GURU PEMBENTUK ANAK BERKUALITAS

Kartika Rinakit Adhe

Abstract


Tulisan ini merupakan sebuah telaah teori mengenai pentingnya guru sebagai pembentuk anak berkualitas untuk menghadapi tantangan pendidikan. Sebuah reformasi pendidikan ditekankan pada peranan guru. Guru merupakan pengajar sekaligus pendidik untuk anak usia dini. Hal tersebut mengisyaratkan bahwa guru adalah jantung dari reformasi pendidikan.  Pada pelaksanaan pendidikan peranan guru untuk mengembangkan potensi anak dan membangun dalam upaya pembentukan kualitas moral.Upaya pengembangan dan pembentukan  tersebut harus dilakukan melalui proses pembelajaran sehari-hari.Pembentukan kualitas moral pada anak memerlukan perhatian dan pemahaman terhadap dasar-dasar serta berbagai kondisi yang mempengaruhi dan menentukan perkembangan moral. Pembentukan moral pada anak dapat terjadi
melalui atau tanpa intervensi yang terencana, sistematis, dan berlanjut dari lingkungannya.


Keywords


Sikap Guru; Pembentukan Moral

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 6535 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jcare.v3i3.602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Care



Jurnal Care published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
PE has ISSN: 2355-2034 (printed) & ISSN: 2527-9513 (online)

Creative Commons License
Jurnal Care by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats