IMPLEMENTASI PENILAIAN PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM ENTERPRENEUR KIDS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TK KHALIFAH BACIRO YOGYAKARTA

Raudatul Hasanah

Abstract


Abstract

The study aims to fathom the execution of the learning assessment at the Khalifah Baciro Yogyakarta kingdergarten. it used qualitative research with two subjects was the headmaster and teacher at Khalifah Baciro Yogyakarta kingdergarten. This research used descriptive qualitative methods and data acquisition used interview, observation and documentation techniques. The result of this study indicated that the Khalifah Baciro Yogyakarta kingdergarten has done the grading with three stages of assessment report. Firstly, entrepreneur kids curriculum assessment was made using the daily report card everyday. Secondly, the monthly reporting was carried out once a month by summarizing the child’s development of the daily report. Thirdly, the report card contained the child’s development every semester at the Khalifah Baciro Yogyakarta. Assessment of method was observation, interviews, performance and variety of assignments adjusted to the current curriculum in the school. All process was done by teachers and parents.

Keywords: Assessment, curriculum, early childhood education.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan penilaian pembelajaran di TK Khalifah Baciro Yogyakarta. Menggunakan penelitian kualitatif dengan dua subjek yakni kepala sekolah dan guru TK Khalifah Baciro Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK Khalifah Baciro Yogyakarta telah melakukan penilaian dengan 3 tahap laporan penilaian. Pertama, penilaian pembelajaran kurikulum entrepreneur kids dilakukan menggunakan buku Daily Report setiap hari. Kedua, pelaporan bulanan dilakukan setiap satu bulan sekali dengan menyimpulkan perkembangan anak dari buku Daily Report. Ketiga, Rapor berisi perkembangan anak setiap 1 semester di TK Khalifah Baciro. Pelaksanaan penilaian di TK Khalifah Baciro dilakukan berdasarkan deskripsi pertumbuhan dan perkembangan anak. Metode penilaian yang dilakukan berupa observasi, wawancara, unjuk kerja dan berbagai penugasan yang disesuaikan dengan kurikulum yang ada di sekolah. Semua proses penilaian dilakukan oleh guru dan orang tua.

Kata Kunci: Penilaian, kurikulum, pendidikan anak usia dini.


Keywords


Penilaian; kurikulum; pendidikan anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Ahmad Muri Yusuf. (2017). Asesmen dan

Evaluasi Pendidikan: Pilar

Penyedia Informasi dan Kegiatan

Pengendalian Mutu Pendidikan.

Jakarta: Kencana.

Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan

(Metode dan Paradigma Baru).

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Brewer, J. A. (2007). Early Childhood

Education Preschool through

Primary Grades. USA: Sixth

Edition.

Dominic F. Gullo. (2005). Understanding

Assessment and Evaluation in Early

Childhood Education. New York:

Teachers College Press.

Genesee, Fred dan John A. Upshur.

(1997). Classroom-Bused

Evaluation in Second Language

Education. Cambridge: Cambridge

University Press.

Kementerian, Pendidikan, &

Kebudayaan. (2003). Undangundang Republik Indonesia, No. 20

tahun 2003 tentang Sistem

Pendidikan Nasional. Jakarta.

Kementrian, Pendidikan, & Kebudayaan.

(2015). Pedoman Penilaian

Pembelajaran Pendidikan Anak

Usia Dini. Jakarta: Direktorat

Pembianan Pendidikan Anak Usia

Dini.

Kurnia. (2017). Analisis Penilaian

Pembelajaran Di TK Sekecamatan

Belitang Oku Timur. Jurnal Fakultas

Keguruan dan Ilmu Pendidikan,

Universitas Sriwijaya, 1-9.

Mulyasa. (2017). Manajemen PAUD.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian

Pendidikan Pendekeatan Kualitatif,

Kuantitati, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran

Anak Usia Dini dalam Kajian

Neurosains. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Zahro, I. F. (2015). Penilaian Dalam

Pembelajaran Anak Usia Dini.

Jurnal Tunas Siliwangi, 1(1), 92–


Article Metrics

Abstract has been read : 1043 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jcare.v8i1.6872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Care published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
PE has ISSN: 2355-2034 (printed) & ISSN: 2527-9513 (online)

Creative Commons License
Jurnal Care by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats