PEMANFAATAN MEDIA BAHAN ALAM SEBAGAI BENTUK KEPEDULIAN ANAK TERHADAP LINGKUNGAN

Wafa’ Maulida Zahro’, Giyoto Giyoto

Abstract


Abstract The environment around the child can be something useful to be optimized as material in learning activities in PAUD as long as it is relevant to learning competencies and learning objectives to be achieved by students. One of the things that is interesting is the use of the environment from natural materials that can attract the attention of educators, children's creativity can be developed, one of which is by presenting or playing tools that can be obtained from anywhere as long as it is educational and safe for students. This study aims to develop a learning strategy with the implementation of using natural media in increasing the creativity of students. The research was conducted at TK Aisyiyah Branch Kartasura with descriptive qualitative research methods. The results showed that in the application of learning that utilizes natural media in the environment that runs in accordance with the objectives to be achieved by being carried out with a careful planning process, the process of implementing activities, and a request to see the abilities possessed by students. 

Abstrak Lingkungan yang ada disekitar anak dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk dioptimalkan sebagai bahan dalam kegiatan pembelajaran di PAUD selama hal tersebut relevan dengan kompetensi belajar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai oleh anak didik. Salah satu hal yang menarik adalah pemanfaatan lingkungan dari bahan alam yang bisa menarik perhatian pendidik, kreativitas anak dapat dikembangkan salah satunya dengan cara pemberian media atau alat permainan yang dapat diperoleh dari mana saja selama hal tersebut bersifat edukatif dan aman bagi anak didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi pembelajaran dengan implementasi penggunaan media bahan alam dalam meningkatkan kreativitas anak didik. Penelitian dilakukan di TK Aisyiyah Cabang Kartasura dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan pembelajaran yang memanfaatkan media bahan alam yang ada dilingkungan sekitar dapat berjalan lancar sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai apabila dilakukan dengan proses perencanaan yang matang, pelaksaan proses kegiatan sesuai rencana, dan adanya penilaian untuk mengetahui kemampuan yang dimiliki oleh anak didik. 


Keywords


natural material media; play; creativity; media bahan alam; bermain; kreativitas

Full Text:

PDF

References


Asmawati, Luluk. (2014). Perencanaan

Pembelajaran PAUD. Bandung:

PT Remaja Rosdakarya.

Lexy J. Moleong, 2013. Metode

Penelitian Kualitatf. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Montolalu. (2006). Bermain dan

Permainan Anak. Jakarta:

Universitas Terbuka.

Mulyani, Novi. (2017). Pengembangan

Seni Anak Usia Dini. Bandung:

PT Remaja Rosdakarya.

Rachmawati, Yuni dan Euis Kurniati.

Strategi Pengembangan

Kreativitas Pada Anak. Jakarta:

Prenada Media Group.

Ria Yukananda (2012). Penggunaan

Media Bahan Alam dalam

Peningkatan Keterampilan

Mencetak Timbul Siswa Kelas II

SDN Lemahduwur Tahun Ajaran

/2012. Surakarta: UNS FKIP.

Sabri, Ahmad. (2005). Strategi Belajar

Mengajar dan Micro Teaching.

Jakarta: PT. Ciputat Press.

Subar Junanto, L. P. (2018). Evaluasi

Program Standar Kompetensi

Lulusan Al Quran (SKL Al

Quran) Di Jurusan Pendidikan

Islam Anak Usia Dini Fakultas

Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan

IAIN Surakarta Tahun 2017. At

Tarbawi, 1-11.

Subar Junanto, N. A. (2018). Evaluasi

Program Pembelajaran di PAUD

Inklusi dengan Model Context,

Input, Process, and Product

(CIPP) . INKLUSI: Journal of

Disability Studies , 179-194

Vanni Miza Oktari. (2017) Penggunaan

Media Bahan Alam dalam

Pembelajaran di Taman KanakKanak Kartika 1-63 Padang.

PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan

Anak Usia Dini, 50

Zaman, B., Hernawan, A.H. dan

Eliyawati, C. (2005). Media dan

Sumber Belajar TK. Modul


Article Metrics

Abstract has been read : 1825 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jcare.v8i2.8557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Care published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
PE has ISSN: 2355-2034 (printed) & ISSN: 2527-9513 (online)

Creative Commons License
Jurnal Care by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats