IDENTIFIKASI KEBERADAAN ANAK USIA DINI BERKEBUTUHAN KHUSUS DI (BUKAN) KAMPUNG IDIOT

Authors

  • Prima Suci Rohmadheny FKIP, Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v5i2.3108

Keywords:

identifikasi, anak usia dini berkebutuhan khusus, kampung idiot

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengidentifikasi keberadaan anak usia dini berkebutuhan khusus
pada suatu wilayah di Jawa Timur. Stigma yang diberikan oleh berbagai media baik cetak maupun online
bahwa wilayah ini disebut sebagai Kampung Idiot, menjadi dorongan peneliti untuk mengeksplorasi lebih
jauh tentang kampung ini khususnya pada kajian anak usia dini. Peneliti mengambil lokasi dengan jumlah
penduduk dewasa terbanyak yang mengalami gangguan perkembangan, dengan asumsi diantara mereka
ada anak usia dini yang mengalami hambatan perkembangan pula. Metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara tak
terstruktur dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan mengunakan model miles & hubberman
dengan alur pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa jumlah anak usia dini berkebutuhan khusus sebelum tahun 2014 dan
setelah tahun 2014 mengalami perubahan. Ditemukan data sebelum tahun 2014 sebanyak 8 anak.
Kemudian setelah tahun 2014 data anak usia dini yang semulai 8 anak diperoleh rincian: 4 anak telah
bergabung dalam pendidikan prasekolah, 2 orang anak di rumah, 1 anak telah mengikuti orangtua ke luar
kota dan 1 anak lainnya telah meninggal dunia. Maka, data terakhir anak usia dini berkebutuhan khusus di
sini tersisa 5 anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Suriasumantri, J. S. (1988). Filsafat

Ilmu. Jakarta: Sinar Harapan.

Rohmadheny, P. S. (2016). Studi Kasus

Anak Down Syndrome Case Study

of Down Syndrome Child. Jurnal

CARE (Children Advisory Research

and Education), 3(3), 67-76.

Bethell, C. D., Read, D., Stein, R. E.,

Blumberg, S. J., Wells, N., &

Newacheck, P. W. (2002).

Identifying Children With Special

Health Care Needs: Development

and Evaluation of A Short

Screening Instrument. Ambulatory

Pediatrics, 2(1), 38-48.

Bright Futures Steering Committee, &

Medical Home Initiatives for

Children With Special Needs

Project Advisory Committee.

(2006). Identifying Infants and

Young Children With

Developmental Disorders In The

Medical Home: An Algorithm For

Developmental Surveillance and

Screening. Pediatrics, 118(1), 405-

Wiyani, Novan A. (2014). Penanganan

Anak Usia Dini Berkebutuhan

Khusus. Yogyakarta: Ar-Ruzz

Media

Soetjiningsih. (1995). Tumbuh Kembang

Anak. Jakarta: EGC

Rohmadheny, P.S. & Saputra, W.N.E.

(2015). Sinergi Konselor, Pendidik,

dan Orangtua di Satuan PAUD.

Jurnal CARE (Children Advisory

Research and Education), 3(1), 1 -

Kementerian Pendidikan & Kebudayaan,

RI (2017). Peraturan Kementerian

Pendidikan dan Kebudayaan

Nomor 30 Tahun Tahun 2017

tentang Pelibatan Keluarga dalam

Penyelenggaraan Pendidikan

Masithah, T., & Martianto, D. (2005).

Hubungan Pola Asuh Makan dan

Kesehatan dengan Status Gizi Anak

Balita di Desa Mulya Harja.

Devi, M. (2012). Analisis faktor-faktor

yang berpengaruh terhadap status

gizi balita di pedesaan. Teknologi

dan Kejuruan, 33(2).

Gunawan, G., Fadlyana, E., & Rusmil, K.

(2016). Hubungan status gizi dan

perkembangan anak usia 1 -2

tahun. Sari Pediatri, 13(2), 142-6

Diana, F. M. (2006). Hubungan pola asuh

dengan status gizi anak batita di

Kecamatan Kuranji Kelurahan

Pasar Ambacang Kota Padang

tahun 2004. Jurnal Kesehatan

Masyarakat Andalas, 1(1), 19-23.

Briawan, D., & Herawati, T. (2008).

Peran stimulasi orangtua terhadap

perkembangan anak balita keluarga

miskin diakses pada

http://repository.ipb.ac.id/handle/1

/36057

Feldman, M. A. (1994). Parenting

education for parents with

intellectual disabilities: A review of

outcome studies. Research in

Developmental Disabilities, 15(4),

-332.

Lloyd, E. (1999). Parenting Matters:

What Works in Parenting

Education?. Barnardo's, Tanners

Lane, Barkingside, Ilford, Essex

G6 1QG, England, United

Kingdom (10 British pounds). Web

site: http://www. barnardos. org.

uk.

Apriastuti, D. A. (2013). Analisis Tingkat

Pendidikan Dan Pola Asuh Orang

Tua Dengan Perkembangan Anak

Usia 48–60 Bulan. Jurnal Bidan

Prada, 4(01).

Downloads

Published

2018-07-31

Issue

Section

Articles