PENERAPAN METODE PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA PADA ANAK KELOMPOK B TK CANDRA SIWI TAMA KOTA MADIUN
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v5i1.3962Keywords:
kemampuan kerjasama, aktivitas permainan tradisionalAbstract
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama anak melalui kegiatan permainan tradisional pada Kelompok B TK Candra Siwi Tama. Permainan tradisional yang digunakan dibatasi pada permainan Jamuran, Engklek, dan Cublak-cublak Suweng. Jenis penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas dengan subjek yaitu anak didik kelompok B TK Candra Siwi Tama yang berjumlah 21 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode dokumentasi. Penelitian mengenai kemampuan kerjasama ini telah melalui proses validasi instrumen guna memperoleh validitas dan reliabilitas instrument penelitian.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.Kegiatan pra tindakan yang mengawali penelitian ini menghasilkan data bahwa nilai rata-rata kemampuan kerjasama anak baru mencapai nilai 15%. Tindakan dalam penelitian kemampuan kerjasama ini dilakukan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil dari siklus II, nilai rata-rata kemampuan anak telah mencapai nilai 81%. Perkembangan ini telah mencapai indikator keberhasilan dimana penelitian dikatakan berhasil apabila telah mencapai nilai 76%. Dengan demikian, penelitian ini dapat dikatakan berhasil.
Downloads
References
Ahmad Yunus (Ed). (1980). Permainan Rakyat DIY. Yogyakarta: Depdikbud.
Ali Nugraha, dkk. (2004). Metode Pengembangan Sosial Emosional. Jakarta: Universitas Terbuka.
Ary Ginanjar Agustian. (2000). Emotional Spiritual Quotient. Jakarta: Arga Tilanta.
Mahmud. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Mayke. S. Tedjasaputra. (2001). Bermain Dan Permainan Untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta: Grasindo.
Saifudin Azwar. (2001). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Slamet Suyanto. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.
Soetoto Pontjopoetro. (2006). Permainan Anak Tradisional dan Aktivitas Ritmik. Jakarta: Dikbud.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukirman Dharmamulya. (2008). Permainan Tradisional Jawa.Yogyakarta: Kepel Press.
Tim Penyusun Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran di Taman Kanak-kanak . (2010). Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran diTaman Kanak-kanak. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan TK dan SD.
Wijaya Kusuma, dkk. (2009). Mengenal Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
Issue
Section
License

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.