IMPLIKASI DAPODIK DI PAUD NON FORMAL
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v6i2.3945Keywords:
Dapodik, PAUD Non-FormalAbstract
Abstrak
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menemukan implikasi Sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di PAUD Non Formal di kecamatan Manisrenggo. Subjek penelitian terdiri dari 18 operator Dapodik PAUD Non Formal se-Kecamatan Manisrenggo. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan triangulasi. Diantara persoalan yang dihadapi pendidikan di daerah sekarang adalah ketidakmerataan akses mutu penyelenggaraan pendidikan, kurang tersediannya sarana dan prasarana, kekurangan guru dan kualifikasinya yang tidak sesuai, kurikulum, organisasi kelembagaan, sumber daya manusia (SDM), yang merupakan pekerjaan rumah yang cukup berat bagi pemerintah pusat maupun daerah. Lepas dari apakah kebijakan ini dapat terealisasi atau tidak, namun tentunya pemerintah telah menyusun sedemikian rupa aplikasi Dapodik tersebut agar dapat bermanfaat bagi keberlangsungan kemajuan program PAUD.
Downloads
References
Anas Sudijono, 1996. Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta: Rajawali,)
Cecep Suryana, dkk., 2015. Petunjuk Teknis Kegiatan Pengembangan Dan Pengelolaan Data Dan Informasi PAUD-Dikmas, Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat,.
Cecep Suryana, dkk., 2015. Roadmap Pengembangan Sistem DAPODIK PAUD- DIKMAS Tahun 2015-2019, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal, .
Lexy J. Moeloeng. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Masri Singarimbun dan Sofian Effendi, 1987. Metodologi Penelitian Survey, (Jakarta: LP3ES,)
Pawito. 2007. Penelitian Komunikasi Kualitatif, (Yogyakarta: LKIS,)
Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D, (Bandung: Alfabeta,)
Sutrisno Hadi. 1987. Metode Penelitian Research II, (Yogyakarta: Andi Offset,)
Trianto, 2010. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/ RA Dan anak Usia Dini Kelas Awal SD/ MI. Surabaya: Kencana Predana Media Group..
Downloads
Published
Issue
Section
License

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.