STRATEGI PEMBELAJARAN YANG HUMANIS BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

Ulfa Danni Rosada

Abstract



Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) merupakan suatu proses pendidikan yang holistik dan bertujuan memotivasi siswa untuk memahami makna materi pelajaran yang dipelajarinya dengan mengkaitkan materi tersebut dengan konteks kehidupan mereka seharihari (konteks pribadi, sosial, dan kultural) sehingga siswa memiliki pengetahuan atau keterampilan yang secara fleksibel dapat diterapkan (ditransfer) dari satu permasalahan atau konteks ke permasalahan atau konteks lainnya. Dengan konsep ini, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung lebih alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan transfer pengetahuan dari guru ke siswa.

 


Keywords


strategi pembelajaran; contextual teaching and learning

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 829 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jcare.v3i3.596

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Care



Jurnal Care published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
PE has ISSN: 2355-2034 (printed) & ISSN: 2527-9513 (online)

Creative Commons License
Jurnal Care by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats