DOMPET PELANGI SEBAGAI ALAT PERMAINAN EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK (STPPA)
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v7i2.5505Keywords:
Pendidikan Anak Usia Dini, APE, STPPA, Dompet Pelangi.Abstract
Pendidikan Anak Usia Dini memiliki semboyan bermain sambil belajar, sehingga dalam pendidikan anak usia dini membutuhkan Alat Permainan Edukatif (APE) yang membuat anak tidak mudah bosan, aman, nyaman dan bermanfaat untuk anak. APE digunakan untuk meningkatkan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif sebagai peneliti aktif yakni peneliti praktek langsung dalam pembelajaran dengan alat permainan edukatif. Dompet pelangi dapat meningkatkan enam aspek standar tingkat pencapaian perkembangan anak, yaitu aspek nilai agama dan moral, aspek sosial-emosional, aspek fisik-motorik, aspek kognitif, aspek bahasa, dan aspek seni.
Downloads
References
Masnipal. 2013. Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta: Elex Media Komputindo
Maria Ulfah. 2019. Junaedah, Buku Saku Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Sulawesi Selatan: Aksara Timur
Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. 2015
Riany Ariesta. 2009. Alat Permainan Edukatif Lingkungan Sekitar. Bandung: Sandiarta Sukses
Basrowi & Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta :Reineka Cipta
Lexy. J. Moleong, M.A., 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdyakarya
Badru Zaman. 2007. Education Games: Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media
Published
Issue
Section
License

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.