GURU PEMBENTUK ANAK BERKUALITAS

Authors

  • Kartika Rinakit Adhe Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v3i3.602

Keywords:

Sikap Guru, Pembentukan Moral

Abstract

Tulisan ini merupakan sebuah telaah teori mengenai pentingnya guru sebagai pembentuk anak berkualitas untuk menghadapi tantangan pendidikan. Sebuah reformasi pendidikan ditekankan pada peranan guru. Guru merupakan pengajar sekaligus pendidik untuk anak usia dini. Hal tersebut mengisyaratkan bahwa guru adalah jantung dari reformasi pendidikan.  Pada pelaksanaan pendidikan peranan guru untuk mengembangkan potensi anak dan membangun dalam upaya pembentukan kualitas moral.Upaya pengembangan dan pembentukan  tersebut harus dilakukan melalui proses pembelajaran sehari-hari.Pembentukan kualitas moral pada anak memerlukan perhatian dan pemahaman terhadap dasar-dasar serta berbagai kondisi yang mempengaruhi dan menentukan perkembangan moral. Pembentukan moral pada anak dapat terjadi
melalui atau tanpa intervensi yang terencana, sistematis, dan berlanjut dari lingkungannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-03-10

Issue

Section

Articles