Pentingnya Kompetensi Pedagogik Bagi Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Fizia Angesti Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v7i2.5825

Keywords:

Guru, PAUD, Kompetensi, Pedagogik

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini merupakan pendidikan yang diselenggarakan sejak lahir sampai berusia 6 tahun untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak serta mengembangkan seluruh potensi yang dimilikinya. Oleh karena itu dibutuhkan guru yang kompeten dalam menjalankan peran dan tugasnya. Menjadi guru Pendidikan Anak Usia Dini juga harus memenuhi standar kompetensi guru yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Pada proses pembelajaran, guru Pendidikan Anak Usia Dini harus memahami kompetensi pedagogik karena hal ini berkaitan dengan pengelolaan pembelajaran yang nantinya akan berdampak pada keberhasilan suatu pendidikan. Dalam kajian literatur ini akan menjelaskan bagaimana pentingnya kompetensi pedagogik bagi guru Pendidikan Anak Usia Dini serta manfaat kompetensi pedagogik bagi guru dan juga siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Fizia Angesti, Universitas Pendidikan Indonesia

Student at Indonesia University of Education

References

Alkornia, S. (2016). Studi Deskriptif Kompetensi Pedagogik dan Profesionalisme Guru PAUD Dharma Wanita Binaan SKB Situbondo. Pancaran, 5, 144.

Anwar, B. (2018). Kompetensi Pedagogik sebagai Agen Pembelajaran. Shaut Al-'Arabiyah, 16, 188-121. doi:10.24252/saa.v6i2.7219.

Farwan, dkk. (2015). Pemahaman Guru PAUD Terhadap Kompetensi Pedagogik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4, 2.

KBBI online diakses dari kbbi.kemendikbud.go.id

Kunandar. (2011). Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Press.

Musfah, J. (2012). Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia Group.

Nurhayati, S. & Rakhman, A. (2017). Studi Kompetensi Guru PAUD Dalam Melakukan Asesmen Pembelajaran dan Perkembangan Anak Usia Dini di Kota Cimahi. Jurnal Pendidikan Anak, 2, 119.

Purwandari, D.N. (2017). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Rochayadi, I. (2014). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru PAUD Melalui Pendidikan dan Pelatihan Guru di PAUD Bougenville Kecamatan Sukajadi Kota Bandung. Jurnal EMPOWERMENT. 4, 4.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran dan Pengembangan Profesionalisme Guru. Bandung: Rajawali Press.

Septiana, M. (2017). Kompetensi Pedagogik Guru Raudhatul Athfal Sekecamatan Kaliwungu Kabupaten Semarang Tahun 2017.

(Skripsi). Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Undang-Undang No.14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Yuliariatiningsih, M. S. & Setiaty, T. (2012). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Mengembangkan Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal PAUD, 3. doi: https://doi.org/10.17509/cd.v3i1.10325.

Yuslam, dkk. (2017). Studi Tentang Kompetensi Guru PAUD Berkualifikasi Akademik Sarjana PG-PAUD dan NonPG-PAUD di PAUD Istiqomah Sambas Purbalingga. Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak, 3, 155.

Published

2020-01-22

Issue

Section

Articles