Penerapan Belajar Melalui Bermain Balok Dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v5i1.3959Keywords:
Belajar melalui bermain, bermain balok unit, motorik halus anak usia diniAbstract
Abstract
Permasalahan yang terdapat pada penelitian ini mengenai rendahnya perkembangan motorik halus anak usia dini. Penelitian ini bertujuan menerapkan belajar melalui bermain balok unit untuk meningkatkan perkembangan morotik halus setelah diterapkan belajar melalui bermain balok unit pada anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Khodijah Al Kubro Bangkinang Kota semester genap tahun pelajaran 2015-2016. Jenis Penelitian ini menggunakan eksperiment quasi dengan desain “Nonequivalent Control Group Designâ€, dengan melibatkan 18 orang anak sebagai kelompok kontrol dan 20 orang anak sebagai kelompok eksperimen. Data penelitian diambil dengan melakukan observasi. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan perkembangan motorik halus dengan penerapan belajar melalui bermain balok unit pada kelompok eksperimen, kemampuan motorik halus anak meningkat secara signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol sebesar p-value =0,000 < 0,05.
Downloads
References
Anita. (2016). Hubungan Bermain Balok Unit Dengan Perkembangan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Citra Melati Bandar Lampung.
Djuartiningsih. (2012). Meningkatkan Kreativitas Anak K Lompok B Di Tk “Merpati Pos†Surabaya Universitas Negeri Surabaya.
Fatiha Rahma Puspitaningrum, Siti Wahyuningsih, S. (2016). Motorik Halus Melalui Media Realia pada Anak Kelompok A TK Tunas Bangsa Pati.
Pendidikan, M., Kebudayaan, D. A. N., & Indonesia, R. (2014). Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
Rina Nurdiana & Yeni Yuniarti, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Membilang Pada Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Strategi Bermain Angka, 1–11.
Rini Andriani. (2016). Fungsi Bermain Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Retrieved January 16, 2017, From Http://Www.Membumikanpendidikan.Com/2014/10/Fungsi-Bermain-Pada-Pendidikan-Anak.html
Saayah Abu. (2005). Pelaksanaan Aktiviti Belajar Melalui Bermain Di Tadika-Tadika Kawasan Melaka Tengah. Jurnal Ipg Kampus Islam, 83–120.
Setianingrum, W. N. E. S. Dan I. (2016). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun Di Kelompok Bermain Cendekia Kids School Madiun Dan Implikasinya Pada Layanan Konseling. Jurnal Care, 3 (2016), 1–11.
Wulandari, H. (2012). Meningkatkan kemampuan Sosial Melalui Bermain Peran Pada Kelompok B Di Tk Pertiwi Pilang II Tahun Pelajaran 2011/2012. Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.