IMPLIKASI DAPODIK DI PAUD NON FORMAL

Authors

  • Maharani Maharani Asesor BAN PAUD PNF Provinsi Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v6i2.3945

Keywords:

Dapodik, PAUD Non-Formal

Abstract

Abstrak

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menemukan implikasi Sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di PAUD Non Formal di kecamatan Manisrenggo. Subjek penelitian terdiri dari 18 operator Dapodik PAUD Non Formal se-Kecamatan Manisrenggo. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan triangulasi. Diantara persoalan yang dihadapi pendidikan di daerah sekarang adalah ketidakmerataan akses mutu penyelenggaraan pendidikan, kurang tersediannya sarana dan prasarana, kekurangan guru dan kualifikasinya yang tidak sesuai, kurikulum, organisasi kelembagaan, sumber daya manusia (SDM), yang merupakan pekerjaan rumah yang cukup berat bagi pemerintah pusat maupun daerah. Lepas dari apakah kebijakan ini dapat terealisasi atau tidak, namun tentunya pemerintah telah menyusun sedemikian rupa aplikasi Dapodik tersebut agar dapat bermanfaat bagi keberlangsungan kemajuan program PAUD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anas Sudijono, 1996. Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta: Rajawali,)

Cecep Suryana, dkk., 2015. Petunjuk Teknis Kegiatan Pengembangan Dan Pengelolaan Data Dan Informasi PAUD-Dikmas, Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat,.

Cecep Suryana, dkk., 2015. Roadmap Pengembangan Sistem DAPODIK PAUD- DIKMAS Tahun 2015-2019, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal, .

Lexy J. Moeloeng. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Masri Singarimbun dan Sofian Effendi, 1987. Metodologi Penelitian Survey, (Jakarta: LP3ES,)

Pawito. 2007. Penelitian Komunikasi Kualitatif, (Yogyakarta: LKIS,)

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D, (Bandung: Alfabeta,)

Sutrisno Hadi. 1987. Metode Penelitian Research II, (Yogyakarta: Andi Offset,)

Trianto, 2010. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/ RA Dan anak Usia Dini Kelas Awal SD/ MI. Surabaya: Kencana Predana Media Group..

Downloads

Published

2021-01-11

Issue

Section

Articles