MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA DINI DENGAN MODEL OUTBOUND
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v6i2.3939Keywords:
Kemampuan Sosial, Anak Usia Dini, OutboundAbstract
Abstrak
Pertumbuhan anak usia dini akan mempengaruhi periode berikutnya yaitu pencapaian kematangan dalam hubungan sosial. Penelitian ini ingin melihat pengembangan kemampuan social anak usia dini secara maksimal dan tepat sasaran, sehingga mampu mengembangkan semua lingkup aspek perkembangan anak termasuk aspek sosial anak. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan pengembangan kemampuan sosial anak usia dini di Taman Kanak-Kanak (TK) As-sallam 1 Sukarame Bandar lampung dengan menggunakan kegiatan outbound. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahawa kemampuan sosial anak usia dini di Taman Kanak-Kanak TK As-sallam 1 Sukarame Bandar lampung meliputi kemampuan menunjukan keaktifan dalam permainan, berempati terhadap teman, bersikap sportif di dalam permainan, mampu memimpin di dalam kelompok, melihat kelebihan teman bukan sebagai kendala, mampu mengambil keputusan yang cepat, percaya diri di dalam melakukan permainan, mampu berkerja sama di dalam kelompok, dapat berkomunikasi dengan baik kepada teman, selalu mencoba dan pantang menyerah, mudah bergaul dengan teman yang ada di sekitarnya dan mampu memahami teman
Â
Â
Downloads
References
Hesti, Purnama Sari
Upaya Peningkatan Rasa Percaya Diri Peserta Didik Melalui Aktivitas Outbound Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Internasional Luqman Hakim Yogyakarta. Other, U N Y. https://eprints.uny.ac.id/29510/, accessed December 5, 2018.
Isbayani, Nur Shintya, M. Pd Made Sulastri, Luh Ayu Tirtayani, and S. Psi
Penerapan Metode Outbound Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Emosional Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 3(1).
Maryatun, Ika Budi
Pemanfaatan Kegiatan Outbound Untuk Melatih Kerjasama (Sebagai Moral Behavior) Anak Taman Kanak-Kanak. Google Scholar.
Nufus, Hayatun, Muhammad Duskri, and Bahrun Bahrun
Mathematical Creative Thinking and Student Self-Confidence in the Challenge-Based Learning Approach. (JRAMathEdu) Journal of Research and Advances in Mathematics Education 3(2): 57-68–68.
Pebriana, Putri Hana
Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1(1): 1–11.
Rocmah, Luluk Iffatur
Model Pembelajaran Outbound Untuk Anak Usia Dini. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan 1(2): 173–188.
Samik, Samik, and Rohita Rohita
Meningkatkan Kemampuan Sosial Melalui Metode Outbound Anak Usia 3-4 Tahun Di PPT Umi Qolbu. PAUD Teratai 3(3). http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/8025, accessed November 30, 2018.
Sarwono, Sarlito W., and Eko A. Meinarno
Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika 77.
Suryana, Dadan, and Yulsyofriend Yulsyofriend
Efektivitas Outbound Dalam Pengembangan Kepercayaan Diri Pada Anak TK Pertiwi VI Kota Padang.
Wahjoedi, Wahjoedi, I. Putu Panca Adi, and Damiati Damiati
Model Pengembangan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Berbasis Outbound Di Kota Singaraja. Proceeding SENARI 5: 931–940.
Downloads
Published
Issue
Section
License

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.