DOMPET PELANGI SEBAGAI ALAT PERMAINAN EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK (STPPA)

Authors

  • Zulfa Isnia Azmi UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v7i2.5505

Keywords:

Pendidikan Anak Usia Dini, APE, STPPA, Dompet Pelangi.

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini memiliki semboyan bermain sambil belajar, sehingga dalam pendidikan anak usia dini membutuhkan Alat Permainan Edukatif (APE) yang membuat anak tidak mudah bosan, aman, nyaman dan bermanfaat untuk anak. APE digunakan untuk meningkatkan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif sebagai peneliti aktif yakni peneliti praktek langsung dalam pembelajaran dengan alat permainan edukatif. Dompet pelangi dapat meningkatkan enam aspek standar tingkat pencapaian perkembangan anak, yaitu aspek nilai agama dan moral, aspek sosial-emosional, aspek fisik-motorik, aspek kognitif, aspek bahasa, dan aspek seni.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Masnipal. 2013. Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta: Elex Media Komputindo

Maria Ulfah. 2019. Junaedah, Buku Saku Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Sulawesi Selatan: Aksara Timur

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. 2015

Riany Ariesta. 2009. Alat Permainan Edukatif Lingkungan Sekitar. Bandung: Sandiarta Sukses

Basrowi & Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta :Reineka Cipta

Lexy. J. Moleong, M.A., 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdyakarya

Badru Zaman. 2007. Education Games: Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media

Published

2020-01-22

Issue

Section

Articles