peran Guru

dalam Implementasi Kurikulum

Pendidikan Khusus pada

Sekolah Luar Biasa di Sidoarjo.

Jurnal Pendidikan 2 (1).

Harjanto. (2003). Perencanaan

Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan

Pembelajaran Implementasi

Kurikulum 2013. Bandung: Yrama

Widya.

Kemendikbud. (2012). Draft

Pengembangan Kurikulum 2013.

Jakarta: Badan Pengembangan

Sumber Daya Manusia Pendidikan

dan Kebudayaan dan Penjaminan

Mutu Pendidikan.

Magno, Cario & Sembrano, Josefina.

(2007). The Role Of Teacher

Efficacy and Characteristics on

Teaching Effectiveness,

Performance, and Use of LeanerCentered Practices. The Asia

Pacific Education Researcher. 16

(1)

Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan

Implementasi Kurikulum 2013.

Bandung: Remaja Rosdakarya

Sanjaya, Wina. (2011). Strategi

Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sudjimat, Dwi, A. (2014). Perencanaan

Pembelajaraan Kejuruan. Malang:

UM Press.

Toth, Peter. (2012). Learning Strategies

and Style in Vocational Education.

Acta Polytechnica Hungarica. 9 (3).

Winda, Sri & Khotimatul. (2020).

Penilaian Autentik Pada

Pembelajaran Kreativitas Anak

Usia Dini di Annur I Sleman

Yogyakarta. Jurnal Raudhah. 8 (1).

Zulfa. (2014). Implementasi Kurikulum

dan Strategi Pembelajaran

Pendidikan Agama Islam Pada

PAUD. Jurnal Kajian Pendidikan

Islam Mudarrisa. 6 (1).


Article Metrics

Abstract has been read : 10194 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/jcare.v8i2.8558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN