PROFIL KEMATANGAN SOSIAL ANAK SD AWAL SE-KOTA MADIUN DI TINJAU DARI VINELAND SOCIAL MATURITY SCALE (Studi Deskriptif Kesiapan Sekolah Anak)

Authors

  • Dian Ratnaningtyas Afifah IKIP PGRI MADIUN
  • Hermawati Dwisusari IKIP PGRI MADIUN

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v3i2.570

Keywords:

kematangan sosial, anak, vineland social maturity scale

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang kondisi kematangan sosial usia SD Awal yaitu kelas 1 yang baru memulai pendidikannya di tingkat sekolah dasar. Berangkat dari pengcamatan terhadap bagaimana para orang tua melihat kesiapan sekolah anak yang acap kali hanya didasarkan pada anak sudah bisa baca-tulis-hitung yang bagian dari raaspek kognitif saja. Jika menilik bagaiman proses pembelajaran di sekolah dasar seyogyanya kesiapan anak untuk berproses didalamnya tidak hanya didasarkan pada aspek kognitif tetapi juga pada aspek sosial dan emosional serta aspek
psikologis yang lain.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-01-04

Issue

Section

Articles