PENANGANAN ANAK USIA DINI DENGAN GANGGUAN PERKEMBANGAN BAHASA EKSPRESIF DI KB AL AZKIA LAB FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN IAIN PURWOKERTO

Almi Kurniasari, Ellen Prima

Abstract


Abstract

Expressive language development disorders can be termed with difficulty in expression, where the child can understand what others are saying, but it is difficult for him to put words together to reciprocate and it is difficult to say what he is about to say. This study aims to identify cases with impaired speech and expressive language development and to find out the efforts of educators and parents in dealing with children who experience speech and expressive language disorders. This research is field research using a descriptive qualitative approach. The data source in this study is Al-Azkia KB students aged 3 years and 4 years. The results of this study indicate the efforts made by educators and parents in handling expressive language development disorder namely; a) Affirmation of vocabulary; b) Tells the child's previous experience and Asked; c) Early literacy; d) Labeling; e) Cooperation with parents; f) Give the child time to Play Gadgets and watch television; and the factors that influence the development of expressive speech and language disorders.

Keywords: Speech and Expressive Language disorders, Language development, Handling Early Childhood

Abstrak

Gangguan perkembangan bahasa ekspresif dapat diistilahkan dengan kesulitan berekspresi, di mana anak dapat memahami apa yang dikatakan orang lain, tetapi sulit baginya untuk menempatkan kata secara bersama-sama untuk membalasnya serta kesulitan untuk mengatakan apa yang hendak ia katakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kasus dengan gangguan perkembangan bicara dan bahasa ekspresif serta untuk mengetahui usaha-usaha pendidik dan orang tua dalam mengatasi anak yang mengalami gangguan bicara dan bahasa ekspresif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah murid KB Al-Azkia yang berusia 3 tahun dan 4 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan usaha yang dilakukan oleh pendidik dan orang tua dalam penanganan gangguan perkembangan bahasa ekspresif yaitu dengan; a) Penegasan kosa kata; b) Bercerita pengalaman anak sebelumnya dan Bertanya; c) Literasi sejak dini; d) Labeling; e) Kerjasama dengan orang tua; f) Memberi waktu kepada anak untuk Bermain Gadget dan menonton televisi; serta faktor-faktor yang mempengaruhi gangguan perkembangan bicara dan bahasa ekspresif.

Kata Kunci: Gangguan Bicara dan Bahasa Ekspresif, Perkembangan Bahasa, Penanganan Anak Usia Dini


Keywords


Gangguan Bicara; Bahasa Ekspresif; Perkembangan Bahasa; Penanganan Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Anita, Yus. 2011. Model Pendidikan

Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana.

Arifin, Muhammad Zainal. 2015. Pola

Asuh Single Parents Dalam

Membentuk Kecerdasan Emosi

Anak di Desa jagung Kesesi

Pekalongan. Skripsi. Pekalongan :

STAINPekalongan. dalam

http://repository.iainpekalongan.a

c.id diakses pada tanggal 12

Oktober 2017

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur

Penelitian; Suatu Pendekatan

Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Duncan, Stephen F. 2009. Love Learning

Cara Penuh Cinta dalam

Mendampingi Tumbuh Kembang

Anak. Jogjakarta: Image Press

Fauzi. 2013. Pendidikan Komunikasi

Anak Usia Dini : Berbasis

Kecerdasan Bahasa dan

Kecerdasan Sosial. Purwokerto :

STAINPress.

Hanurawan, Fattah. 2016. Metode

penelitian Kualitatif : Untuk Ilmu

Psikologi. Jakarta : RajaGrafindo

Persada.

Hurlock, Elizabeth B. 1980. Psikologi

Perkembangan: Suatu

Pendekatan Sepanjang Rentang

Kehidupan. Jakarta : Erlangga.

Indah, Rohmani Nur. 2012. Gangguan

Berbahasa Kajian Pengantar.

Malang : UIN-Maliki Press.

Indriati, Etty. 2011. Kesulitan Bicara &

Berbahasa pada Anak : Terapi

dan Strategi. Jakarta : Kencana.

Izzaty, Rita Eka. 2017. Perilaku Anak

Prasekolah : Masalah dan Cara

Menghadapinya. Jakarta : Elex

Media Komputindo.

Monks, F. J., Knoers & Siti Rahayu H.

Psikologi perkembangan :

Pengantar dalam Berbagai

Bagiannya. Yogyakarta : Gajah

Mada University Press.

Nuraeni, Afiah. 2016. Peran Orang tua

Dalam Pengembangan Literasi

Dini Anak Kelompok B di Gugus

Mangunan Dlingo Bantul.

Journal Student Universitas

Negeri Yogyakarta 5 (3), hlm

-246

Oto, Beverly. 2015. Perkembangan

Bahasa Anak Usia Dini. Jakarta :

Prenadamedia Group.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian

Pendidikan : Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung : Alfabeta.

Tiel, Julia Maria Van. 2009.

Permasalahan Deteksi

Penanganan anak Cerdas

Istimewa Dengan Gangguan

Perkembangan Bicara dan Bahasa

Ekspresif (Gifted Visual-spatial

Learner). Psikobuana 1 (2), hlm

-136

Tim Penyusun Pusat Kamus. 2007.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

(KBBI) ed. 3. Jakarta : Balai

Pustaka.

Waseso, Iksan dkk. 2009. Evaluasi

Pembelajran TK. Jakarta:

Universitas Terbuka.

Willianti, Any. 2014. Upaya

Meningkatkan Kemampuan

Bahasa Ekspresif Melalui

Kegiatan Bercerita Binatang Pada

Anak Kelompok B TK Murni

Jabres Kecamatan Sruweng

Kabupaten Kebumen pada

Semester Genap Tahun Ajaran

-2014. Skripsi. Purwokerto :

Universitas Muhammadiyah

Purwokerto.

Wiyani, Novan Ardy. 2014. Penanganan

Anak Usia Dini Berkebutuhan

Khusus. Jakarta : Ar-Ruzz Media.

Wiyani, Novan Ardy. 2014. Psikologi

Perkembangan Anak Usia Dini.

Yogyakarta: Penerbit Gava

Media.


Article Metrics

Abstract has been read : 10839 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jcare.v8i1.6871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Care published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
PE has ISSN: 2355-2034 (printed) & ISSN: 2527-9513 (online)

Creative Commons License
Jurnal Care by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats