PEMBELAJARAN PAUD PADA ANAK AUTIS (Penelitian Deskriptif di TK A Fitria Assyahara, Klender - Jakarta Timur)
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v5i1.3964Keywords:
Autisme, Pembelajaran, Pembelajaran PAUDAbstract
Abstrak
Tujuan penelitian yang dilakukan ialah memberikan gambaran umum tentang pengetahuan baru pembelajaran PAUD terhadap anak yang menderita autis. Penelitian ini juga memberikan kontribusi terhadap dunia pendidikan dan ilmu psikologi pendidikan khususnya anak autis. Hasil penelitian yang dihasilkan akan memberikan hasil umum yang dapat diterima oleh pembaca serta di dalam ranah pendidikan baik dosen dan mahasiswa;juga bertujuan untuk menyeimbangkan antara teori dengan fakta yang terjadi di lapangan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Teknik dan prosedur pengumpulan data yang peneliti lakukan adalah observasi atau pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Observasi atau pengamatan yang peneliti lakukan adalah mengamati kondisi di lapangan secara langsung kemudian peneliti mulai mengembangkan sesuai dengan fokus dan subfokus penelitian.Penelitian yang dilakukan mengenai pembelajaran PAUD pada anak autis yang menekankan pada dua pendekatan berdasarkan pada teori Santrock, yakni pendekatan kognitif sosial dan behaviorisme. Berdasarkan hasil di lapangan bahwa terdapat dua anak yang menderita autis, yaitu R dan H. Pada pembelajaran PAUD pada anak autis yang terjadi di lapangan bahwa mereka memiliki hasil berbeda-beda dalam bentuk interaksi, perilaku, dan emosi dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas.
Downloads
References
Dwilestari, Ninin, dan Nusa Putra. (2013). Penelitian Kualitatif PAUD. Depok: Rajapres.
Santrock, John W. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Semiawan, Conny. (1997). Perspektif Pendidikan Anak Berbakat. Jakarta: PT. Grasindo.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Yuliani Nurani. (2009).Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.
Tabrani, Primadi. (2014). Proses Kreasi - Gambar Anak - Proses Belajar. Jakarta: Erlangga.
Hurlock, Elizabeth B. (2009). Perkembangan anak. Indonesia: Erlangga.
Kirk, Samuel. Educating Exceptional Children. (2009).New York: Houghton Miflin Harcourt Publishing Company.
Morrison, George S.(2012).Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: PT. Indeks.
Putranto, Bambang. (2015). Tips Menangani Siswa yang Membutuhkan Perhatian Khusus. Yogyakarta: DIVA Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.