PENGARUH INDONESIAN FOLKLORE TERHADAP PENANAMAN SIKAP PEDULI PADA ANAK TK KELOMPOK A

Authors

  • Dita Primashanti Koesmadi STKIP Modern Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v6i2.3942

Keywords:

Indonesian Folklore, sikap peduli

Abstract

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Indonesian Folklore terhadap penanaman sikap peduli pada anak TK kelompok A. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental design. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi atau pengamatan langsung. Teknik yang peneliti gunakan dalam pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, sedangkan dalam menganalisis data menggunakan uji independent sample t-test dan paired sample t-test dengan dibantu program SPSS. Populasi penelitian ini yaitu seluruh anak kelompok A1 dan A2 Taman Kanak-Kanak Plus Wahidiyah Desa Dadapan, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi. Hasil dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang sangat signifikan dari penggunaan Indonesian Folklore terhadap penanaman sikap peduli anak TK Kelompok A. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil t hitung uji independent t-test -17,639 ≤ t tabel 1,684, dan diperoleh hasil uji paired t-test kelompok kontrol -4,726 ≤ t tabel 1,729 serta nilai uji paired t-test kelompok eksperimen -23,537 ≤ t tabel 1,734.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah,S. (2013). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Direktorat Pembinaan PAUD. (2015). 10 Pedoman Penerapan Kurikulum 2013. Jakarta: Dirjen PAUD dan Dikmas.

Dhieni,N. (2005). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Fatimah,F.N & Sulistyo, E.T. (2017). Cerita Rakyat Dewi Sritanjung Sebagai Upaya Mewujudkan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Kearifan Lokal. Proceeding of 2nd International Coference of Arts Language and Culture, 2(1), 606-610.

Mahbubi. (2012). Pengembangan Pendidikan Karakter Pada Anak. Yogyakart: Pustaka Ilmu.

Patmonodewo,S.(2003). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Prasetya,A.E.(2017). Kumpulan Metode Kreatif dan Inovatif. Surabaya: Oksana Publishing.

Subiantoro. (2012). Membangun Karakter Bangsa Melalui Cerita Rakyat Nusantara. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9 (1), 98-114.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pedagogia.

Downloads

Published

2021-01-11

Issue

Section

Articles