PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR PADA KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA DEMANGAN KOTA MADIUN
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v5i2.3107Keywords:
Kemampuan Berbicara, Metode Bercerita, Media Buku cerita BergambarAbstract
menggunakan media buku cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara
anak dan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui metode bercerita
dengan media buku cerita bergambar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK), tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi
aktivitas anak dan guru. Subjek penelitian yaitu kelompok B berjumlah 14 orang anak
yang terdiri dari 6 orang anak laki-laki dan 8 orang anak perempuan. Penelitian dilakukan
dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdapat tiga kali pertemuan. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa melalui metode bercerita dengan media buku cerita bergambar dalam
pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini. Terbukti dengan
hasil pengamatan yang dilakukan telah mencapai indikator keberhasilan 75% atau nilai
rata-rata 4, yaitu pada hasil akhir di siklus kedua, nilai rata-rata keterampilan berbicara
anak 4,25 atau dalam kriteria baik dan ketuntasan belajar mencapai 85,71%. Dari hasil
penelitian ini disarankan kepada guru untuk menggunakan metode bercerita dengan media
buku cerita bergambar karena terbukti dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada
anak usia dini.
Downloads
References
Aqib, Zainal, dkk. 2009. Penelitian
Tindakan Kelas untuk Guru SD,
SLB, TK . Bandung : CV. Yrama
Widya.
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2009.
Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta: Bumi Aksara
Arsyad, Azhar. 2010. Media
Pembelajaran. Jakarta: Rajawali
Pers
Dhieni, Nurbiana, dkk. 2007. Metode
Pengembangan Bahasa. Jakarta:
Universitas Terbuka.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi
Belajar Mengajar. Jakarta: PT
Rineka Cipta.
Fadlillah, Muhammad. 2010. Desain
Pembelajaran PAUD.
Jogjakarta; Ar-Ruzz Media
Handayani, Lola. 2013. Mengembangkan
Kemampuan Berbicara Anak
Melalui Metode Bercakapcakap: Universita Bengkulu
Https://www.scribd.com/doc/85337574/2
/a-Pengertian-CeritaBergambar (Susilowati, 2010:32
diunduh 15-02-2015 jam 11:25
wib)
Http://umprodipaud.blogspot.com/2010/1
/pengembangan-kemampuanberbahasa-anak.html(Andi
diunduh jum‟at-19-12-
,pukul 12.00 wib)
Hurluck, Elizabeth B. 1978.
Perkembangan Anak Jilid 1.
Jakarta; Erlangga
Kemendiknas. 2011. Peraturan Mentri
Pendidikan Nasional No. 58
Tahun 2009 Kurikulum PAUD
Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran
Di Tanam Kanan-Kanan.
Jakarta:PT Rineka Cipta
Musbikin, Imam.2012. Tumbuh Kembang
Anak. Jogjakarta:FlashBooks.
Sardjono. 2005. Terapi Wicara.
Jakarta:Depdiknas.
Senja, Pipit, dkk. 2015. Aku Tak Penakut
Lagi. Jakarta Timur:Bestari
Senja, Pipit, dkk. 2014. Naik Delman di
Kota Gudeg. Jakarta
Timur:Bestari
Senja, Pipit, dkk. 2015. Siti dan Rumah
Kardus. Jakarta Timur:Zikrul
kids
Senja, Pipit, dkk. 2014. Asyiknya JalanJalan. Jakarta Timur:Bestari
Senja, Pipit, dkk. 2014. Kami Sayang
Ayah. Jakarta Timur:Bestari
Senja, Pipit, dkk. 2014. Jangan Cemberut
“Dongâ€. Jakarta Timur:Bestari
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian
Administrasi. Bandung:
Alfabeta, cv.
Suhartono. 2005. Pengembangan
Keterampilan Bicara Anak Usia
Dini.Jakarta:Depdiknas.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2012. Konsep
Dasar Pendidikan Anak Usia
Dini. Jakarta:Indeks.
Tarigan. Hendri Guntur. 1983. Berbicara
Sebagai Suatu Keterampilan
Berbahasa. Bandung: Angkasa
Wiriaadmadja, Rochiati.2009. Metode
Penelitian Tindakan
Kelas.Bandung: PT Remaja
Rosdakarya
Yamin, Martinis dkk. 2013. Panduan
Paud.Jambi:Gaung Persada
Press Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.