Pengaruh Pemahaman Guru PAUD terhadap Pembelajaran Coding Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v13i1.22004Keywords:
anak usia dini, guru, pembelajaran codingAbstract
Pembelajaran yang digunakan saat ini menggunakan teknologi digital, termasuk dalam pembelajaran coding untuk anak usia dini. Guru harus megupgrade kemampuan dalam menggunakan teknologi digital. Mengingat dalam pembuatan perencanaan baik dalam program pembelajaran, pembuatan media, pembuatan bahan ajar, dan fasilitas pendukung menggunkan teknologi digital. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pemahaman Guru PAUD tentang pembelajaran coding. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Guru TK yang berjumlah 30 orang. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan angket. Untuk teknik analisis data menggunakan Regresi Linier Sederhana berbantuan program SPSS 25. Berdasarkan perhitungan pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemahaman guru PAUD terhadap pembelajaran coding sebesar 81,5% atau berpengaruh cukup tinggi sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Hal tersebut menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi pembelajaran coding anak usia dini adalah pemahaman guru itu sendiri mengenai teori tentang pembelajaran coding.
Downloads
References
Anwar, R. N. (2024). Pelatihan Pengenalan Artificial Intelligence (AI) untuk Meningkatkan Kompetensi Guru pada Transformasi Digital. Journal of Smart Community Service, 2(1), 27–36.
Amahoru, A., Judijanto, L., Fauzi, M. S., Ayu, D. H., & Anwar, R. N. (2024). Psikologi Pendidikan Dalam Inklusi Siswa Berkebutuhan Khusus Di Era Digital: Studi Literatur Tentangmembangun Lingkungan Belajar Yang Responsif. Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian, 4(1), 182–189.
Bers, M. . (2018). Coding, playgrounds and literacy in early child-hood education. IEEE Global Engineering Education Conference (EDUCON)., 2100–2108.
Demir, Ü. (2021). The Effect of Computer-Free Coding Education for Special Education Students on Problem-Solving Skills. International Journal of Computer Science Education in Schools, 4(3), 3–30. https://doi.org/10.21585/ijcses.v4i3.95
Febriani, E. D. N. F. R. S. (2022). Implementasi Metode Menggambar Bebas Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TKQ Permata Bunda Tempuran Karawang. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 10(1), 24–30.
Hasbi, M., Nugraha, A., Mudarwan, Mumpuni, N. D., Warsito, I. H., & Sylvia, N. (2020). Modul I: Konsep Pembelajaran Coding Serta Peran PTK, Orang Tua, Mitra dan Komunitas Dalam Penerapan Pembelajaran Coding di Satuan PAUD. Modul I, 1–48.
Hatta, M. (2018). Empat Komptensi Untuk Membangun Profesionalisme Guru. Nizamia Learning Center.
Krathwohl, D. R., & Anderson, L. W. (2010). Merlin C. Wittrock and the revision of bloom’s taxonomy. Educational Psychologist, 45(1), 64–65. https://doi.org/10.1080/00461520903433562
Lailan, A. (2024). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(7), 3257–3262. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i7.3115
Larasati, N., dkk. (2025). Pengaruh Kegiatan Menggambar Ekspresif di Luar Ruangan terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. 31–40.
Lestari, F. A., Adhe, K. R., Khotimah, N., & Simatupang, N. D. (2024). Pengaruh Unplugged Coding terhadap Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 13–20. https://doi.org/10.37985/z3447a66
Mukaromah, S. M., Wibowo, N. C., Kusumantara, P. M., Putra, A. B., Wahyuni, E. D., & Arifiyanti, A. A. (2021). Penerapan Pembelajaran Dasar Pemrograman Komputer menggunakan kegiatan Plugged dan Unplugged. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 113–119. https://doi.org/10.24002/konstelasi.v1i1.4299
Muklason, A., Riksakomara, E., Mahananto, F., Djunaidy, A., Vinarti, R. A., Anggraeni, W., Nurita, R. T., Utamima, A., Fauzia, R., Theresia, L. W., Fikri, M. A., Propitadewa, H., Habibah, J. H., Prasetyo, J. D., Permatasari, S. T. I., Risnina, N. N., Tsaniyah, N. D., & Maulana, M. D. (2023). Coding for Kids: Pengenalan Pemrograman untuk Anak Sekolah Dasar sebagai Literasi Digital Baru di Industri 4.0. Sewagati, 7(3). https://doi.org/10.12962/j26139960.v7i3.506
Mulandari, S. (2018). Sikap Guru Dalam MEnghadapi Perkembangan Teknologi. https://www.academia.edu/download/57975758/A1D118149_Susi_Mulandari_Sikap_Guru_Dalam_Menghadapi_Perkembangan_Teknologi.pdf
Mutoharoh, Munawar, M., & Diyah, D. P. (2023). Kegiatan unplugged coding untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis dan kritis anak usia dini. Prosiding Seminar Nasional Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini “Transisi Paud Ke SD Yang Menyenangkan” .
Nishom, M., Sasmito, G. W., & Wibowo, D. S. (2023). Pengenalan dan Pemanfaatan Ilmu Coding untuk Melatih Kemampuan Berpikir bagi Guru dan Peserta Didik. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian Dan Penerapan IPTEK), 7(1), 63–70. https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2023.v7i1.3310
Nurhopipah, A., Nugroho, I. A., & Suhaman, J. (2021). Untuk Mengembangkan Kemampuan Computational Thinking Anak. Jurnal Pengabdian Kepada MasyarakaT, 27(1), 6–13.
Nurhopipah, A., Suhaman, J., & Humanita, M. T. (2021). Pembelajaran Ilmu Komputer Tanpa Komputer (Unplugged Activities) Untuk Melatih Keterampilan Logika Anak. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2603–2614.
Nurzannah, S. (2022). Peran Guru Dalam Pembelajaran. ALACRITY : Journal of Education, 2(3), 26–34. https://doi.org/10.52121/alacrity.v2i3.108
Papadakis, D. S. (2022). Apps to Promote Computational Thinking and Coding Skills to Young Age Children: A Pedagogical Challenge for the 21st Century Learners. Educational Process: International Journal, 11(1), 7–13. https://doi.org/10.22521/edupij.2022.111.1
Rudi, H. (2013). Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Diva Press.
Sanjaya, W. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana.
Siddiq, U. (2018). Etika dan Profesi Keguruan. STAI Muhammadiyan Tulungagung.
Sugiana, Prasetyo, T. R., Pradini, S., & Irzalinda, V. (2023). Pemahaman Guru PAUD tentang Pembelajaran Coding untuk Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(2), 121–126. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i2.394
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Syarroma & Wijawa, I. P. (2025). Permainan Labirin sebagai Stimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak dalam Bekerjasama. 230–237.
Wulandari, H., & Khusnul, Y. (2020). Research in Early Childhood Education and Parenting. Jurnal UPI Research in Early Childhood Education and Parenting, November, 55–64.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Indah Setianingrum, Avita Febri Hidayana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.