Pengembangan Sosial Emosi Melalui Cerita Untuk Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v8i2.8303Keywords:
social, emosi, and storytellingAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus yang dilakukan kepada guru PAUD yang sudah menempuh mata kuliah pengembangan sosial emosi di UNIPMA tahun ajaran 2019/2020. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengembangan social emosi yang dilakukan guru melalui cerita. Data penelitian dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Observasi dilakukan untuk mengetahui praktik guru dalam menggunakan cerita untuk stimulasi social emosi anak. Wawancara dilakukan untuk mengetahui bagimana pengembangan social emosi yang dilakukan guru dengan cerita. Analisis dokumen dilakukan dengan menganalisis dokumen naskah cerita yang dibuat guru dan catatan penilaian guru pada kegiatan bercerita. Hasil penelitian menemukan bahwa guru bercerita baik diawal, inti maupun penutup kegiatan. Cerita dapat dilakukan secara spontan dan terprogram. Kegiatan spontan langsung tanpa direncanakan. Kegiatan terprogram dengan merencanakan bercerita untuk pengembangan social emosi kedalam pembelajaran dan melakukan penilaian pada kegiatan tersebut. Kegiatan keteladanan dilakukan dengan penokohan yang ada dalam cerita. Karakter yang ditunjukkan dalam cerita sesuia dengan kompetensi dasar social emosi percaya diri , taat aturan untuk disiplin, sabar, mandiri, peduli dan tolong menolong, kerjasama, dan tanggung jawab. Referensi cerita dari buku cerita, cerita rakyat dan membuat cerita sendiri dari pengembangan social emosi. Kegiatan pracerita terdiri dari menentukan materi cerita, menentukan referensi, dan melakukan modifikasi, dan media pendukung untuk improvisasi dalam bercerita.
Downloads
References
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28
Christianti, M. (2012). Cerita Rakyat untuk Mendidik Karakter Anak Usia Dini. (Mm), 1–8. Retrieved from http://staffnew.uny.ac.id/upload/132319834/penelitian/7.Cerita Rakyat untuk Mendidik Karakter Anak Usia Dini.pdf
Erickson, E. (2018). Effects of storytelling on emotional development. Masters of Arts in Education Action Research. Retrieved from https://sophia.stkate.edu/maedSt.CatherineUniversityrepositorywebsite:https://sophia.stkate.edu/maed/256
Gnjatović, D. (2015). Stories in different domains of child development. Research in Pedagogy, 5(2), 81–93. https://doi.org/10.17810/2015.07
Halim, D., & Munthe, A. P. (2019). Dampak Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 203–216. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p203-216
Irwin, J. R., Moore, D. L., Tornatore, L. A., & Fowler, A. E. (2012). Promoting Emerging Language and Literacy During Storytime. Children & Libraries, 10(2), 20–23. Retrieved from http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24634615%5Cnhttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC3953558
Jesse, A., S, R. P., & Petra, U. K. (2016). Perancangan Buku Cerita Interaktif untuk Menimbulkan Minat Baca Anak Usia 4-6 Tahun Abstrak. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1, 989–992.
Koivula, M., Turja, L., & Laakso, M. L. (2020). Using the Storytelling Method to Hear Children’s Perspectives and Promote Their Social-Emotional Competence. Journal of Early Intervention, 42(2), 163–181. https://doi.org/10.1177/1053815119880599
Lestari, I. (2018). Analisis Awal Kemampuan Bercerita Pada Anak Usia 5 - 6 Tahun. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 13(2), 165–177. https://doi.org/10.21009/jiv.1302.10
Musfiroh, T. (2008). Memilih, Menyusun, dan Menyajikan Cerita Untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Nurgiyantoro, B. (2018). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada UniversityPress.
Sriwahyuni, E., & Nofialdi. (2016). METODE PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN PAUD ( PENDIDIKAN ANAK USIA DINI ) PERMATA BUNDA. ThufuLA, 4 No. 1(Juli-Desember 2016), 12–14.
TANU, I. K. (2018). Penggunaan metode mengajar di paud dalam rangka menumbuhkan minat belajar anak. PRATAMA WIDYA, VOL. 3, NO. 2, 2018, 3, 14–19.
Tirtayani, L. A., Wulandari, I. G. A. A., & Ade Sessiani, L. (2019). Balinese Folktales As A Medium: Modifying Stories Of The Special Need Concept To An Early Age Children. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 8(1), 53. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v8i1.16294
Additional Files
Published
Issue
Section
License

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.