IMPLEMENTASI FILSAFAT PERENIALISME DALAM KURIKULUM 2013 PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Nadiya Ulya, M Maemonah

Abstract


Pada saat ini yaitu era modern yang dianggap sebagai sebuah symbol atau tanda kemajuan dalam berpikir, sehingga hal tersebut menjadi tonggak kemanusiaan dalam membentuk sebuah hubungan lebih baik satu sama lain. Akan tetapi tidak semua orang yang dapat merasakan dampak dari kemajuan tersebut, jika melihat kondisi kemanusiaan yang ada pada saat ini maraknya terjadi kemerosotan akhlak dan kekerasan, padahal mereka yang melakukan hal tersebut hidup pada era modern yang jauh lebih maju dari masyarakat yang hidup di era pra-modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemikiran perenialisme dapat diimplementasikan pada kurikulum 2013 pendidikan anak usia dini dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepustakaan (Library Research), dengan pendekatan kualitatif . Pengambilan sumber data melalui pengamatan dan menelaah yang mendalam guna menjaga kualitas data menjadi baik selain itu juga peneliti melakukan wawancara kepada salah satu guru TK Qurratul ‘Ain. Adapun observasi yang dilakukan dengan melihat fakta yang sedang terjadi dalam pendidikan anak usia dini. Pendidikan menurut pemikiran perenialisme adalah menekankan pada nilai-nilai luhur dan norma-norma agama dan memberikan latihan dan pembinaan dalam berpikir selama proses pembelajaran merupakan hal yang penting, dalam hal ini pendidik lebih dominan dari pada anak murid. Filsafat perenialisme dalam kurikulum 2013 pendidikan anak usia dini merupakan sebuah upaya pembentukan karakter anak yang memiliki moral, menjunjung tinggi nilai kebaikan yang yang bernilai luhur. Dalam proses belajar tentunya diperlukan interaksi antara pendidik dan peserta didik, pendidik memerlukan metode dalam pembelajaran agar lebih menyenangkan.


Keywords


Implementasi, Perenialisme, Kurikulum 2013

Full Text:

PDF_1

References


Afiyah, I. N. (2020). Filsafat Perenialisme Dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. (Japra) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (Japra), 3(2), 52–70. Https://Doi.Org/10.15575/Japra.V3i2.8885

Afnita, J., & Maemonah, M. (2020). Pemikiran Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyah. Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 1(02), 36–48. Https://Doi.Org/10.24127/J-Sanak.V1i02.203

Anik Lestariningrum. (2017). Perencenaan Pembelajaran Anak Usia Dini. Adjie Media Nusantara.

Dwi Yulianti. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains Di Taman Kanak-Kanak (1 Ed.). Pt Indeks.

Friska Fitriani Sholekah. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Http://Ejournal.Kopertais4.Or.Id/Tapalkuda/Index.Php/Cej/Article/View/3620

Hanif, Muh. (2014). Tinjauan Filosofis Kurikulum 2013. Insania : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 19(1), 87–114. Https://Doi.Org/10.24090/Insania.V19i1.465

Lisa, D. R., & Suryana, D. (T.T.). Implementasi Pembelajaran Kurikulum 2013 Paud Dengan Pendekatan Saintifik. 11.

Marianus Mantovanny Tapung. (2014). Pemikiran Filsafat Perenialisme Tentang Nilai Dan Dampaknya Bagi Kreativitas Dalampendidikan.Pdf. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio Program Studi Pgsd Stkip St. Paulus Ruteng.

Mu’ammar, M. A. (2014). (Analisis Konsep Filsafat Perenial Dan Aplikasinya Dalam Pendidikan Islam). 1, 14.

Mutmainnah. (2020). Pemikiran Progresivisme Dan Eksistensialisme Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Gender Equality: Internasional Journal Of Child And Gender Studies. Http://103.107.187.25/Index.Php/Equality/Article/View/5918

Novan Ardy Wiyani. (2016). Konsep Dasar Paud. Gava Media.

Novi Mulyani. (2016). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (1 Ed.). Kalimedia.

Pelu, M. (2011). Lintasan Sejarah Filsafat Pendidikan Perenialisme Dan Aktualisasinya. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 1(2). Https://Doi.Org/10.25273/Ajsp.V1i2.711

Puspitasari, N. A. (2020). Filosofis Pendidikan Dalam Permainan Rakyat Sumatera: Rekam Jejak Pulau-Pulau Di Nusantara Sebagai Upaya Melestarikan Budaya. 6.

Rahmawati, D. (2017). Kurikulum Pendidikan Dalam Perspektif Perenialisme, Esensialisme, Dan Progresivisme. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 3.

Sarwani. (2017). Makna Baayun Maulud Pada Masyarakat Banua Halat Kabupaten Tapin. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 16(31), 55. Https://Doi.Org/10.18592/Alhadharah.V16i31.1756

Setiawan, J., & Sudrajat, A. (T.T.). Pemikiran Postmodernisme Dan Pandangannya Terhadap Ilmu Pengetahuan. 22.

Siregar, R. L. (2016). Teori Belajar Perenialisme. 13(2), 12.

Sulaiman. (2013). Pendidikan Versi Aliran Filsafat Perennialisme. Dosen Fakultas Tarbiyah Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh.

Sutiyah. (2018). Relevansi Filsafat Pendidikan Perenialisme Dengan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Skripsi:Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Http://Repository.Radenintan.Ac.Id/4852/1/Skripsi%20lengkap%20sutiyah.Pdf

Tati Latifah. (2017). Perenialisme. Tsarwah (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam). Http://103.20.188.221/Index.Php/Tsarwah/Article/View/131

Triana Habsari, N. (2013). Implementasi Filsafat Perenialisme Dalam Pembelajaran Sejarah. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 3(01). Https://Doi.Org/10.25273/Ajsp.V3i01.908


Article Metrics

Abstract has been read : 3080 times
PDF_1 file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jcare.v9i2.8340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Care published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
PE has ISSN: 2355-2034 (printed) & ISSN: 2527-9513 (online)

Creative Commons License
Jurnal Care by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats