Prosedur Mengolah Data, Kompilasi Hasil Penilaian Data, Mengisi Data Ke dalam Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini di TK Al-Fadlillah Depok Jogjakarta

maria ulfa

Abstract


Prosedur mengolah data tidak hanya dilakukan di lembaga pendidikan sekolah dasar, namun lembaga pendidikan anak usia dini juga memliki prosedur pengolahan data, kompilasi data, dan mengisi data ke dalam penilaian perkembangan anak. selama ini banyak sekolah yang masih belum memahami secara benar penilaian yang dilakukan atau diterapkan dan pendidik tidak mengetahui pasti setiap aspek perkembangan anak secara spesifik sehingga penelitian ini bertujuan untuk mencari makna dari prosedur pengolahan dan kompilasi data untuk mengetahui setiap tahapan pekembangan anak apakah sudah mencapai tujuan pembelajaran. Oleh sebab itu penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif, teknik penelitiannya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang di lakukan di TK Alfadlillah, Maguwoharjo, Depok Sleman Jogjakarta. Prosedur pengolahan data merupakan langkah-langkah dalam mengumpulkan setiap penilaian baik penilaian harian, mingguan, bulanan maupun tahunan. Penilaian tersebut diperoleh dari hasil karya, catatan anekdot, ceklis, fortorolio dan lain sebagainya, dengan diberi tanda BB, MB, BSH dan BSB. Setelah melakukan kompilasi data, selanjutnya pendidik mengisi data tersebut kedalam penilaian perkembangan anak usia dini.


Keywords


Prosedur Mengolah Data, Kompilasi Data, Mengisis Data Ke Dalam Penilaian Perkembangan Anak

References


Fitri, Annisa. “Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Ilmiah POTENSIA 2, no. 1 (2017): 1–13.

M. Buchori. 1983. Teknik-teknik evaluasi dalam pendidikan. Bandung; jemmars.

Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Pedoman hasil penilaian pembelajaran. https://tkitassalafushsholih.files. ordpress.com/2015/12/isipedoman penilaian.pdf

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. Nomor 146 Tahun 2014 tentang kurikulum 2013 pendidikan anak usia dini. Kementerian pendidikan dan kebudayaan tahun 2015.

Ria Novianti*, Enda Puspitasari, dan Daviq Chairilsyah . Pemetaan Kemampuan Guru Paud Dalam Melaksanakan Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini Di Kota Pekanbaru. (Jurnal SOROT Vol 8 No 1 April hal 1 – 104. Lembaga Penelitian Universitas Riau

Ridho, Rosyid, Markhamah Markhamah, dan Darsinah Darsinah. “Pengelolaan pembelajaran pendidikan anak usia dini (PAUD) di KB ‘Cerdas’ Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal.” Jurnal Penelitian Humaniora 16, no. 2 (2016): 58–69.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.2015

Zahro, Ifat Fatimah. “Penilaian dalam Pembelajaran Anak Usia Dini.” Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung 1, no. 1 (2015): 92 111.


Article Metrics

Abstract has been read : 7668 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jcare.v7i2.5707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Care published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
PE has ISSN: 2355-2034 (printed) & ISSN: 2527-9513 (online)

Creative Commons License
Jurnal Care by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats