PEMBELAJARAN PAUD PADA ANAK AUTIS (Penelitian Deskriptif di TK A Fitria Assyahara, Klender - Jakarta Timur)

Authors

  • Ajeng Priendarningtyas TK A Fitria Assyahara, Klender - Jakarta Timur

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v5i1.3964

Keywords:

Autisme, Pembelajaran, Pembelajaran PAUD

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian yang dilakukan ialah memberikan gambaran umum tentang pengetahuan baru pembelajaran PAUD terhadap anak yang menderita autis. Penelitian ini juga memberikan kontribusi terhadap dunia pendidikan dan ilmu psikologi pendidikan khususnya anak autis. Hasil penelitian yang dihasilkan akan memberikan hasil umum yang dapat diterima oleh pembaca serta di dalam ranah pendidikan baik dosen dan mahasiswa;juga bertujuan untuk menyeimbangkan antara teori dengan fakta yang terjadi di lapangan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Teknik dan prosedur pengumpulan data yang peneliti lakukan adalah observasi atau pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Observasi atau pengamatan yang peneliti lakukan adalah mengamati kondisi di lapangan secara langsung kemudian peneliti mulai mengembangkan sesuai dengan fokus dan subfokus penelitian.Penelitian yang dilakukan mengenai pembelajaran PAUD pada anak autis yang menekankan pada dua pendekatan berdasarkan pada teori Santrock, yakni pendekatan kognitif sosial dan behaviorisme. Berdasarkan hasil di lapangan bahwa terdapat dua anak yang menderita autis, yaitu R dan H. Pada pembelajaran PAUD pada anak autis yang terjadi di lapangan bahwa mereka memiliki hasil berbeda-beda dalam bentuk interaksi, perilaku, dan emosi dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwilestari, Ninin, dan Nusa Putra. (2013). Penelitian Kualitatif PAUD. Depok: Rajapres.

Santrock, John W. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Semiawan, Conny. (1997). Perspektif Pendidikan Anak Berbakat. Jakarta: PT. Grasindo.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Yuliani Nurani. (2009).Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.

Tabrani, Primadi. (2014). Proses Kreasi - Gambar Anak - Proses Belajar. Jakarta: Erlangga.

Hurlock, Elizabeth B. (2009). Perkembangan anak. Indonesia: Erlangga.

Kirk, Samuel. Educating Exceptional Children. (2009).New York: Houghton Miflin Harcourt Publishing Company.

Morrison, George S.(2012).Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: PT. Indeks.

Putranto, Bambang. (2015). Tips Menangani Siswa yang Membutuhkan Perhatian Khusus. Yogyakarta: DIVA Press.

Downloads

Published

2017-07-30

Issue

Section

Articles