Penggunaan Model Pembelajaran pada Taman Kanak-Kanak Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v5i2.3104Keywords:
model pembelajaran, taman kanak-kanakAbstract
di Kota Makassar, mengetahui faktor pendukung dan penghambat pemilihan model pembelajaran dan
untuk mengetahui keterkaitan antara penggunaan model pembelajaran dengan tingkat kepercayaan
masyakat. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif, yaitu suatu metode yang
mengamati, menganalis dan menggambarkan fenomena yang terjadi yang meliputi: planing, organizing,
actuating, controlling dan faktor-faktor yang memiliki kontribusi terhadap penerapan model pembelajaran
pada satuan PAUD di Kota Makassar. Jenis dan sumber data menggunakan jenis data kualitatif dengan
sumber data responden yang dibagi menjadi dua yaitu: sumber primer dan sumber sekunder. Dengan
demikian peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dalam pengumpulan data.
Informan penelitian adalah kepala sekolah dan guru Taman Kanak-Kanak di Kota Makassar. Pemilihan
informan dilakukan dengan menggunakan tehnik tehnik cluster random sampling dengan teknik analisis
data mengikuti langkah- langkah seperti yang dianjurkan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data,
display data, dan pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan
model pembelajaran di taman kanak-kanak kota makassar pada umumnya digunakanmodel pembelajaran
sentra, kelompok dan area yang didominasi oleh model pembelajaran sentra. Adapun faktor yang
mempengaruhi penerapan model pembelajaran adalah ketersediaan sumber daya manusia dan sarana
prasarana lembaga. Sementara keterkaitan tingkat kepercayaan masyarakat dengan penggunaan model
pembelajaran ditemukan bahwa penggunaan model sentra memiliki tingkat kepercayaan masyarakat yang
lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran lainnya.
Downloads
References
Bredekamp, Sue & Couple, Carol. 1997.
Developmentally Appropriate
Practice in Early Childhood
Programs. Washington: NAEYC
Hamzah Uno, Model Pembelajaran:
Menciptakan Proses Belajar
Mengajar yang Kreatif dan
Efektif,Jakarta: PT Bumi Aksara,
Hurlock, Elizabeth. B. 1978. Child
Development, Sixt Edition. New
York:Mc.Graw Hill, Inc.
Indonesia, P.R., 2003. Undang-undang
Republik Indonesia nomor 20 tahun
tentang sistem pendidikan
nasional.
Joyce, Bruce. 2009. Models of Teaching:
Advance Organizer. New Jersey:
Pearson education
Muhibbin. 2003. Manajemen, Teori,
Praktik dan Riset Pendidikan.
Jakarta: Bumi Aksara.
Roestiyah. 2002. Strategi Pembelajaran
Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan
Madani.
Sugiyono, (2008). Metode Penelitian
Kunatitatif Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Suhartono. 2009. Metode Penelitian
Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Trianto.2010. Mendesain Model
Pembelajaran Inovatif-Progresif,
Jakarta: Kencana Perdana Media
Group, 2010, cet. 4
Prawiradilaga DS, dkk. 2008. Prinsip
Desain pembelajaran, Jakarta:
Prenada Media Group.
Wina Sanjaya.2007. Kajian Kurikulum
dan Pembelajaran, Bandung: Pasca
Sarjana Universitas Pendidikan
Indonesia, 2007
Downloads
Published
Issue
Section
License
JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.