PENGARUH INDONESIAN FOLKLORE TERHADAP PENANAMAN SIKAP PEDULI PADA ANAK TK KELOMPOK A
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v6i2.3942Keywords:
Indonesian Folklore, sikap peduliAbstract
Abstrak
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Indonesian Folklore terhadap penanaman sikap peduli pada anak TK kelompok A. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental design. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi atau pengamatan langsung. Teknik yang peneliti gunakan dalam pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, sedangkan dalam menganalisis data menggunakan uji independent sample t-test dan paired sample t-test dengan dibantu program SPSS. Populasi penelitian ini yaitu seluruh anak kelompok A1 dan A2 Taman Kanak-Kanak Plus Wahidiyah Desa Dadapan, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi. Hasil dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang sangat signifikan dari penggunaan Indonesian Folklore terhadap penanaman sikap peduli anak TK Kelompok A. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil t hitung uji independent t-test -17,639 ≤ t tabel 1,684, dan diperoleh hasil uji paired t-test kelompok kontrol -4,726 ≤ t tabel 1,729 serta nilai uji paired t-test kelompok eksperimen -23,537 ≤ t tabel 1,734.
Downloads
References
Aisyah,S. (2013). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Direktorat Pembinaan PAUD. (2015). 10 Pedoman Penerapan Kurikulum 2013. Jakarta: Dirjen PAUD dan Dikmas.
Dhieni,N. (2005). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Fatimah,F.N & Sulistyo, E.T. (2017). Cerita Rakyat Dewi Sritanjung Sebagai Upaya Mewujudkan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Kearifan Lokal. Proceeding of 2nd International Coference of Arts Language and Culture, 2(1), 606-610.
Mahbubi. (2012). Pengembangan Pendidikan Karakter Pada Anak. Yogyakart: Pustaka Ilmu.
Patmonodewo,S.(2003). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Prasetya,A.E.(2017). Kumpulan Metode Kreatif dan Inovatif. Surabaya: Oksana Publishing.
Subiantoro. (2012). Membangun Karakter Bangsa Melalui Cerita Rakyat Nusantara. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9 (1), 98-114.
Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pedagogia.
Downloads
Published
Issue
Section
License

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.